Georgius dari Amastris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Georgius dari Amastris († skt. 802 dan 807) merupakan seorang rahib Bizantium yang dijadikan uskup Amastris bertentangan dengan kehendaknya.

Lahir dalam aristokrasi Paphlagonia setempat, Georgius menerima pendidikan yang cocok untuk kelahirannya. Sebagai seorang pemuda, dia memulai karier di administrasi gereja, tetapi meninggalkannya untuk menjadi seorang pertapa di Gunung. Agrioserike. Masih kemudian, ia bergabung dengan komunitas monastik di sebuah tempat bernama "Bonyssa". Ketika melihat Amastris jatuh kosong, Patriark Tarasios menunjuk Georgius untuk mengisinya. Georgius ditahbiskan sebagai uskup Konstantinopel pada sekitar tahun 790. Selama masa jabatannya sebagai uskup Amastris, Georgius memimpin kembalinya sisa-sisa Ioannes dari Gothia ke kota kelahiran terakhir Parthenia, Krimea. Georgius meninggal di awal pemerintahan Kaisar Nikephoros I, di antaranya Georgius adalah pendukung penting.

Georgius adalah subyek hagiografi yang disimpan dalam satu manuskrip yang berasal dari abad ke-10. Di dalamnya, seorang santo dikreditkan dengan keajaiban postmortem menyelamatkan kota dari serangan oleh Rus yang tidak diketahui. Ia diakui sebagai seorang santo dalam liturgi Ortodoks, dan hari peringatannya jatuh pada tanggal 21 Februari.

Edisi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]