Georges Rutaganda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Georges Rutaganda (27 November 1958 – 11 Oktober 2010) adalah wakil ketua milisi Hutu Rwanda yang disebut Interahamwe.[1]

Rutaganda adalah salah satu tokoh yang bertanggung jawab atas terjadinya Genosida Rwanda pada tahun 1994. Jaksa penuntut James Stewart menyatakan bahwa "tanpa Georges Rutaganda, Genosida Rwanda tidak akan berlangsung seperti yang telah terjadi."[2] Ia adalah salah satu pendiri radio RTLM (Radio Télévision Libre des Mille Collines) di Kigali yang telah menyerukan kepada para pendengarnya untuk membantai semua orang Tutsi. Selain itu, Rutaganda diduga telah menangkap, memerkosa dan menyiksa perempuan-perempuan Tutsi di tempat persembunyian Interahamwe di Kigali. Menurut laporan lain, Rutaganda menangkap pelacur-pelacur Tutsi dan mengira bahwa mereka adalah seorang penyihir.

Pada masa ini, Rutaganda dilaporkan menggunakan persediaan yang dicuri dari militer Rwanda untuk keperluan milisinya. Rutaganda ditangkap pada tanggal 10 Oktober 1995 dan dipindah ke Arusha, Tanzania, pada tanggal 26 Mei 1996. Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena telah melakukan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan dan pembunuhan.

Ia meninggal dunia di penjara di Benin pada tanggal 11 Oktober 2010.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]