George Desvallières

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret George saat masih remaja oleh Jules-Élie Delaunay
Music Hall. 1903. 153 × 138.5 cm. Ohara Museum of Art

George Desvallières (14 Maret 1861 – 5 Oktober 1950) adalah seorang pelukis berkebangsaan Prancis. Berasal dari Paris, Desvallières adalah cicit dari akademisi Gabriel-Marie Legouvé, dan menerima pendidikan religius. Ia belajar di Académie Julian[1] dengan Tony Robert-Fleury dan dengan Jules Valadon di École des Beaux-Arts. Dia melukis potret pada awalnya, tetapi hubungan dengan Gustave Moreau membuatnya tertarik pada mitologi dan agama.

Desvallières berkenalan dengan seni kuno selama perjalanan ke Italia pada tahun 1890, dan sekembalinya dia mulai bekerja dalam gaya yang paling diasosiasikan, menggabungkan subjek gelap dan warna kekerasan dengan konsepsi agama yang dramatis. Dia mengambil banyak karakter simbolis sebagai subjeknya, seperti Narcissus (pada 1901), Orpheus (1902), dan The Marche Towards the Ideal ( 1903); ia juga menjabat sebagai salah satu pendiri Salon d'Automne. Pada tahun 1919 ia mendirikan Ateliers d'Art Sacré dengan Maurice Denis, dalam upaya untuk memperbarui minat pada seni religius. atelier memiliki fungsi yang mirip dengan yang dilakukan oleh studio seniman di Abad Pertengahan. Desvallières menjadi tertarik pada seni religius setelah kehilangan seorang putra dalam Perang Dunia I pada tahun 1915; dia sendiri telah memerintahkan batalion di Vosges selama perang.

Desvallières juga menangani sejumlah program dekoratif publik dan swasta yang terkait dengan perang; di antaranya adalah jendela untuk Osuarium Douaumont dan untuk sebuah gereja di Pawtucket, Rhode Island. Ia juga mengilustrasikan sejumlah buku dan drama, termasuk La Princesse Lointaine Edmond Rostand dan Rolla oleh Alfred de Musset. Sampai tahun 1950 ia juga menerima komisi Negara. Karya Desvallières dapat ditemukan di Musée d'Orsay dan Musée du Louvre. Dia meninggal di Paris pada tahun 1950.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]