Geometridae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Geometridae
Rentang fosil: Priabonian hingga Kini 35–0 jtyl
Spesies Chiasma dari Ennominae
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
(tanpa takson):
Superfamili:
Famili:
Geometridae

Leach, 1815
subfamili

Alsophilinae (diperdebatkan)
Archiearinae
Desmobathrinae (diperdebatkan)
Ennominae
Geometrinae
Larentiinae (namun lihat teks)
Oenochrominae
Orthostixinae
Sterrhinae

Ulat ngengat

Ngengat geometris adalah ngengat dari familia Geometridae dari ordo serangga kupu-kupu dan ngengat, Lepidoptera.[1] Familianya sangat luas dengan sekitar 35.000 spesies ngengat dan lebih dari 1.400 spesies dari enam subfamilia berasal dari Amerika Utara saja.[1] Yang paling terkenal adalah Biston betularia yang menjadi subjek banyak studi mengenai genetika populasi. Beberapa ngengat geometris lainnya terkenal sebagai hama. Ulat dari ngengat ini atau yang disebut dengan inchworm biasanya memakan dedaunan, tetapi sebagian lainnya juga memakan bunga dan serbuk sari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Robin McLeod, John; Jane Balaban, Beatriz Moisset & Chuck Entz (27 April 2009). "Family Geometridae - Geometrid Moths". BugGuide. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-05. Diakses tanggal 2 April 2011. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Hausmann, A. (2001): The geometrid moths of Europe. Apollo Books.
  • Minet, J. & Scoble, M. J. (1999): The Drepanoid / Geometroid Assemblage. In: N. P. Kristensen (ed.): Handbuch der Zoologie. Eine Naturgeschichte der Stämme des Tierreiches / Handbook of Zoology. A Natural History of the phyla of the Animal Kingdom (Vol. 4: Arthropoda: Insecta. Part 35: Lepidoptera, Moths and Butterflies vol. 1: Evolution, Systematics, and Biogeography): Chapter 17. Walter de Gruyter, Berlin & New York.
  • Scoble, M. J. (ed.) (1999): Geometrid Moths of the World: A Catalogue. CSIRO Publishing. ISBN 0-643-06304-8

Pranala luar[sunting | sunting sumber]