Geografi Maroko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lokasi Maroko.
Gambar satelit Maroko dari pesawat ruang angkasa Terra.
Topografi Maroko.
Kota-kota dan kota-kota utama Maroko dan Sahara Barat.

Maroko terbentang dari Laut Mediterania dan Samudra Atlantik di utara dan barat, masing-masing, ke daerah pegunungan besar di bagian dalam, hingga gurun Sahara di ujung selatan. Maroko adalah negara Afrika Utara, yang terletak di ujung barat laut Afrika di ujung benua Eropa. Selat Gibraltar memisahkan Spanyol dari Maroko dengan rentang air 13 kilometer (8,1 mil). Maroko berbatasan dengan Samudra Atlantik Utara di barat, dan Laut Mediterania barat di utara.

Wilayah Maroko sebagian besar bergunung-gunung. Pegunungan Atlas membentang dari utara tengah ke barat daya. Mengembang ke sekitar 1.350 kilometer (840 mi) dan merupakan tulang punggung punggung negara. Di sebelah utara Pegunungan Atlas, ada Pegunungan Rif, rantai yang membuat bagian dari pegunungan Sierra Nevada di Andalusia, Spanyol. Kisaran besar berkembang menjadi sekitar 250 kilometer (160 mil) dari Tangier di barat ke Nador ke arah timur.

Di bagian barat negara itu, di sepanjang pantai Atlantik, Dataran Tinggi Maroko membentang dari Tangier ke Lagouira, sekitar 2.310 kilometer (1.440 mi), dan masuk ke Saiss Plains dekat Fez dan Tansift-Alhaouz dekat Marrakech. Dataran luas ini mempromosikan lahan pertanian subur dan mendukung 15% ekonomi lokal.

Di wilayah paling tenggara di negara itu, tanahnya gersang, karena kedekatannya dengan gurun Sahara. Oasis pohon kelapa dikembangkan di banyak daerah.

Statistik geografi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 32°00′N 5°00′W / 32.000°N 5.000°W / 32.000; -5.000

Daerah:

total: 446.551 km² (tidak termasuk Sahara Barat), 712.550 km² (Maroko dan Sahara Barat digabungkan) tanah: 446.302 km² (atau 712.200 km²) air: 250 km²

Wilayah-komparatif:

Maroko tanpa Sahara Barat sedikit lebih besar dari California; sedikit lebih besar dari Newfoundland dan Labrador; sedikit lebih dari setengah ukuran provinsi New South Wales Australia; sedikit kurang dari dua kali ukuran Britania Raya.

Kombinasi Maroko dan Sahara Barat sedikit lebih besar dari Texas.

Batas tanah:

total: 2.018,9 km negara-negara perbatasan: Aljazair 1 559 km, Free Zone (perbatasan de facto di sepanjang Tembok Sahara Barat Maroko) 2200 km, Spanyol (Ceuta) 6,3 km, Spanyol (Melilla) 9,6 km

Garis Pantai: 1835 km

2945 km (termasuk pantai Sahara Barat )

Klaim maritim:

Laut teritorial: 12 nmi (22,2 km; 13,8 mi) Zona berdekatan: 24 nmi (44,4 km; 27,6 mi) Zona ekonomi eksklusif: 575.230 km 2 (222.100 sq mi) dengan 200 nmi (370,4 km) Landas benua: kedalaman 200 m atau hingga kedalaman eksploitasi

Iklim[sunting | sunting sumber]

Jenis iklim Köppen di Maroko

Iklim Maroko dapat dibagi menjadi dua bagian: Barat laut dan tenggara. Di tenggara, iklimnya gersang, dan penduduknya buruk. Di barat laut iklimnya sedang dan mirip dengan kondisi iklim yang berlaku di Semenanjung Iberia. 95% populasi Maroko tinggal di wilayah ini.

Daerah berpenduduk sebagian besar di barat laut negara itu sebagian besar adalah Mediterania, tetapi karena negara itu sangat bergunung-gunung, pengaruh benua dan alpine jelas, serta pengaruh laut di sepanjang garis pantai Atlantik. Dan akhirnya, tanah semi-kering, yang mencakup beberapa wilayah di timur laut, selatan tengah dan barat daya.

Sepanjang pantai Mediterania, iklimnya biasanya Mediterania dan mendukung semua jenis vegetasi khas Mediterania. Musim panas cukup panas dan musim dingin sejuk. Lebih jauh dari pantai, ke pegunungan Rif, iklim mulai menjadi lebih kontinental dalam karakter, dengan musim dingin yang lebih dingin dan musim panas yang lebih panas. Pada ketinggian di atas 1.000 meter (3.300 kaki), iklimnya alpine dengan musim panas yang hangat dan musim dingin. Curah hujan jauh lebih tinggi di sisi barat, daripada di sisi timur. Curah hujan tahunan rata-rata adalah antara 600 dan 1.500 mm (24 dan 59 in), dan 300 dan 700 mm (12 dan 28 in) masing-masing. Salju berlimpah di ketinggian yang lebih tinggi.

  1. Kota-kota iklim khas Mediterania: Tangier
  2. Kota-kota yang dipengaruhi oleh benua: Chefchaouen
  3. Kota-kota yang dipengaruhi oleh alpin: Bab Berred

Di sepanjang pantai Atlantik, iklimnya adalah Mediterania dengan pengaruh samudera. Jejak iklim samudera berbeda di sepanjang garis pantai dari satu daerah ke daerah lain. Biasanya disajikan dari Asilah ke Essaouira. Musim panas hangat hingga sedang, dan musim dingin lebih sejuk daripada di pantai Mediterania. Lebih jauh dari daratan pesisir, ke pegunungan Atlas, iklim mulai menjadi lebih kontinental dalam karakter, dengan musim dingin yang lebih dingin dan musim panas yang lebih panas. Pada ketinggian di atas 1.000 meter (3.300 kaki), iklimnya biasanya alpine, dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang dingin. Curah hujan umumnya tinggi. Endapan tahunan rata-rata adalah antara 500 dan 1.800 mm (20 dan 71 in) di utara, tetapi saat Anda bergerak ke selatan, rata-rata turun sekitar 100 hingga 200 mm (3,9 hingga 7,9 in). Salju berlimpah di ketinggian yang lebih tinggi. Ada dua stasiun ski, satu di tengah Mischliffen-Atlas, dan yang lain di High-Atlas Oukaïmede.

  1. Kota-kota yang dipengaruhi oleh samudera: Rabat, Casablanca, Essaouira
  2. Kota-kota yang dipengaruhi oleh benua: Fès, Meknès
  3. Kota-kota yang dipengaruhi oleh alpin khas: Ifrane

Wilayah selatan barat laut dipengaruhi Semi-kering. Curah hujan lebih rendah, dan antara 250 dan 350 mm (9,8 dan 13,8 in) setiap tahun. Meskipun kisaran suhu umumnya tidak berubah dibandingkan dengan provinsi atas, sedikit peningkatan dalam rata-rata tinggi tidak dapat diberhentikan. Sebagian besar karena garis lintang yang lebih rendah di mana mereka jatuh.

Kota-kota khas dengan iklim seperti itu adalah Agadir dan Marrakesh.

Wilayah Sahara Barat yang disengketakan memiliki iklim gurun yang panas, tetapi suhunya lebih moderat di sepanjang pantai.