Geografi Beijing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Geografi Beijing
Lokasi munisipalitas Beijing di Tiongkok Utara.
Citra satelit menunjukkan kota Beijing (berwarna merah muda) dengan pegunungan di utara dan barat serta dataran berada di timur dan selatan
Continent Asia
Location Dataran Tiongkok Utara
Coordinates 39°54′N 116°24′E / 39.900°N 116.400°E / 39.900; 116.400
Area (munisipalitas) Total: 16.807,8 km²

Beijing adalah munisipalitas yang terletak di Tiongkok Utara, di ujung utara dari Dataran Tiongkok Utara dan dekat titik pertemuan pegunungan Xishan dengan Yanshan. Beijing berada di atas tanah datar dengan ketinggian 20-60 mdpl yang terbuka ke timur dan selatan. Distrik dan county yang terpencil membentang di pegunungan yang mengelilingi Beijing dari barat daya ke timur laut. Puncak tertinggi lebih dari 2.000 mdpl.

Munisipalitas Beijing terdiri dari enam distrik (sebelumnya delapan, Xuanwu dan Chongwen telah digabung dengan distrik lainnya), delapan distrik pinggiran kota dan dua county pedesaan. Luas total kota Beijing mencakup area 16.807,8 km². Berdasarkan luas daratan, Beijing lebih besar daripada negara Montenegro (13,812 km²), meskipun banyak kawasan di luar inti perkotaan masih berupa pegunungan dan lahan pertanian yang jarang penduduknya. Datarannya kira-kira 38% datar dan 62% pegunungan.[1] Beijing berada sekitar 150 km menjorok masuk ke daratan dari Laut Bohai melalui Kota Tianjin di tenggara. Selain Tianjin, Beijing juga berbatasan dengan Provinsi Hebei, termasuk bagian yang terjepit di antara Beijing dan Tianjin.

Secara historis, Beijing terletak di perbatasan antara daerah pertanian menetap di selatan dan wilayah penggembala di luar pegunungan bagian utara. Tembok Besar Tiongkok dibangun melintasi pegunungan di utara Beijing sebagai perlindungan dari invasi nomaden. Di zaman modern, gunung yang sama juga melindungi Beijing dari stepa Gobi dan membentuk cekungan setengah lingkaran yang menampung polusi udara kota. Masalah asbut yang parah, berkembang di musim panas karena tekanan udara yang panas dan lembap dari angin muson yang bertiup dari selatan sehingga mencegah polutan udara meninggalkan daerah cekungan tersebut. Asap tidak begitu parah pada musim gugur dan musim dingin ketika arus angin berbalik arah seiring dengan sistem tekanan tinggi antisiklon yang membawa udara dingin dan kering dari Siberia. Pada musim semi, angin utara membawa debu dari penggurunan Tiongkok bagian barat dan kadang-kadang menyebarkan badai debu di Beijing. Iklim kota ini ditandai dengan musim panas yang sangat panas dan lembap serta musim dingin yang sangat dingin, berangin dan kering.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Chinese) 北京地理概貌 Diarsipkan 2016-03-03 di Wayback Machine. last accessed 11/18/08