Geo-lacak selundup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Geo-lacak selundup
Dua pemain bermain geo-lacak selundup di Norwegia.
Nama lainLacak selundup, perburuan harta karun
Pertama dimainkanMay 3, 2000 [1]
Beavercreek, Oregon
Karakteristik
Anggota timOptional
KategoriRecreational activity
PeralatanGPS receiver or GPS-enabled mobile device, writing implement
Keberadaan
Negara atau wilayahWorldwide

Geo-lacak selundup atau lacak selundup buana /ˈˌkæʃɪŋ/ adalah aktivitas rekreasi di luar ruangan, di mana peserta menggunakan penerima Sistem Pemosisi Global (GPS) atau perangkat seluler dan teknik navigasi lainnya untuk menyembunyikan dan mencari kontainer, yang disebut "geo-selundupan" atau "selundupan", di lokasi tertentu yang ditandai dengan koordinat di seluruh dunia.[2] Pada 2021, ada lebih dari satu juta pemain aktif di Amerika Serikat.[3]

Geo-lacak selundup dapat dianggap sebagai permainan berbasis lokasi . Selundupan tipikal adalah wadah tahan air kecil yang berisi buku catatan dan terkadang pulpen atau pensil. Pelacak selundup buana menandatangani log dengan nama kode mereka dan memberi tanggal, untuk membuktikan bahwa mereka menemukan selundupan. Setelah menandatangani log, selundupan harus ditempatkan kembali tepat di tempat orang tersebut menemukannya. Wadah yang lebih besar seperti wadah penyimpanan plastik (Tupperware atau sejenisnya) atau kotak amunisi juga dapat berisi barang untuk diperdagangkan, seperti mainan atau pernak-pernik, biasanya lebih bernilai sentimental daripada uang.[4] Geo-lacak selundup berbagi banyak aspek dengan benchmarking, trigpointing, orienteering, berburu harta karun, letterboxing, trail blazing, dan Munzee .

Teknologi[sunting | sunting sumber]

Memperoleh data[sunting | sunting sumber]

Berkas GPX yang berisi informasi seperti deskripsi cache dan informasi tentang pengunjung terakhir ke cache dapat dilihat dari berbagai situs daftar. Geocacher dapat mengunggah data geocache (juga dikenal sebagai waypoint) dari berbagai situs web dalam berbagai format, di mana format berkas yang paling umum ialah GPX, yang menggunakan XML.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BBC (2009-04-29). "Geocaching". BBC. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 8, 2019. Diakses tanggal 2018-04-05. 
  2. ^ Geocaching. "Geocaching - The Official Global GPS Cache Hunt Site". Geocaching (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 28, 2019. Diakses tanggal 2019-10-02. 
  3. ^ "Geocaching While Black: Outdoor Pastime Reveals Racism And Bias". NPR.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-17. Diakses tanggal 2022-09-08. 
  4. ^ Society, National Geographic (2011-01-21). "geocaching". National Geographic Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 20, 2021. Diakses tanggal 2016-12-29. 
  5. ^ "GPX: The GPS Exchange Format". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 20, 2014. Diakses tanggal July 20, 2009.