Genteng Rumah Tanah Liat Godean

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Genteng rumah tanah liat godean adalah atap yang terbuat dari tanah liat, dan lokasi pembuatanya di kota Godean. Godean merupakan salah satu kecamatan di Sleman, Yogyakarta. Kecamatan Godean terkenal dengan kerajinan genteng tanah liat dan kuliner peyek belut. Kerajinan tanah liat yang berupa genteng [[tanah liat] untuk atap rumah ini di kerjakan dengan cara tradisional, dan menjadi sumber penghasilan untuk perajin.[1]

Cara membuat genteng tanah liat[sunting | sunting sumber]

Tanah liat yang menjadi bahan baku pembuatan genteng ini di ambil dari pegunungan secara manual. Perajin genteng biasanya memesan tanah liat dengan berbagai macam jenis atau kualitasnya. Kualitas ini bisa di bedakan melalui warna dan tempat mengambilnya. Setelah pemesanan selesai dan terkumpul, selanjutnya tanah liat tadi di campur menjadi satu dan ditambah air.

Proses selanjutnya adalah tanah liat yang sudah seperti adonan (keras)kemudian dijadikan batu bata. Dan batu bata ini yang akan di cetak menjadi genteng. Setelah manjadi genteng, lalu di keringkan dan terakhir dibakar hingga warna berubah menjadi merah.

Referensi[sunting | sunting sumber]