Gencatan senjata Yam-Zapolsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gencatan senjata Yam-Zapolsky. Wilayah yang diperoleh kembali oleh Persemakmuran Polandia-Lituania ditandai dengan warna jingga.

Gencatan senjata Yam-Zapolsky (Ям-Запольский) disepakati pada tanggal 15 Januari 1582 oleh Persemakmuran Polandia-Lituania dan Ketsaran Rusia. Perjanjian ini merupakan salah satu perjanjian yang mengakhiri Perang Livonia. Perjanjian ini ditandatangani setelah keberhasilan kampanye militer István Báthory di Livonia yang berujung pada Pengepungan Pskov. Gencatan senjata ini berhasil ditetapkan berkat bantuan dari wali paus Antonio Possevino.

Perjanjian ini menetapkan gencatan senjata yang berlaku selama sepuluh tahun. Berdasarkan ketentuan perjanjian ini, Rusia mencabut klaimnya atas wilayah Livonia dan Polotsk, tetapi tidak harus menyerahkan wilayah-wilayah Rusia lainnya dan Báthory malah mengembalikan wilayah Rusia yang telah diduduki oleh pasukannya. Ia menghentikan Pengepungan Pskov dan meninggalkan kota Velikiye Luki. Gencatan senjata ini diperpanjang selama dua puluh tahun pada tahun 1600 berkat negosiasi yang diprakarsai oleh misi diplomatik ke Moskwa yang dipimpin oleh Lew Sapieha. Gencatan senjata ini dilanggar saat Polandia menyerbu Rusia pada tahun 1605.

Referensi[sunting | sunting sumber]