Gelas (wadah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gelas – Gelas adalah benda yang kita sering temui setiap hari baik di rumah maupun di tempat – tempat lain yang membutuhkan gelas. Gelas ini juga memilki arti yaitu sebuah wadah untuk minum, umumnya gelas berwarna transparan tetapi banyak juga gelas yang diproduksi denga berbagai macam warna.

Gelas terbuat dari bahan yang lumayan kuat, umumnya bahan ini tidak dapat bereaksi dengan bahan kimia lainnya dan tidak akan aktif secara biological yang terbentu dengan permukaan yang cukup halus dan kedap air, dari pernyataan tersebut gelas sangat ideal dan banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan.

Sifat gelas yang memiliki kelebihan dibanding dengan material lainnya

  1. Sifat estetika fungsi keindahan
  2. Sifat elastic/lentur
  3. Sifat transparasi atau tembus mata
  4. Sifat tahan atau resisten terhadap zat/reaksi kimia

Berbagai macam gelas

1.Gelas kaca

Gelas yang terbuat dari bahan kaca umumnya sangat berat, gelas ini mampu tahan terhadap suhu yang tidak terlalu panas  dan juga mampu menampung air yang tidak terlalu dingin, akan tetapi gelas ini rawan terhadap jatuh karena dapat pecah menjadi berkeping – keping tapi gelas dari bahan kaca memiliki nilai plus yaitu sifat kaca yang bisa dimodifikasi atau dibentuk ulang  seluruhnya melalui rekayasa kimia atau proses pemanasan.

2. Gelas Plastik

Gelas plastik terbuat dari bahan plastik, memiliki mass a yang ringan bahkan memiliki bentuk yang elastic. Gelas ini juga tahan banting dan akan baik – baik saja jika terjatuh selain keunggulan tersebut gelas plastik sulit terurai oleh bakteri dan menjadi polusi bagi tanah

3. Gelas Organik

Gelas jenis ini masih terbilang baru karena memang masih minim diproduksi ke masyarakat, gelas jenis ini sangat ramah lingkungan apabila menjadi sampah akan mudah diuraikan bakteri sehingg tidak menjadi polusi bagi tanah, gelas organik ini ada yang terbuat dari sekam padi, kulit jagung yang kering bahkan ada gelas yang terbuat dari rumput laut yang bisa dimakan dan dipadukan dengan buah sehingga menghasilkan rasa yang unik.

Gelas telah jauh berkembang dari masa ke masa bahkan fungsi gelas pun sudah jauh berbeda dari fungsi utamanya, salah satu fungsi gelas yang unik adalah gelas yang dipakai untuk penelitian atau pengolahan bahan kimia bisa juga disebut gelas kimia.

Gelas kimia ini selain memiliki fungsi untuk menampung bahan kimia bisa berfungsi untuk memanaskan bahkan sampai melarutkan zat kimia,  misalnya prereaksi/reagen untuk analisa kimia kualitatif atau hanya sekadar membuay larutan kimia sekunder saat titrasi/volumentri.

4. Gelas ukur

Gelas ukur biasanya terbuat dari bahan polipropilen karena bahan tersebut sangat resisten terhadap bahan kimia, gelas ukur dibuat transparan dan diberi garis untuk mengukur berapa volume larutan yang tertampung dalam gelas. Gelas ukur ini sering digunakan untuk mengukur voume cairan  karen  gelas ukur memiliki akurasi dan presisi yang sangat tinggi.

5. Tabung Reaksi

Tabung reaksi adalah peralatan gelas yang umumnya berbentuk tabung kurang lebih sebesar jari  jari tangan manusia dewasa, gelas ini terbuat dari kaca atau juga plastik dengan mulut gelas berbetuk huruf-U. Tabung reaksi bagian atas dilengkapi dengan bibir lebar untuk membantu menuang isi larutan, ada yang memiliki bagian dasar yang rata, ada yang  bulat, atau sampai mengerucut. Beberapa tabung reaksi  sengaja dibuat agar dapat dipasang sumbatatau tutup atau dipasang kaca kasar (ground glass) atau  berglazuur sehigga  mudah diberi tanda menggunakan pensil. Tabung reaksi terbuat dalam berbagai macam ukuran, umumnya dari diameter 10 mm sampai 20 mm dan panjang 50 mm sampai 200 mm.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya gelas terbuat dari kaca, tetapi ada juga gelas yang terbuat dari plastik, kayu dan tanah liat. Gelas yang terbuat dari kaca biasanya bening, tetapi ada juga gelas yang berwarna, dicetak print, dan diberi hiasan.

cangkir[sunting | sunting sumber]

Jika dibandingkan dengan cangkir yang memiliki pegangan, gelas biasanya lebih tinggi, tanpa pegangan, dan bisa menampung lebih banyak air.