Gelang penggerak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pecahan peluru 122 mm milik Rusia, yang telah ditembakkan, menunjukkan tanda-tanda ulir pada gelang penggerak tembaga di sekitar pangkalannya dan bourrelet baja di dekat bagian depannya

Dalam sebuah peluru artileri, gelang penggerak atau gelang pemutar adalah gelang yang terbuat dari logam lunak di dekat bagian bawah selongsong, sering dibuat dari logam yang disepuh,[1] tembaga, atau timah. Ketika selongsong ditembakkan, tekanan propelan menggesekkan logam pada ulir laras dan membentuk segel; segel ini mencegah gas-gas melewati peluru, dan mengaktifkan ulir laras senapan untuk menstabilkan peluru.

Peluru distabilkan dalam laras oleh gelang bourrelet lebih kecil di dekat bagian depan proyektil. Gelang ini membuat proyektil berjalan lurus di lubang, tetapi tidak melibatkan ulir.

Dengan bertambahnya berat peluru, menjadi lebih sulit untuk merekayasa gelang penggerak yang mencegah gas propelan agar tidak melewatinya, atau melepaskannya dari peluru.

Beberapa senjata yang beroperasi dengan laju tembakan tinggi, seperti meriam gatling Avenger GAU-8, menggunakan gelang penggerak plastik alih-alih logam lunak. Menggunakan plastik sebagai bahan swage mengurangi keausan pada laras senapan, dan memperpanjang usia dan akurasi rata-rata senjata.

Dalam senapan kecil, seluruh peluru biasanya dilapisi tembaga atau paduan lunak lainnya, membuat seluruh peluru menjadi gelang penggeraknya sendiri.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Gelang penggerak pra-potong untuk ulir laras telah digunakan untuk senjata yang dimuat melalui moncong, misalnya beberapa mortir. Gelang yang dapat berputar bebas dapat digunakan untuk mengurangi putaran yang diberikan pada peluru seperti pada hulu ledak HEAT atau proyektil yang terstabilkan sirip (APDSFS) yang ditembakkan dari laras berulir serba guna.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1] Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.