Gay-Related Immune Deficiency

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gay-related immune deficiency (GRID) adalah nama awal AIDS, nama yang digunakan setelah ilmuwan kesehatan masyarakat menyadari adanya sarkoma Kaposi dan pneumonia pneumositis pada laki-laki homoseksual di California dan New York City.[1] Selama sejarah awal AIDS, organisasi yang disebut Krisis Kesehatan Laki-laki Homoseksual didirikan untuk melawan penyakit yang dianggap "penyakit hanya pada homoseksual" yang diproduksi oleh tingginya tingkat persetubuhan, penggunaan obat terlarang. Segera sarkoma Kaposi dan pneumonia pneusitis dilaporkan terjadi pada orang Haiti yang baru saja memasuki Amerika Serikat[2] dan laki-laki dengan hemofilia, pada wanita yang menjadi partner seksual pasien AIDS, pada anak-anak yang baru lahir yang mungkin terinfeksi, dan pada orang yang terinfeksi lewat transfusi darah. Kata AIDS digunakan pada tahun 1982[3] oleh Bruce Voeller dan ilmuwan lainnya untuk keakuratan nama penyakit ini. Dengan nama baru, ilmuwan didukung oleh figur politik yang menyadari bahwa "berhubungan dengan homoseksual" tidak secara akurat mendeskripsikan demografi yang terinfeksi penyakit tersebut.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Cluster of Kaposi's Sarcoma and Pneumocystis carinii Pneumonia among Homosexual Male Residents of Los Angeles and range Counties, California". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-02. Diakses tanggal 2007-01-24. 
  2. ^ "Opportunistic Infections and Kaposi's Sarcoma among Haitians in the United States". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-15. Diakses tanggal 2007-01-24. 
  3. ^ "Time Magazine: A Name for the Plague". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-03-07. Diakses tanggal 2007-01-24. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]