Gawai Dayak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gawai mabakoi merupakan perayaan yang diadakan di Kalimantan Barat dan Sarawak, Malaysia oleh suku asli Kalimantan Barat dan Sarawak, terutama Dayak Iban dan Dayak Darat. Gawai Dayak merupakan hari perayaan panen dan mulai diadakan secara besar-besaran di Malaysia sejak 25 September 1964, saat Gawai Dayak dimaksudkan sebagai hari perayaan resmi. Sambutan Gawai Dayak pada tingkat negara Malaysia adalah pada 1 Juni 1965.

Tujuan Perayaan Gawai Dayak[sunting | sunting sumber]

Perayaan Gawai Dayak diadakan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah dari masyarakat adat Dayak kepada Sang Pencipta. [1] Sedangkan di masa kini Perayaan Gawai Dayak ditujukan untuk mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan sesama suku Dayak bersama suku lainnya dalam kebersamaan yang harmonis dan toleran.

Kegiatan dalam Perayaan Gawai Dayak[sunting | sunting sumber]

Gawai Dayak mempunyai beberapa upacara yang dijalankan di kota dan lamin (rumah panjang), serta untuk pertama kalinya ditahun 2022 Perayaan Gawai Dayak dipusatkan di Rumah Betang Panjang.[2] Persembahan pelbagai makanan dan tuan di persembahkan kepada dewa padi untuk hasil yang baik. Penyair akan membaca mantra yang khusus untuk upacara ini dan melumur darah ayam jantan pada bahan persembahan.

Setelah upacara ini, perayaan Gawai Dayak akan dimulai secara resmi. Sebatang pohon yang dikenali sebagai 'ranyai' akan didirikan di tengah ruang dan dihiasi dengan makanan dan minuman. Mereka juga akan mengunjungi keluarga dan sahabat yang disebut sebagai 'ngabang'. Pakaian tradisional akan dikenakan, dan perhiasan manik orang ulu akan dikeluarkan untuk dipakai pada hari itu. Perawan Iban juga akan mengenakan perhiasan perak tradisional. Pesta Gawai Dayak ditutup dan berakhir dengan penurunan pohon ranyai tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pekan Gawai Dayak XI Kabupaten Sekadau Kembali Digelar Setelah 2 Tahun Absen". sekadaukab.go.id. 2022-07-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-12. Diakses tanggal 2023-02-12. 
  2. ^ Agency, ANTARA News. "Pekan Gawai Dayak IX Sintang wujud nyata untuk memajukan budaya nasional". ANTARA News Kalimantan Barat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-12. Diakses tanggal 2023-02-12.