Gauthier IV dari Brienne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gauthier IV yang Agung dari Brienne (Prancis: Gauthier IV le Grand de Brienne (1205-1244) merupakan seorang Comte Brienne pada tahun 1205-1244. Dia adalah putra Gauthier III dari Brienne dan Elvira (Albiria, Albina, Blanche, Mary) dari Lecce. Sekitar waktu kelahirannya, ayahandanya kehilangan tawarannya untuk takhta Sisilia dan meninggal di penjara. Warisannya dari Kerajaan Taranto dan County Lecce disita.

Saat remaja, Gauthier dikirim ke Outremer di mana pamandanya Jean dari Brienne adalah penguasa Yerusalem. Pada tahun 1221 John memberinya County Jaffa dan Ashkelon, dan mengatur pernikahan dengan Marie de Lusignan (seb. Maret 1215 – skt. 1252 atau 1254), putri Hugues I dari Siprus, pada tahun 1233.

Bahkan setelah pamandanya dipaksa keluar dari Kerajaan oleh Friedrich II, Gauthier tetap menjadi salah satu lord terpaling dari Kerajaan Yerusalem. Dia adalah komandan tentara Salib yang berbaris melawan pasukan As-Salih Ayyub pada tahun 1244. Terhadap saran al-Mansur dari Homs, sekutu Suriahnya, Gauthier bersikeras mengambil serangan, bukannya membentengi kampnya dan menunggu mundurnya Khwarezmia. Dalam Pertempuran La Forbie yang penuh malapetaka, pasukan tentara Salib-Suriah hampir dimusnahkan. Gauthier ditangkap, disiksa di depan tembok Jaffa, dan akhirnya diserahkan kepada Mesir setelah kekalahan Khwarezmia sebelum Homs pada tahun 1246. Dia dipenjarakan di Kairo dan dibunuh oleh para pedagang yang kafilahnya telah dirampok olehnya, dengan persetujuan sultan.

Dia digantikan oleh putra sulungnya Jean, yang meninggal tanpa keturunan. Putranya yang lebih muda, Hugues dari Brienne menetap di Italia Selatan dan menjadi partisan Carlo dari Anjou, yang mengembalikannya county keluarga Lecce.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Robert Payne (1985). The Dream and the Tomb. Stein and Day/Publishers. ISBN 0-8128-6227-9. 
Bangsawan Prancis
Didahului oleh:
Gauthier III
County Brienne
1205–1246
Diteruskan oleh:
Jean