Garis Musim Dingin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Garis pertahanan yang dipersiapkan Jerman di selatan Roma.

Garis Musim Dingin adalah serangkaian perbentengan militer Jerman dan Italia di Italia, yang dibangun pada Perang Dunia II oleh Organsiasi Todt dan dikomandani oleh Albert Kesselring. Serangkaian 3 garis dirancang untuk mempertahankan bagian barat Italia, terutama sekitaran kota Monte Cassino, sepanjang Jalan Tol 6 sampai Roma. Garis Gustav terbentang di sepanjang Italia dari bagian utara dimana Sungai Garigliano mengalir sampai Laut Tyrrhenian di bagian barat, melewati Pegunungan Apennine sampai mulut Sungai Sangro di pantai Adriatik di bagian timur. Dua garis cabangnya, Garis Bernhardt dan Garis Hitler terbentang lebih pendek dari Laut Tyrrehnian sampai Timur Laut Cassino dimana garis-garis tersebut bergabung dengan Garis Gustav. Relatif dengan Garis Gustav, Garis Hitler mengarah dari utara ke barat dan Garis Bernhardt mengarah dari Selatan ke Timur dari pertahanan utama.

Meskipun dipatahkan, Garis Gustav memperlambat pergerakan Sekutu selama berbulan-bulan antara Desember 1943 dan Juni 1944. Pertempuran-pertempuran besar dalam serangan terhadap Garis Musim Dingin di Monte Cassino dan Anzio sendiri mengakibatkan kematian 98,000 pasukan dari pihak Sekutu dan 60,000 orang dari pihak Blok Poros.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Axelrod, Alan (2008). Real History Of World War II: A New Look at the Past. New York: Sterling Publishing Co Inc. hlm. 208. ISBN 978-1-4027-4090-9. 
  2. ^ d'Este, Carlo (1991). Fatal Decision: Anzio and the Battle for Rome. New York: Harper. hlm. 490. ISBN 0-06-015890-5. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Multimedia[sunting | sunting sumber]

  • CBC Archives CBC Radio reports from the Winter Line on May 14, 1944.