Gardu traksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gardu pengubah arus traksi di Karlsruhe
Gardu traksi Woburn di Lower Hutt, Selandia Baru, memasok listrik arus searah 1500 V ke Jalur Lembah Hutt.

Sebuah gardu traksi, gardu pengubah arus traksi, atau gardu tenaga traksi adalah sebuah gardu listrik yang berfungsi mengubah tenaga listrik yang dipasok oleh industri tenaga listrik agar sesuai dengan tegangan, tipe arus, dan frekuensi yang digunakan di suatu jalur kereta api, trem, atau bus listrik.

Konversi[sunting | sunting sumber]

Gardu traksi dapat digunakan untuk mengubah arus bolak-balik tiga fasa dengan frekuensi 50 Hz atau 60 Hz menjadi arus listrik satu fasa dengan frekuensi lebih rendah, sebagaimana digunakan oleh banyak jalur kereta api. Gardu traksi juga dapat digunakan untuk menyearahkan arus bolak-balik menjadi arus searah untuk digunakan oleh jalur kereta api yang menggunakan listrik arus searah sebagai sumber tenaganya.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Gardu traksi biasanya terdesentralisasi (beberapa gardu langsung memasok ke listrik aliran atas atau rel ketiga, sehingga tidak perlu menggunakan jaringan distribusi arus listrik traksi) atau tersentralisasi (satu gardu memasok ke jaringan tenaga traksi, dan biasanya juga memasok ke listrik aliran atas atau rel ketiga).

Gardu traksi terpusat dapat dijumpai di Jerman (terutama di kota Neckarwestheim, Ulm, Nuremberg), Austria, dan Swiss, sementara gardu traksi terdesentralisasi dapat dijumpai di Norwegia, Britania Raya, Swedia, serta Mecklenburg-Vorpommern dan Brandenburg di Jerman.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]