García I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
García I
García I de León (Retiro, Madrid) 01.jpg
Patung abad ke-XVIII di Madrid
Raja León
Berkuasa910–914
PendahuluAlfonso III
PenerusOrdoño II
Lahirskt. 871
Wafatskt. 914
Pemakaman
DynastyWangsa Asturias-León
AyahAlfonso III
IbuJimena dari Pamplona
PasanganMuniadona
AgamaKatolik Roma

García I (skt. 87119 Januari 914) adalah Raja León dari 910 hingga kematiannya. Ia adalah putra sulung dari tiga putra penerus Alfonso III yang Agung dan istrinya Jimena.

García ambil bagian dalam pemerintahan bersama ayahandanya hingga 909. Pada tahun itu sebuah konspirasi, di mana García terlibat, terungkap. Alfonso meninggalkan takhta dan membagi kerajaan di antara ketiga putranya. León diserahkan ke García, Galisia ke Ordoño, dan Asturias ke Fruela. Supremasi Asturias tetap diakui.

Selama pemerintahan García, Douro difortifikasi dan populasi kembali Roa, Burgo de Osma-Ciudad de Osma, Clunia, dan San Esteban de Gormaz. Selama periode ini, Comte Kastila, Gonzalo Fernández memperoleh pengaruh melalui upaya ini. Pada kematiannya di Zamora dia tidak memiliki ahli waris dan kerajaannya diserahkan ke Ordoño.

Istri García, Muniadona, dikatakan oleh Pelagius sebagai putri Nuño Fernández, tetapi ini secara kronologi tidak mungkin. Claudio Sánchez-Albornoz malah menyatakan bahwa dia adalah putri Munio Núñez, repoblador Roa dan Comte Kastila.[1] Dia mungkin adalah Muniadona yang sama yang kemudian menikah dengan Comte Fernando Ansúrez.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sebuah alternatif baru-baru ini diusulkan oleh Manuel Carriedo Tejedo menjadikan putrinya Nuño, saudara Alfonso III, dan sepupu pertama suaminya, dan mungkin identik dengan Muniadona yang adalah istri Gonzalo Fernández dan ibunda Fernán González.
Didahului oleh:
Alfonso III
Raja León
910–914
Diteruskan oleh:
Ordoño II