Gantungan baju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
gantungan baju

Gantungan baju (Inggris: Clothes hanger), berasal dari dua kata yaitu Gantungan dan Baju. Dalam KBBI, berasal dari kata dasar gantung (sangut, kait), Gantungan berarti alat untuk menyangkutkan sesuatu.[1] sedangkan Baju adalah pakaian penutup badan bagian atas (banyak ragam dan namanya).[2] Jika digabungkan, Gantungan Baju berarti alat untuk menyangkutkan atau menggantungkan baju.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awal mulanya, gantungan baju terbuat dari kayu yang diciptakan oleh Thomas Jefferson. Kemudian dibuatlah gantunganbaju yang terbuat dari besi yang diciptakan oleh Albert J. Parkhouse. Pada tahun 1903, bermula dari Parkhouse yang ingin menggantungkan mantelnya saat ia baru datang ke tempat kerjanya yaitu Timberlake kawat an Novelty Company di Jackson, Michigan. Pada saat itu, tempat untuk menggantungkan mantelnya habis. Kesal, Parkhouse mengambil sepotong kawat, membengkokkannya manjadi dua lingkaran lonjong berlawanan satu sama lain, dan memutar kedua ujungnya kembali membentuk sebuah pengait. Setelah ia membuatnya, ia menggantung mantelnya itu dengan menggunakan gantungan yang ia buat yang kemudian ia letakan pada paku penggantung mantel yang sudah berisikan mantel milik karyawan lain.[3]

Gantungan yang Parkhouse buat akhirnya dipatenkan pada 25 Januari 1904, tetapi ia masih mengembangkannya yang lalu ia patenkan kembali pada tahun 1907. Pada tahun 1906, Meyer May adalah penjual baju pertama dengan merek Grand Rapids di Michigan yang menggunakan gantungan baju untuk menampilkan dagangannya.[4]

Gantungan baju dapat terbuat dari kayu, kawat, plastik, beberapa bahan karet dan lain lain. Gantungan baju biasa digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci tetapi masih banyak lagi kegunaan dari gantungan baju.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Setiawan, Ebta. "Arti kata gantung - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-01. Diakses tanggal 2016-12-25. 
  2. ^ Setiawan, Ebta. "Arti kata baju - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-05. Diakses tanggal 2016-12-25. 
  3. ^ "Do You Know Who Invented the Coat Hanger?". Diakses tanggal 2016-09-28. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-18. Diakses tanggal 2016-12-25.