Gandarrapiddo: The Revenger Squad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gandarrapiddo: The Revengers
Poster Teatrikal
SutradaraJoyce Bernal
Produser
  • Vincent Del Rosario III
  • Veronique Del Rosario-Corpus
Pemeran
Penata musikCarmina R. Cuya
Distributor
Tanggal rilis
  • 25 Desember 2017 (2017-12-25)
NegaraFilipina
BahasaFilipino

Gandarrapiddo: The Revengers adalah film laga komedi superhero Filipina yang disutradarai oleh Joyce Bernal dibintangi oleh Vice Ganda, Daniel Padilla, dan memperkenalkan Pia Wurtzbach. Film ini diproduksi oleh Star Cinema dan Viva Films dirilis pada tanggal 25 Desember 2017 dan masuk daftar film Metro Manila Film Festival.[1][2]

Alur[sunting | sunting sumber]

The Revenger Squad menceritakan tentang Gandarra (Vice Ganda), Rapiddo (Daniel Padilla), dan Kweenie (Pia Wurtzbach), yang berusaha untuk melindungi orang-orang yang berharga bagi mereka.

Keluarga adalah yang terpenting bagi mereka, tetapi saat mereka menjalani misi rahasia mereka secara terpisah, kekuatan kegelapan datang dan mengancam untuk menghancurkan segala yang mereka sayangi. Pada akhirnya mereka mengesampingkan perbedaan mereka untuk menemukan kekuatan super, bersama pahlawan lain, mereka menamabakan diri sebagai, "The Revenger Squad".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Peran Utama[sunting | sunting sumber]

  • Vice Ganda sebagai Emerson Mariposque / Emy bekerja sebagai penjual alat kecantikan dan pembuat basahan di rumah jompo bersama teman-teman dan adiknya Chino. Beberapa tahun silam, pertarungan besar antara pahlawan terjadi mengakibatkan dia kehilangan ingatan sebagai "Gandarra" – pahlawan super berkekuatan super dalam bentuk lipstik.
  • Daniel Padilla sebagai Chino Mariposque, adik Emy, adalah pria ganteng berusia 21 tahun. Merasa kakaknya Emy berusaha menghalangi keinginannya, dia justru menemukan dirinya memiliki kekuatan dan kecepatan supersonik. Kemudian dia menyebut dirinya, "Rapiddo".
  • Pia Wurtzbachsebagai Orphan Cassandra Stocking adalah seorang designer pakaian dan model internasional sekaligus pahlawan super "Kweenie". Kweenie memiliki keterampilan tempur luar biasa, pengetahuan sempurna tentang teknologi maju, dan hipnosis mematikan dengan pukulan: "smizenopsis".[3]

Peran Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Ejay Falcon sebagai Mino: Penjahat yang terjebak dalam cermin. Dia mencari lipstik Gandarra yang bisa membebaskannya dari penjara tersebut.
  • Loisa Andalio sebagai Velle: Teman dekat sekaligus tetangga Chino Mariposque.
  • Justin James Quilantang as Juvee/Enrique Heal: Satu-satunya anak laki-laki di rumah keluarga Mariposque yang terkenal nakal. Sebagai penyedia makanan, ia membantu Barna dalam pertempuran superheroine-nya.
  • Wacky Kiray sebagai Bul-Dog / Pospora: Seorang anggota keluarga Mariposque yang merupakan penjual rokok jalanan. Sebagai Pospora, ia memiliki kemampuan mengendalikan dan menghasilkan api seperti tongkat pertandingan.
  • Lassy Marquez sebagai Bokbok / Flawlessa: Sahabat setia Emy Mariposque yang bertindak sebagai figur bibi untuk Chino. Dia menjual lantai sebagai tempat tinggal dan sebagai Flawlessa dia menarik kekuatan dari jerawatnya (atau pimplets saat dia memanggil mereka) yang bisa dia perbanyak untuk digunakan sebagai senjatanya.
  • MC Calaquian as Luz-Luz / Higopa: Seorang penjual soda yang tinggal bersama keluarga Mariposque. Sebagai superhero Higopa, ia memiliki lemak yang tidak bisa dihancurkan dan memiliki kemampuan menelan dan mengisap apapun.
  • Karla Estrada sebagai Peppa/Barna: Tetangga keluarga Mariposque yang menjengkelkan, menjalankan bisnis jasa pengantar makanan. Sebagai superheroine, Barna, dia menarik kekuatan dari makanan
  • RK Bagatsing sebagai Madman: Penjahat super. yang merupakan ayah kandung sebenarnya dari Chino dan merupakan musuh terbesar Gandarra.
  • Carlo Mendoza sebagai dirinya sendiri
  • Michael Flores sebagai Professor Clean
  • Alvin Ronquillo
  • Warren Tablo

Kameo[sunting | sunting sumber]

  • Zanjoe Marudo sebagai kekasih Emy
  • Kathryn Bernardo sebagai kekasih Chino
  • Marlon Stockinger sebagai Cassey

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sejak Februari bertepatan dengan konsernya, Vice Ganda telah mengumumkan proyek film bersama Daniel Padilla. Sempat beberapa kali mengalami perubahan nama, film ini pertama kali diperkenalkan sebagai The Revengers. Vice dan Daniel mulai melakukan syuting pada bulan Juli 2017.[4] Sementara Pia mulai syuting pada bulan September, pada saat yang sama judul film ini diganti menjadi Gandarrapiddo: The Revengers. Proses syuting film berakhir pada bulan November 2017.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Star cinema memperkenalkan dua lagu tema Gandarrapiddo: The Revenger Squad pada cuplikan film ini. Lagu pertama dinyanyikan oleh Vice berjudul "Gigil Si Aquo" dan lagu kedua bergenre rock dinyanyikan oleh Daniel Padilla berjudul "Maging Superhero". Kedua lagu ini dirilis resmi di Radio Mor 101.9 pada tanggal 6 Desember kemudian pada 15 Desember serentak di Spotify, iTunes dan Youtube.[5][6][7][8][9][10]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Promosi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan oktober sebuah cuplikan berdurasi 16 detik mempelihatkan Vice, Daniel dan Pia mengenakan pakaian pahlawan super dirilis oleh Star Cinema di Facebook dan youtube, cuplikan lebih panjang dirilis pada bulan November.[11] Trailer penuh resmi dirilis serentak di youtube dan facebook pada 30 November 2017.[12] Jumpa pers diadakan pada 10 Desember di wahana bermain Enchanted Kingdom.[13] Promosi dari mall ke mall, "The Revengers Squad Nationwide Tour" dimulai tanggal 3 Desember di Vista Mall Taguig dan Star Mall Alabang. Untuk mempromosikan film ini, Vice, Daniel dan Pia tampil diberbagai acara seperti It's Show Time, ASAP, Gandang Gabi Vice.

Penerimaan kritik[sunting | sunting sumber]

Gandarrapiddo: The Revenger Squad menerima kritikan negatif untuk alur dan pujian untuk pesan moral dari para kritikus film. Philbert Ortiz Dy dari The Neighborhood menganggapnya sebagai film biasa-biasa saja dan hanya bermain aman, mengulang kesuksesan dari film-film Vice Ganda sebelumnya dengan menyatukan semua kelebihan yang ada meskipun tidak cocok satu sama lain. Selain itu dia merasa film ini terlalu bergantuk pada efek visual, selain itu alurnya terasa goyah. Untuk itu Philbert memberi nilai 2 dari 5.[14] Mark Jayson Torralba dari "Business World" juga mempermasalahkan alur cerita dari film ini, merasa transformasi Chino menjadi Rapiddo ke alur utama melawan Minos terlalu mendadak. Sementara, perubahan karakter Kweenie dari penjahat menjadi saudara Gandarra yang lama hilang tidak memiliki kemajuan. Namun dia menyadari secara keseluruhan film ini ingin menyampaikan pentingnya keluarga dan tidak egois, serta menekankan nilai dari cinta dan berbuat baik kepada sesama.[15]

Gab C. dari Data Meets Media juga memiliki penilaian yang sama, dia menganggap Gandarrapiddo adalah film yang bodoh, dan merasa lebih lemah dari film-film Vice Ganda sebelumnya. Menganggap cerita Gandarrapiddo hanya jalan untuk menyampaikan canda. Namun dia menyadari orang-orang menonton film seperti ini untuk tertawa dan bersenang-senang. Dan menambahkan setidaknya ada pesan moral tentang keluarga yang bisa diambil dari film ini. Dan Gab memberi nilai 1,5 dari 5.[16] Claudine Itchon dari Philippine Entertainment Portal juga melihat nilai moral dari film ini namun, menyayangkan muatan kekerasan dalam gurauan dan dialognya.[17] Stephanie Mayo dari Concept News Central memuji desain produksi dan penampilan semua pemainnya. Namun menganggap cara Bernal dan kelima penulis memecahkan "Empat Dinding" sebagai hal yang sangat murahan. Selain itu, dia merasa film ini memiliki goresan kekerasan yang mengganggu. Meskipun begitu Stephanie merasa dalam reputasinya sebagai hiburan murah film ini cukup menyenangkan sehingga memberi Rating 2,5 dari 5. [18]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Vice Ganda, Vic Sotto return in MMFF 2017 roster". CNN Philippines. 1 July 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-21. Diakses tanggal 4 September 2017. 
  2. ^ Admin (15 Desember 2017). "Star Magic artists rule Metro Manila Film Festival 2017 | Tempo - The Nation's Fastest Growing Newspaper". tempo.com.ph. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-25. Diakses tanggal 2017-12-16. 
  3. ^ Iglesias, Iza (28 Juli 2017). "Pia Wurtzbach prepares to act anew". The Manila Times. TMT. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-28. Diakses tanggal 4 September 2017. 
  4. ^ Abanilla, Clarizel (6 July 2017). "Vice Ganda, Daniel Padilla start shooting MMFF movie". INQUIRER.net. Philippine Daily Inquirer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-06. Diakses tanggal 4 September 2017. 
  5. ^ "Maging Superhero (From "The Gandarrappido: The Revenger Squad")". Spotify (dalam bahasa Inggris). 15 December 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-12. Diakses tanggal 15 Desember 2017. 
  6. ^ "Daniel Padilla - Maging Superhero | Gandarrapiddo: The Revenger Squad (Official Lyric Video)". 14 December 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-28. Diakses tanggal 15 Desember 2017. 
  7. ^ "Daniel Padilla - Maging Superhero | Gandarrapiddo: The Revenger Squad (Audio)". Youtube. 14 December 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-28. Diakses tanggal 15 Desember 2017. 
  8. ^ "Vice Ganda - Gigil Si Aquo | Gandarrapiddo: The Revenger Squad (Audio)". Youtube. 14 December 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-28. Diakses tanggal 15 Desember 2017. 
  9. ^ "[MUSIC VIDEO] 'Gigil Si Aquo' by Vice Ganda | 'Gandarrappido: The Revenger Squad'". Youtube. 15 December 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-15. Diakses tanggal 15 Desember 2017. 
  10. ^ "Gigil Si Aquo (From "The Gandarrappido: The Revenger Squad")". Spotify (dalam bahasa Inggris). 15 December 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-15. Diakses tanggal 15 Desember 2017. 
  11. ^ News, ABS-CBN (15 Oktober 2017). "WATCH: First teaser of 'The Revenger Squad' released". ABS-CBN News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-25. Diakses tanggal 2017-12-16. 
  12. ^ News, ABS-CBN (1 Desember 2017). "WATCH: First trailer for 'Gandarrappido: The Revenger Squad'". ABS-CBN News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-26. Diakses tanggal 2017-12-16. 
  13. ^ Leon, Bong De (14 Desember 2017). "Vice Ganda declares P1B as box-office take" (dalam bahasa Inggris). Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-14. Diakses tanggal 2017-12-16. 
  14. ^ Dy, Philbert Ortiz (31 December 2017). "'The Revenger Squad' is a Tired Mediocrity | The Neighborhood". The Neighborhood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-22. Diakses tanggal 2018-01-01. 
  15. ^ Torralba, Mark Jayson (27 December 2017). "Fighting violence with violence". BusinessWorld. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-22. Diakses tanggal 2018-01-01. 
  16. ^ C., Gab (December 30, 2017). "Gandarrapiddo: The Revenger Squad Stupid Fun". Data Meets Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-10-23. Diakses tanggal 2018-01-01. 
  17. ^ Itchon, Claudine (29 December 2017). "MMFF 2017: Vice Ganda, Daniel, Pia in The Revenger Squad". Philippine Entertainment Portal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-18. Diakses tanggal 2018-01-01. 
  18. ^ Mayo, Stephanie (29 December 2017). "REVIEW | 'Gandarrapiddo: The Revenger Squad' - Concept News Central". conceptnewscentral.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-03. Diakses tanggal 2018-01-01.