Galilea Hulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lokasi wilayah Galilea Atas di Israel

Galilea Atas (bahasa Ibrani: הגליל העליון, HaGalil Ha'Elyon; bahasa Arab: الجليل الأعلى‎, Al Jaleel Al ' alaa; bahasa Inggris: Upper Galilee) adalah istilah geografis-politik yang digunakan sejak akhir Periode Bait Suci Kedua, asalnya mengacu pada daerah pegunungan yang sekarang mencakup bagian utara Israel dan bagian selatan Lebanon, dengan batas-batasnya Sungai Litani di utara, Laut Tengah di barat, Galilea Bawah di selatan, yang dipisahkan oleh Lembah Beit HaKerem, dan Sungai Yordan hulu dan Lembah Hula di timur.[1] Menurut sejarawan abad ke-1, Yosefus, batas Galilea Atas membentang dari Bersabe di Lembah Beit HaKerem sampai Baca (Peki'in) di utara.[2] Wilayah tersebut luasnya sekitar 180 mil persegi.[3]

Dalam terminologi Israel sekarang, toponimi ini terutama digunakan dalam referensi untuk bagian utara Galilea yang terletak di dalam kedaulatan Israel, yaitu tanpa bagian Lebanon Selatan sampai ke Sungai Litani, sementara juga tidak termasuk bentangan dari Dataran Pantai ke barat dan Lembah Jordan Rift ke timur, yang dianggap entitas geografis terpisah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah pembubaran Kesultanan Utsmaniyah dan Deklarasi Balfour di mana Imperium Britania berjanji untuk membuat suatu "Rumah Nasional Yahudi" di Palestina, Gerakan Zionis menyampaikan kepada Konferensi Perdamaian Versailles suatu dokumen menyerukan untuk dimasukkan dalam Mandat Britania atas Palestina seluruh wilayah hingga ke Sungai Litani — dengan pandangan bahwa ini akhirnya menjadi bagian dari negara Yahudi di masa depan.

Dalam peristiwa tersebut, hanya kurang dari setengah daerah ini akhirnya benar-benar termasuk dalam Mandat Palestina Britania, perbatasan akhirnya dipengaruhi baik oleh manuver diplomatik dan perjuangan antara Inggris dan Prancis serta pertempuran di darat, terutama pertempuran Tel Hai bulan Maret 1920.

Untuk waktu yang cukup lama setelah perbatasan didefinisikan sehingga membuat bagian utara wilayah yang bersangkutan menjadi bagian dari wilayah mandat Prancis yang kemudian menjadi Lebanon, banyak ahli geografi Zionis — dan geografer Israel pada awal pembentukan negara itu — terus berbicara "Galilea Atas" sebagai "sub-daerah utara wilayah Galilea Israel dan Lebanon".

Berdasarkan definisi ini, "Galilea Atas" meliputi area lebih dari 1.500 km2, sekitar 700 km2 di Israel dan sisanya di Lebanon. Ini termasuk dataran tinggi, terletak di Selatan Lebanon dan dikenal dalam bahasa Arab sebagai Jabal Amel,[4] yang beberapa waktu lamanya dikenal dalam bahasa Ibrani sebagai "Galilea Lebanon". Seperti yang didefinisikan dalam istilah geografis, "wilayah itu dipisahkan dari Galilea Bawah oleh lembah Beit HaKerem; gunung-gunungnya lebih tinggi dan lembahnya lebih dalam dari Galilea Bawah; puncak tertinggi adalah Har Meron dengan ketinggian 1,208 m di atas permukaan laut. Safed adalah salah satu kota besar di wilayah ini".

Dalam beberapa dekade terakhir, penggunaan ini telah hampir menghilang dari wacana umum Israel, istilah "Galilea Atas" digunakan semata-mata mengacu pada bagian yang terletak di Israel.

Pemandangan panorama dari gujung Ari di Galilea Atas ke arah Galilea Bawah

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vilnai, Ze'ev (1976). "Upper Galilee". Ariel Encyclopedia (dalam bahasa Ibrani). Volume 2. Israel: Am Oved. hlm. 1364–67. 
  2. ^ M. Aviam & P. Richardson, "Josephus' Galilee in Archaeological Perspective", published in: Mason, Steve, ed. (2001). Life of Josephus. Flavius Josephus: Translation and Commentary. 9. BRILL. pp. 179;182. ISBN 9004117938. 
  3. ^ Erich M. Meyers, "Galilean Regionalism as a Factor in Historical Reconstruction," in: Bulletin of the American Schools of Oriental Research (No. 221, 1976), p. 95
  4. ^ Salibi, Kamal S. (1988). A House of Many Mansions: The History of Lebanon Reconsidered. London: I.B. Tauris. hlm. 4. ISBN 1-85043-091-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 33°01′46″N 35°19′45″E / 33.02939°N 35.32928°E / 33.02939; 35.32928