Samsung Galaxy Fold

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Galaxy Fold)
Samsung Galaxy Z Fold

Samsung Galaxy Fold (kemudian Samsung Galaxy Z Fold) adalah ponsel cerdas lipat (foldable smartphone) berbasis Android yang dikembangkan oleh Samsung Electronics. Diumumkan pada 20 Februari 2019, Samsung Galaxy Fold dirilis pada 6 September 2019 di Korea Selatan. Perangkat ini mampu dilipat terbuka untuk menampilkan layar fleksibel berukuran tablet 7,3 inci, sedangkan bagian depannya berisi layar "cover" yang lebih kecil, dimaksudkan untuk mengakses perangkat tanpa membukanya.

Galaxy Fold menerima penerimaan pra-rilis yang dicampur, dengan pujian untuk desainnya yang inovatif, tetapi dengan kritik yang mencatat bahwa lapisan plastik layar tidak premium atau tahan lama seperti layar smartphone kaca tradisional, dan menyimpulkan bahwa Galaxy Fold adalah perangkat bukti konsep untuk pengadopsi awal daripada perangkat yang cocok untuk pasar massal.

Kritikus juga menunjukkan kekhawatiran atas kerentanan Galaxy Fold terhadap kerusakan karena kurangnya perlindungan di sekitar engsel layar; setelah layar dari beberapa unit tinjauan rusak dengan cara ini, atau oleh pengguna secara tidak sengaja melepaskan lapisan plastik pelindung di atas layar (yang dapat disalahartikan sebagai pelindung layar standar). Menanggapi masalah ini, Samsung mengumumkan bahwa mereka akan menunda rilis Galaxy Fold tanpa batas waktu sembari mengatasi masalah tersebut. Samsung secara resmi merinci perubahan desainnya pada Juli, dan merilis ponsel pada September 2019. Perusahaan mengklaim telah menjual satu juta unit sejak diluncurkan pada Desember 2019,[1] Namun Samsung kemudian membantah telah menjual 1 juta unit, dan mengaku telah melaporkan ekspektasi penjualan sebagai penjualan aktual.[2]

Sebuah versi perangkat dirilis secara eksklusif untuk China Telecom, dipasarkan sebagai Samsung W20 5G dengan prosesor Snapdragon 855+ yang lebih cepat dan lapisan putih yang unik.[3] W20 mulai dijual pada 12 Desember dan tersedia dalam dua warna (Space Silver dan Cosmos Black).[4]

Dengan pengumuman Galaxy Z Flip, seluruh smartphone lipat Samsung, yang meliputi Fold, sekarang akan menjadi bagian dari seri Samsung Galaxy Z. Kategori Galaxy Fold di portal Samsung AS sekarang dialihkan ke kategori 'Galaxy Z' yang baru ditambahkan, dan bahkan halaman toko Galaxy Fold telah mengubah URL-nya untuk memasukkan nama Galaxy Z.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Samsung says it sold one million Galaxy Fold smartphones". www.asianage.com. Diakses tanggal 2019-12-14. 
  2. ^ "Samsung denies selling a million Galaxy Fold devices | ZDNet". www.zdnet.com. 
  3. ^ "Foldable Samsung W20 5G arrives in China with Snapdragon 855+". GSMArena. 20 November 2019. Diakses tanggal 12 December 2019. 
  4. ^ "Samsung Galaxy W20 5G goes on sale in China and sells out instantly". GSMArena. 12 December 2019. Diakses tanggal 12 December 2019. 
  5. ^ SamMobile. "Samsung's foldable devices will fall under the Galaxy Z umbrella". SamMobile (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]