Gakuen Heaven

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gakuen Heaven
Sampul DVD Volume 1 anime Gakuen Heaven
学園ヘヴン
(Gakuen Hevun)
GenreShōnen-ai, Roman
Manga
PengarangYou Higuri
PenerbitBiblos
Terbit10 Maret 2004
Volume6 (Daftar volume)
Permainan
Gakuen Heaven: Boy's Love Scramble
PenerbitSPRAY, Visual Art's
PlatformPC
Rilis2 Agustus 2002
Novel ringan
PengarangTAMAMI
PenerbitBiblos
TerbitOktober 2002
Permainan
Gakuen Heaven: Boy's Love Scramble
PenerbitNEC Interchannel (PS2)
Prototype (PSP)
PlatformPlayStation 2, PlayStation Portable
Rilis27 November 2003 (PS2)
26 November 2009 (PSP)
Permainan
Gakuen Heaven: Boy's Love Scramble - Type B
PenerbitNEC Interchannel
PlatformPlayStation 2
Rilis22 Juli 2004
Permainan
Gakuen Heaven: Okawari
PenerbitInterchannel (PS2)
Prototype (PSP)
PlatformPlayStation 2, PlayStation Portable
Rilis27 Februari 2005 (PS2)
10 Februari 2011 (PSP)
Seri anime
Gakuen Heaven: Boy's Love Hyper
SutradaraTakahashi Natsuko
Hiiro Yukina
StudioSPRAY, Visual Art's, Tokyo Kids
Saluran
asli
AT-X
Tayang 1 April 2006 24 Juni 2006
Episode13 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Gakuen Heaven (学園ヘヴン, Gakuen Hevun, harfiah: "Akademi Surga") adalah sebuah franchise populer yang berdasarkan pada sebuah permainan komputer berjudul Gakuen Heaven: Boy's Love Scramble, yang awalnya diterbitkan oleh SPRAY. Franchise ini kemudian secara perlahan meluas berkembang menjadi lima permainan video, beberapa CD drama, manga, dan anime.

Permainan video yang dimaksud adalah Gakuen Heaven dan Gakuen Heaven Okawari untuk PlayStation 2 serta PlayStation Portable, dan Gakuen Heaven Type B yang khusus untuk PlayStation 2.

Sebuah adaptasi seri manga yaoi dari franchise ini yang berjudul sama juga sudah diterbitkan sejak tahun 2003. Manga ini diilustrasikan oleh You Higuri.

Sedangkan adaptasi seri anime dari franchise ini berjudul Gakuen Heaven: Boy's Love Hyper telah ditayangkan dari 1 April hingga 24 Juni 2006. Anime ini disutradarai oleh Takahashi Natsuko dan Hiiro Yukina.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Beberapa siswa dalam Gakuen Heaven yang sedang bermain kartu. Dari kiri ke kanan: Hideaki Nakajima, Shunsuke Taki (bawah), Koji Shinomiya, Tetsuya Niwa, Kazuki Endo, Keita Itō, dan Yukihiko Naruse.

Tokoh dalam Gakuen Heaven awalnya dirancang oleh You Hirugi untuk permainan komputer. Namun dalam versi animenya, perancangan tokoh diserahkan kepada Nakayama Yumi.

Berikut ini adalah tokoh yang selalu ada dalam setiap media Gakuen Heaven. Beberapa tokoh lainnya, seperti Makoto Kida dan Yoshitaka Kawamoto hanya tampil di permainan video versi PlayStation 2.

Keita Itō
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi17 m (55 ft 9+12 in)
Golongan darahO
Keita Itō (伊藤 啓太, Itō Keita)
Pengisi suara: Fukuyama Jun
Dia adalah karakter utama dalam franchise ini yang berusia 14 tahun. Keita merupakan murid tahun pertama di Akademi BL.
Di tengah-tengah tahun perkuliahan, dia menerima surat pengakuan admisi dari Akademi Bell Liberty (surat platinum akademi BL), akademi khusus laki-laki yang cukup terkenal. Walaupun dia tampak sebagai remaja laki-laki tanpa ada keahlian istimewa, dia merupakan orang yang sangat hangat dan bersahabat. Keahlian satu-satunya yang dia pikir dia miliki adalah keberuntungan. Dia tampaknya sudah melupakan siapa Kazuki Endo sebenarnya. Saat dia masih kecil, dia terkena virus X7, virus yang sama dengan yang menginfeksi Hiroya Yoshizumi.
Kazuki Endo
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi178 m (584 ft 0 in)
Golongan darahAB
Kazuki Endo (遠藤 和希, Endō Kazuki)
Pengisi suara: Sakurai Takahiro
Murid tahun pertama di Akademi BL.
Dia adalah teman sekelas dari Keita dan teman pertama Keita di Akademi BL. Dia menjalani dua kehidupan yaitu sebagai siswa dan juga sebagai kepala akademi di Akademi BL. Permintaan terakhir dari kepala akademi yang telah meninggal sebelumnya, kakek dari Endo, adalah agar Endo meneruskan posisinya. Untuk menyembunyikan identitasnya, Endo selalu menggunakan boneka beruang biru yang bernama Kuma jika dia perlu berbicara dengan siswa lainnya sebagai kepala akademi.
Endo memiliki sikap yang lugu dan selalu ramah. Walaupun demikian dia tetap merupakan eksekutif yang sempurna. Endo juga merupakan bagian dari unit kegiatan kerajinan tangan di akademi ini. Dia sebenarnya adalah teman masa kecil Keita yang berjanji bahwa pada masa depan mereka dapat belajar di sekolah yang sama.
Kaoru Saionji
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi173 m (567 ft 7 in)
Golongan darahAB
Kaoru Saionji (西園寺 郁, Saionji Kaoru)
Pengisi suara: Kamiya Hiroshi
Murid tahun kedua di Akademi BL.
Dia adalah ketua dari departemen Akuntansi/Perbendaharaan dari akademi ini. Dengan kecantikannya yang sangat mencolok, dia memiliki pengaruh yang sama seperti Tetsuya Niwa. Karena ini lah, ia sering dipanggil sebagai "Ratu" oleh para siswa yang lainnya. Namun ia benci jika seseorang memperlakukan dia seperti wanita. Dia sangat mahir dalam hal intelektual namun sangat jelek dalam pendidikan jasmani. Dia juga merupakan teman akrab dari Omi sejak sekolah dasar, sampai-sampai ia rela meretas peladen Akademi BL ketika Omi tidak mendapatkan surat platinum, agar Omi bisa kuliah bersamanya. Dia juga dekat dengan sang kepala akademi dan sering menghubungi bila terjadi sesuatu yang tidak beres.
Tetsuya Niwa
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi187 m (613 ft 6 in)
Golongan darahB
Tetsuya Niwa (丹羽 哲也, Niwa Tetsuya)
Pengisi suara: Konishi Katsuyuki
Murid tahun ketiga di Akademi BL.
Sebagai presiden dari dewan siswa, dia mahir hampir dalam segala hal, dari akademik hingga olahraga serta ekstrakurikuler. Dia juga dikenal oleh para siswa lainnya sebagi "Raja". Dia sering mengabaikan tugasnya dan menundanya hingga menit-menit terakhir. Dia juga memiliki kecenderungan untuk menyapa Kaoru dengan "Kaoru-chan", yang menyebabkan dia tersakiti di saat-saat terakhir. Dia memiliki rasa jijik terhadap kucing.
Omi Shichijo
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi184 m (603 ft 8 in)
Golongan darahB
Omi Shichijo (七条 臣, Shichijō Omi)
Pengisi suara: Tsuboi Tomohiro
Murid tahun kedua di Akademi BL.
Teman dari Saionji sejak kecil, dia merupakan orang yang selalu tersenyum. Dia luar biasa berbakat dalam ilmu komputer dan bisa juga menjadi orang yang sangat berbahaya jika dia mau. Saat ini, dia membantu Saionki di departemen Akuntansi/Perbendaharaan. Nakajima merujuknya dengan sebutan "anjing itu" dan "anjing sang bendahara". Dia menyukai makanan-makanan yang manis seperti cokelat.
Hideaki Nakajima
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi182 m (597 ft 1+12 in)
Golongan darahA
Hideaki Nakajima (中嶋 英明, Nakajima Hideaki)
Pengisi suara: Morikawa Toshiyuki
Murid tahun ketiga di Akademi BL.
Dia adalah wakil presiden dari dewan siswa. Dia tampak cekatan dan keren dari kebanyakan siswa lainnya, dan biasanya ditemukan sedang mencoba meretas catatan perbendaharaan akademi, yang sering membuat Omi Shichijou kecewa. Walaupun tampak kasar dan bejat kepada yang lain, dia peduli akan Niwa.
Yukihiko Naruse
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi183 m (600 ft 4+12 in)
Golongan darahO
Yukihiko Naruse (成瀬 由紀彦, Naruse Yukihiko)
Pengisi suara: Miki Shinichiro
Murid tahun kedua di Akademi BL.
Dia adalah kapten dari unit kegiatan tenis di akademi ini. Dia suka pada Keita sejak pandangan pertama, dan memanggilnya dengan sebutan "'Honey'". Walau pun terkadang ia melupakannya, tetapi ia sangat bergairah terhadap Keita dan selalu mengajak Keita untuk pergi berkencan dengannya.
Koji Shinomiya
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi178 m (584 ft 0 in)
Golongan darahA
Koji Shinomiya (篠宮 紘司, Shinomiya Kōji)
Pengisi suara: Okiayu Ryotaro
Murid tahun ketiga di Akademi BL.
Dia adalah kapten dari unit kegiatan panahan di akademi ini. Dia sangat bertanggung jawab, dan merupakan sosok kakak yang baik. Dia menjabat sebagai Ketua Asrama. Dia memiliki adik lelaki yang mengalami gangguan jantung. Dia sangat akrab dengan Takuto Iwai.
Takuto Iwai
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi176 m (577 ft 5 in)
Golongan darahA
Takuto Iwai (岩井 卓人, Iwai Takuto)
Pengisi suara: Nojima Hirofumi
Murid tahun ketiga di Akademi BL.
Dia adalah presiden dari unit kegiatan kesenian dan merupakan seniman yang sangat terampil. Saat dia sedang murung dan berintrospeksi diri, dia berbicara dengan sangat lembut dan sangat rendah hati mengenai keahliannya dalam kesenian. Dia sangat akrab dengan Koji Shinomiya.
Shunsuke Taki
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi167 m (547 ft 11 in)
Golongan darahO
Shunsuke Taki (滝 俊介, Taki Shunsuke)
Pengisi suara: Suzumura Kenichi (anime)
Pengisi suara: Majima Junji (drama)
Murid tahun kedua di Akademi BL.
Dia adalah pesepeda andal yang menjadi juara tiga dalam Turnamen Nasional. Lebih imut dan lebih pendek dibandingkan orang lain seusianya, dia dikarakterkan dengan dialek Kansainya. Taki juga merupakan tenaga lepas untuk mengantarkan berkas pekerjaan bagi organisasi kemahasiswaan.
Satoshi Umino
Biodata
Jenis kelaminLaki-laki
Tinggi156 m (511 ft 9+12 in)
Golongan darahA
Satoshi Umino (海野 聡, Umino Satoshi)
Pengisi suara: Tomoko Kawakami (anime)
Pengisi suara: Amada Mahito (drama)
Guru Biologi sekaligus peneliti di Akademi BL.
Walaupun dia adalah tokoh yang paling tua, secara penampilan luar ia terlihat paling muda. Dia sangat mahir dalam penelitian namun hampir sulit baginya untuk mengurus dirinya sendiri karena ia sering melupakan berbagai hal. Dia juga sangat kuat akibat secara terus menerus dia membawa kucing yang kegemukan bernama Tonosama bersamanya ke mana pun dia pergi.
Kakeru Ozawa (小澤 翔, Ozawa Kakeru) dan Wataru Ozawa (小澤 渉, Ozawa Wataru)
Secara berurutan, Pengisi suara: Takeuchi Ken dan Pengisi suara: Mizushima Takahiro
Murid tahun pertama di Akademi BL.
Kembar yang sering mengganggu Keita. Mereka tidak pernah terlihat terpisah dan mereka sering menyelinap. Mereka selalu terlibat masalah. Mereka dijuluki sebagai "Raja tenis ganda putra" dan juga "dua pemain yang mengerikan". Kedua tokoh ini bersifat tsundere. Dalam anime, kembar ini tampak menjadi lebih suka kepada Keita, tetapi tidak mau mengakuinya hingga episode terakhir ketika mereka mengatakan bahwa mereka mungkin menjadi teman dari Keita.
Jin Matsuoka (松岡 迅, Matsuoka Jin)
Pengisi suara: Narita Ken
Alumni dari Akademi BL.
Perawat dari Bell Liberty, dia adalah mentor dan mantan tutor dari Kazuki. Terungkap pada episode-episode akhir bahwa dia kuliah di Bell Liberty juga bersama temannya, Hiroya Yoshizumi, yang amat akrab dengannya. Dia memiliki rahasia gelap dan akan melakukan segala cara untuk memenuhi niatnya untuk menculik Keita yang terinfeksi virus yang sama dengan temannya, Hiroya Yoshizumi.
Hiroya Yoshizumi (吉住 比呂哉, Yoshizumi Hiroya)
Pengisi suara: Kirii Daisuke
Alumni dari Akademi BL.
Teman masa kecil dari Matsuoka, mereka kuliah di Bell Liberty bersama-sama. Dia bukan merupakan karakter utama. Dia bekerja dalam bidang medika sama seperti Matsuoka setelah lulus, tetapi dia terinfeksi "virus X7" dan saat ini terus berada di rumah sakit dalam keadaan koma.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Versi Platform Penerbit Tanggal Peringkat Layar Suara Galeri CG Koleksi musik Mode ulang Lewati cerita Gulung otomatis
PC Windows 95/98/2000/Me/XP,
Mac OS 8/9
SPRAY 2 Agustus 2002 EOCS: 18+ 640 x 480 16bit Tidak ada Ada Ada Ada Ada Tidak ada
PS2 PlayStation 2 NEC Interchannel 27 November 2003 CERO: 18
(diubah menjadi D pada tahun 2006)
640 x 480 16bit Seluruhnya Ada Ada Ada Ada Ada
PS2
Type B
PlayStation 2 NEC Interchannel 22 Juli 2004 CERO: 15 640 x 480 16bit Seluruhnya Ada Ada Ada Ada Ada
PS2
Okawari
PlayStation 2 Interchannel 24 Februari 2005 CERO: 15 640 x 480 16bit Seluruhnya Ada Ada Ada Ada Ada
PSP PlayStation Portable Prototype 26 November 2009 CERO: C 480 x 272 24bit
PSP
Okawari
PlayStation Portable Prototype 10 Februari 2011 CERO: C 480 x 272 24bit

Boy's Love Scramble[sunting | sunting sumber]

Dalam permainan aslinya, pemain Keita Itō tiba-tiba menerima surat penerimaan dari Akademi Bell Liberty yang terkenal (juga dikenal sebagai BL Gakuen). Tertarik oleh gengsi akademi tersebut, dia memutuskan untuk berkuliah di sana. Namun, saat ia sedang berpindah ke akademi ini, jembatan yang menghubungkan sekolahnya yang lama dengan akademi ini, yang terletak di sebuah pulau buatan yang terpencil, tiba-tiba terangkat sehingga bus tersebut terjatuh. Untungnya, tidak ada yang terluka, tetapi peristiwa ini menarik perhatian presiden dari dewan siswa Niwa Tetsuya serta ketua departemen akuntansi Saiyonji Kaoru. Setelah menjelaskan secara singkat penyebab kecelakaan tersebut, mereka memandu Keita ke ruang kelasnya di mana dia bertemu dengan teman sekelasnya Endou Kazuki, yang berteman dengan baik dengan Keita dan mengajak Keita berkeliling kampus. Di halaman akademi, Keita bertemu siswa penting lainnya dalam permainan: Naruse Yukihiko, kapten unit kegiatan tenis; Shinomiya Kouji, kapten unit kegiatan panahan; Iwai Takuto, kapten unit kegiatan kesenian; Taki Shunsuke, pesepeda yang andal; Nakajima Hideaki, wakil presiden dewan siswa; Shichijou Omi, pemrogram yang andal; serta guru tampak seperti anak-anak Umino Satoshi. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memecahkan misteri sekitar pemindahan mendadak Keita ke BL Academy.

Okawari[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya permainan ini lebih pantas disebut sebagai permainan penggemar dibandingkan sebagai sekuel karena alur ceritanya yang sangat pendek. Latar yang diambil adalah tiga bulan setelah kejadian di permainan yang pertama. Kali ini, Keita mengenakan sebuah cincin yang terkutuk sehingga keahlian utamanya – keberuntungan – menjadi hilang. Tokoh-tokoh dalam permainan ini masih sama dengan permainan komputer sebelumnya, tetapi kali ini tujuannya adalah untuk mencari cara agar Keita terbebas dari kutukan cincin tersebut.

Anime[sunting | sunting sumber]

Alur[sunting | sunting sumber]

Keita Itō menerima surat pengakuan admisi dari Akademi Bell Liberity, sebuah sekolah tinggi khusus lelaki yang bergengsi yang hanya menerima siswa yang paling berprestasi. Walaupun dia meragukan keahliannya untuk dapat bergabung dalam akademi semacam itu karena dia adalah siswa pindahan yang datang di tengah-tengah tahun perkuliahan serta dia tidak memiliki keahlian khusus yang dapat dia ungkapkan, dia menerima surat admisi tersebut. Keita dijemput oleh Niwa, presiden dari dewan siswa, dan sejak itu, dia disambut dengan hangat oleh semua orang di Akademi BL.

Teman sesungguhnya dari Keita yang pertama adalah Kazuki Endo, yang langsung menjaga dan merawat Keita dengan tangannya sendiri, hingga Keita sambil tertawa menganggap dia seperti neneknya. Mereka berdua menjadi pasangan yang kuat. Namun pada saat Kazuki tidak ada pun, Keita tidak mengalami kesulitan menemukan rekan sesama siswa yang lainnya.

Sesekali Keita mengalami kilas balik ke masa kecilnya, di mana dia sedang bermain dengan anak lelaki yang sedikit lebih tua darinya yang dia panggil sebagai "Kazu-nii." Dia tidak ingat banyak mengenai hal ini, kecuali kenyataan bahwa dia dan "Kazu-nii" sangat dekat pada satu hal. Namun karena ingatan ini tampak tidak berkaitan dengan kehidupan Keita yang sekarang, sehingga dia mengabaikan ingatan ini.

Sementara itu, Kazuki terlibat dalam perebutan kekuasaan dengan wakil ketua perusahaan. Wakil ketua ini dengan jelas terlihat kesal karena ketua akademi yang sebelumnya memutuskan untuk memberikan jabatannya ke Kazuki. Dia juga memandang Kazuki sebagai pemuda yang lalim dan tidak kompeten dalam mengoperasikan Akademi BL, apalagi Perusahaan Suzubishi, grup bisnis yang memiliki Akademi BL dan beberapa perusahaan bidang penelitian dan pengembangan ilmiah lainnya. Pada kenyataannya, Kazuki memang telah banyak kali menolak proposal dari wakil ketua dan tampak menyalahgunakan kekuasaannya dengan menerima siswa yang tidak memiliki keahlian khusus, dalam hal ini Itō Keita, ke dalam Akademi BL. Tanpa disadari, Keita menjadi terlibat dalam perebutan kekuasaan yang berpotensi buruk antara sang ketua dengan wakil ketua. Kazuki mempertaruhkan jabatannya pada hasil dari "Pertempuran MVP" tahunan sekolah, di mana jika dia dan Keita tidak dapat memenangkan kompetisi itu, ia akan mengundurkan diri dari jabatannya yang sekarang.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Terjemahan judul
Judul asli
Sutradara Penulis Tanggal tayang
1"Siswa Pindahan di Tengah-Tengah Tahun Perkuliahan"
"Kisetsu hazure no tenkōsei" (季節はずれの転校生)
Shin HoshinoYūichi Nihei1 April 2006
2"Surga yang Kita Raih"
"Tadori tsuita hevun" (たどりついたヘヴン)
Yukina HiiroYukina Hiiro8 April 2006
3"Surat yang Berdedar, Perasaan yang Penuh Keraguan"
"Meguru tegami, yureru omoi" (巡る手紙、揺れる想い)
Kōsuke KobayashiYūsaku Sootome15 April 2006
4"Uap! Pesta Penerimaan yang Meriah"
"Yukemuri! Haran no kangei-kai" (湯煙!波乱の歓迎会)
Asumi MasekiryōYūichirō Miyake22 April 2006
5"Pintu Surga"
"Hevunzu doa" (ヘヴンズ・ドア)
Kenichi MatsuzawaKenichi Matsuzawa29 April 2006
6"Hari-Hari untuk Berkencan"
"Dēto biyori" (デート日和)
Shin HoshinoKazuo Miyake6 Mei 2006
7"Penyebab Kegelisahan"
"Fuan no arika" (不安の在処)
Asumi MasekiryōKiyoshi Egami13 Mei 2006
8"Malam Sebelum Pertempuran MVP"
"MVP senzen yoru" (MVP戦前夜)
Kōsuke KobayashiYūichi Nihei20 Mei 2006
9"Bunga Baja"
"Hagane no hana" (鋼の花)
Kōsuke KobayashiIchizō Kobayashi27 Mei 2006
10"Kunci Kenangan"
"Kioku no kagi" (記憶の鍵)
Shin HoshinoYūichirō Miyake3 Juni 2006
11"Kenyataan pun Terungkap"
"Akasareta shinjitsu" (明かされた真実)
Yukina HiiroIchizō Kobayashi10 Juni 2006
12"Bunga yang Tidak Akan Menekuk Menjauhi Angin"
"Kaze ni orenai hana" (風に折れない花)
Kōsuke KobayashiKiyoshi Egami17 Juni 2006
13"Janji"
"Yakusoku" (約束)
Asumi MasekiryōKazuo Miyake24 Juni 2006

Staf[sunting | sunting sumber]

  • Perancang karakter permainan: You Higuri
  • Sutradara: Hiiro Yukina
  • Naskah: Takahashi Natsuko, Yukina Hiiro, dkk.
  • Perancang karakter anime: Nakayama Yumi
  • Produser musik: Dusk Production
  • Komposer musik: Nishioka Kazuya
  • Diproduksi oleh: BL Academy Supporting Committee

Lagu[sunting | sunting sumber]

  • Lagu tema pembuka: "School Boys" oleh YAMOTO
  • Lagu tema penutup: "Panorama" oleh Fujioka Masaaki

CD Drama[sunting | sunting sumber]

Sejauh ini ada 5 CD drama yang telah dirilis. Selain CD drama yang pertama, seluruh pengisi suara utama untuk semua produk dalam franchise ini selalu sama didasarkan pada pengisi suara di permainan PlayStation2.

Drama penuh
  • Gakuen Heaven 1: Mirai wa Kimi no Mono (ドラマCD 学園ヘヴン〜未来は君のもの〜)
  • Gakuen Heaven 2: Muteki no Sannensei (ドラマCD 学園ヘヴン2~無敵の3年生〜)
  • Gakuen Heaven 2: Tsuyoki na Ninensei (ドラマCD 学園ヘヴン2〜強気な2年生〜)
  • Gakuen Heaven 2: Welcome to Heaven (ドラマCD 学園ヘヴン2〜Welcome to HEAVEN!〜)
  • Gakuen Heaven 3: Happy Paradise (ドラマCD 学園ヘヴン3〜Happy☆パラダイス〜)
Mini drama
  • Gakuen Heaven: Bitter Chocolate (学園ヘヴン マキシシングル〜BITTER CHOCOLATE〜)
  • Gakuen Heaven: Sweet Candy (学園ヘヴン マキシシングル〜SWEET CANDY〜)
CD lainnya
  • Gakuen Heaven Vocal Album ~Song! MVP~ (学園ヘヴンヴォーカルアルバム〜SONG! MVP〜)
  • DJBL BL Gakuen Hosobo "Bell Radio" (DJCD BL学園放送部『ベル☆ラジ』)

Manga[sunting | sunting sumber]

Seri manga digambar dan diadaptasi oleh You Higuri. Setiap volume adalah cerita dunia-alternatif yang menceritakan hubungan Keita dengan salah satu orang yang menarik secara romantis yang mungkin. Seri ini dilisensi dalam bahasa Inggris oleh penerbit yaoi dari Tokyopop, BLU. Karena adanya penutupan operasi penerbitan Tokyopop di Amerika Utara pada tahun 2011, hanya tiga volume pertama yang sudah diterbitkan.

No.JudulRilis versi Bahasa Jepang Rilis versi bahasa Bahasa Inggris
1Gakuen Heaven [1]
Gakuen Heaven (学園ヘヴン)
Maret 2004
ISBN 4-8352-1565-6
Oktober 2006
ISBN 1-59816-708-1
Keita berpasangan dengan Niwa
2Gakuen Heaven-Nakajima [1]
Gakuen Heaven Nakajima Chapter (学園ヘヴン 中嶋編)
Juli 2006
ISBN 4-86263-010-3
Juni 2009
ISBN 1-4278-1088-5
Keita berpasangan dengan Nakajima
3Gakuen Heaven-Endo-Calling You [1]
Gakuen Heaven Endo Chapter ~Calling You~ (学園ヘヴン 遠藤編 ~Calling You~)
Juli 2007
ISBN 4-86263-219-X
Agustus 2010
ISBN 1-4278-1895-9
Keita berpasangan dengan Endo
4Gakuen Heaven Shichijo Sweet Sweet Darling [1]
Gakuen Heaven Shichijo Chapter 〜SWEET SWEET DARLING!〜 (学園ヘヴン 七条編〜SWEET SWEET DARLING!〜)
Juli 2009
 
ISBN 4-86263-628-4
Agustus 2011 (dijadwalkan,
namun batal terbit)
ISBN 1-4278-1896-7
Keita berpasangan dengan Niwa
5 
Gakuen Heaven Revolution Dai-ichi Kan (学園ヘヴン レボリューション 第1巻 [1])
Juli 2011
ISBN 4-25315-310-0
-
Sekuel bagian pertama
6 
Gakuen Heaven Revolution Dai-ni Kan (学園ヘヴン レボリューション 第2巻 [1])
Desember 2011
ISBN 4-25315-311-9
-
Sekuel bagian kedua

Radio Internet[sunting | sunting sumber]

Sejak Maret 2006, telah ada pertunjukan radio Internet di situs Marine Entertainment untuk mempromosikan anime ini. Dibawakan oleh pengisi suara Keita Itō, Fukuyama Jun, dan setiap 12 hari, ada tamu dari pengisi suara yang lainnya.

Aksi panggung[sunting | sunting sumber]

Teater musikal berjudul Gakuen Heaven Musical ~Bell Liberty Prince~ (「学園ヘヴン」ミュージカル 〜ベルリバティ★プリンス〜) pernah digelar pada 25-30 Juli 2008 di Buddhist Hall Chūō, Tokyo, Jepang.[2] Aksi panggung ini menampilkan pengisi suara asli dari versi permainan videonya.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Melissa Harper dari Anime News Network menjabarkan manga Gakuen Heaven sebagai sekadar turunan (adaptasi), tetapi cukup dapat dinikmati dengan adegan seks yang romantis.[3] A. E. Sparrow, pengulas dari IGN menemukan bahwa manga ini mengejutkan cukup baik dan dapat dinikmati, meskipun asalnya adalah dari permainan simulasi berpacaran.[4] Sandra Scholes, menulis dalam Active Anime bahwa seni dari manga ini sangatlah indah.[5] Nadia Oxford, menulis untuk Mania Entertainment, merasakan manga ini tidak lebih unggul dibandingkan manga yaoi lainnya, perbedaannya hanya manga ini berasal dari permainan video.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Profil tokoh
  1. "GakuenHeaven.net || Your Gakuen Heaven Fansite!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-23. Diakses tanggal 17 Juni 2012. 
  2. "AnimeNfo.Com : Gakuen Heaven". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 17 Juni 2012. 
  3. "Character Profiles". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-06. Diakses tanggal 17 Juni 2012. 
Umum
  1. ^ a b c d e f "Spray | 関連商品(書籍)". 27 April 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-07. Diakses tanggal 17 Juni 2012. 
  2. ^ "「学園ヘヴン」ミュージカル ~ベルリバティ★プリンス~ 公式WEB || 公演概要". 30 Juli 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-14. Diakses tanggal 18 Juni 2012. 
  3. ^ Harper, Melissa (18 Januari 2007). "Gakuen Heaven". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-07. Diakses tanggal March 22, 2011.  Kueri Wayback Bibalex Wayback WebCite Wikiwix.
  4. ^ Sparrow, A. E. (7 November 2006). "Gakuen Heaven Review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-18. Diakses tanggal March 22, 2011.  Kueri Wayback Bibalex Wayback WebCite Wikiwix.
  5. ^ Scholes, Sandra (14 Desember 2007). "Gakuen Heaven Vol. 1". Active Anime. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-21. Diakses tanggal March 22, 2011.  Kueri Wayback Bibalex Wayback WebCite Wikiwix.>
  6. ^ Oxford, Nadia (11 Februari 2007). "Gakuen Heaven". Mania. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-05. Diakses tanggal March 22, 2011.  Kueri Wayback Bibalex Wayback WebCite Wikiwix.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • de Bats, Hadrien (2008). Brient, Hervé, ed. Homosexualité et manga : le yaoi. Manga: 10000 images (dalam bahasa Bahasa Prancis). Editions H. hlm. 110–111. ISBN 978-2-9531781-0-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]