Gajahan eskimo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gajahan eskimo
Numenius borealis Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Terancam kritis
IUCN22693170 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusNumenius
SpesiesNumenius borealis Edit nilai pada Wikidata
Forster, 1772
Distribusi

Gajahan Eskimo ( Numenius borealis ), juga dikenal sebagai gajahan utara, adalah spesies gajahan dalam keluarga Scolopacidae . Ia adalah salah satu burung pantai yang paling banyak jumlahnya di tundra Artik barat Kanada dan Alaska . Ribuan burung kemudian dibunuh setiap tahun pada akhir tahun 1800-an. Karena belum ada penampakan yang dapat dipercaya sejak tahun 1987 atau penampakan yang dikonfirmasi sejak tahun 1963, burung Gajahan Eskimo dianggap Sangat Terancam Punah atau mungkin punah .[2] Burung itu berukuran sekitar 30 cm (12 in) panjang dan kebanyakan memakan serangga dan buah beri.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Spesimen di Perpustakaan Universitas Laval

Gajahan Eskimo adalah Gajahan kecil, berukuran sekitar 30 buah panjangnya sentimeter, [3] beratnya sekitar 360 g, dan memiliki lebar sayap 70 cm.[4] Gajahan eskimo dewasa mempunyai kaki panjang berwarna keabu-abuan gelap dan paruh panjang melengkung sedikit ke bawah. Bagian atas berwarna coklat berbintik-bintik dan bagian bawah berwarna coklat muda. Mereka memiliki rona sayap berwarna coklat kayu manis saat terbang. Penampilannya mirip dengan Gajahan hudsonian, subspesies Amerika dari Gajahan pengala, tetapi ukurannya lebih kecil.

Di lapangan, satu-satunya cara pasti untuk membedakan gajahan Eskimo adalah dengan mengonfirmasi bagian bawahnya yang tidak terhalangi dalam susunan bulu terbanh . Mereka mengeluarkan suara yang dalam penelitiannya sendiri kurang dipahami, tetapi mencakup suara siulan yang jelas. [5]

Gajahan eskimo membentuk pasangan spesies dengan gajahan kecil Asia ( Numenius minutus), tetapi ukurannya sedikit lebih besar, bersayap lebih panjang, berkaki lebih pendek, dan warna bulunya lebih hangat dibandingkan kerabatnya di Asia.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Gajahan Eskimo adalah burung Dunia Baru . Anggota spesies ini berkembang biak di tundra Arktik bagian barat Kanada dan Alaska.

Gajahan Eskimo bermigrasi ke Pampas Argentina pada akhir musim panas dan kembali pada bulan Februari. [6] Mereka dulunya merupakan gelandangan yang sangat langka di Eropa Barat, namun belum ada catatan terkini. Di Inggris, terdapat empat catatan, semuanya berasal dari abad kesembilan belas.

Perbandingan tanggal dan pola migrasi telah menyebabkan beberapa orang menduga bahwa burung curlew Eskimo dan cerek emas Amerika adalah burung pantai yang menarik perhatian Christopher Columbus ke daratan terdekat setelah 65 hari di laut dan tidak terlihat di daratan pada pelayaran pertamanya. Pada tahun 1800 - an, jutaan burung gajahan Eskimo mengikuti rute migrasi dari Yukon dan Wilayah Barat Laut saat ini, terbang ke timur sepanjang pantai utara Kanada, lalu ke selatan melintasi Samudra Atlantik ke Amerika Selatan pada musim dingin. Saat kembali ke Amerika Utara, mereka akan terbang ke utara melalui Great Plains . [7]

Ekologi dan perilaku[sunting | sunting sumber]

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Gajahan Eskimo mengambil makanan dengan melihatnya, serta makan dengan cara menyelidik. Mereka kebanyakan makan buah beri saat melakukan migrasi musim gugur di Kanada. Selama sisa migrasi dan di tempat berkembang biak, mereka memakan serangga. Siput dan invertebrata lainnya (termasuk belalang Rocky Mountain yang telah punah) [8] juga merupakan bagian dari makanan mereka selama migrasi.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Bersarang mungkin terjadi pada bulan Juni. Sarang berada di area terbuka di permukaan tanah dan sulit ditemukan. Itu terbuat dari gumpalan rumput atau daun kering. Telurnya berwarna hijau dengan bercak coklat. [9]

Perilaku inkubasi spesifik spesies ini tidak diketahui. [9] Tidak diketahui secara pasti jenis kelamin yang mana jika tidak keduanya diinkubasi, maupun jangka waktu spesifiknya. Burung-burung ini tampaknya tidak menyerang penyusup yang mendekati sarang mereka, sehingga memberikan alasan untuk percaya bahwa sarang mereka berjauhan satu sama lain. [10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2021). "Numenius borealis". 2021: e.T22693170A178901365. doi:10.2305/IUCN.UK.2021-3.RLTS.T22693170A178901365.en. 
  2. ^ "Numenius borealis. NatureServe Explorer 2.0". 
  3. ^ Ellis, Richard (2004). No Turning Back: The Life and Death of Animal SpeciesPerlu mendaftar (gratis). New York: Harper Perennial. hlm. 178. ISBN 0-06-055804-0. 
  4. ^ "BTO BirdFacts | Eskimo Curlew". app.bto.org (dalam bahasa Inggris). 16 July 2010. Diakses tanggal 2020-09-30. 
  5. ^ Gollop, J.B., ed. (1986). Eskimo Curlew: A Vanishing Species?. Nature Saskatchewan Saskatchewan Natural History Society. 
  6. ^ Ellis, Richard (2004). No Turning Back: The Life and Death of Animal SpeciesPerlu mendaftar (gratis). New York: Harper Perennial. hlm. 178. ISBN 0-06-055804-0. 
  7. ^ Kaufman, Kenn (1996). Lives of North American Birds. Houghton Mifflin Company. ISBN 0-395-77017-3. 
  8. ^ Gill, R. E.; Canevari, P.; Iversen, E. H. 1998.
  9. ^ a b Terres, John K. (1980). The Audubon Society Encyclopedia of North American Birds. Knopf. hlm. 776. ISBN 0-394-46651-9.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "Terres p776" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  10. ^ Gollop, J.B.; Barry, T.W.; Iverson, E.H. (1986). "Life History – Briefly Stated". Eskimo Curlew A Vanishing Species?. Nature Saskatchewan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-07-19. Diakses tanggal 2008-01-12.