Gaius Lutatius Catulus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kuil untuk Juturna, dibangun oleh Catulus untuk merayakan kemenangannya dalam Pertempuran Kepulauan Aegates di Largo di Torre Argentina, Roma.

Gaius Lutatius Catulus (Latin: C·LVTATIVS·C·F·CATVLVS) adalah seorang negarawan Romawi yang diangkat sebagai konsul Romawi pada tahun 242 SM. Ia dikenal akan kiprahnya sebagai komandan angkatan laut saat meletusnya Perang Punik I melawan Kartago.[1] Ia memimpin armada Romawi dalam Pertempuran Kepulauan Aegates pada 10 Maret 241 SM dan berhasil menghancurkan armada Kartago. Senat Kartago menolak mendanai armada baru, sehingga Kartago kemudian berdamai dengan Romawi dan menandatangani Perjanjian Lutatius yang mengakhiri Perang Punik I. Untuk menghargai keberhasilannya dalam Pertempuran Kepulauan Aegates, sebuah pawai kemenangan diselenggarakan untuk Catulus. Selain itu, untuk merayakan kemenangannya ini, Catulus membangun sebuah kuil untuk Dewi Juturna di Campus Martius (di kawasan yang kini dikenal dengan nama Largo di Torre Argentina) di Kota Roma.

Catulus terlahir dari keluarga golongan Plebs yang disebut Lutatius. Nama "Catulus" berarti "anak anjing". Tidak ada catatan sejarah yang menerangkan kehidupannya sebelum menjadi konsul.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wikisource-logo.svg Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Catulus". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. 


Jabatan politik
Didahului oleh:
Gaius Fundanius Fundulus dan
Gaius Sulpicius Gallus
Konsul Republik Romawi
dengan Aulus Postumius Albinus
242 SM
Diteruskan oleh:
Aulus Manlius Torquatus Atticus dan
Quintus Lutatius Catulus Cerco