Gada gada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gada-gada (juga disebut kantong angin atau kerucut angin) adalah tabung tekstil berbentuk kerucut yang menyerupai kaus kaki raksasa. Ini dapat digunakan sebagai tolok ukur kecepatan dan arah angin, atau sebagai hiasan. Gada-gada biasanya digunakan di bandara untuk menunjukkan arah dan kekuatan angin kepada pilot, dan di pabrik kimia di mana terdapat risiko kebocoran gas. Mereka juga terkadang terletak di sepanjang jalan raya di lokasi berangin.

Gada-gada
Gada-gada di Jerman
KlasifikasiInstrumen meteorologi
Alat terkaitAnemometer, weather vane , anemoscope

Di banyak bandara, gada-gada digunakan secara eksternal atau internal pada malam hari.[1]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Arah angin adalah arah yang ditunjuk oleh gada-gada. (Arah angin secara konvensional ditentukan sebagai titik kompas dari mana angin berasal, jadi gada-gada yang mengarah ke utara menunjukkan angin selatan.) Kecepatan angin ditunjukkan oleh sudut gada-gada relatif terhadap tiang pemasangan — dalam angin rendah ia terkulai; dalam angin kencang ia terbang secara horizontal.

Garis selang-seling oranye dan putih dengan visibilitas tinggi pada awalnya digunakan untuk membantu memperkirakan kecepatan angin, dengan setiap garis menambahkan 3 knot (5,6 km/j; 3,5 mph) ke perkiraan kecepatan. Namun, beberapa dudukan bingkai melingkar menyebabkan gada-gada ditahan terbuka di salah satu ujungnya, menunjukkan kecepatan 3 knot bahkan saat strip tidak ada. Gada-gada yang diperpanjang sepenuhnya menunjukkan kecepatan angin 15 knot (28 km/j; 17 mph) atau lebih.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ACP 125(F), FAA Advisory Circular 150/5345-27D (PDF 447KB) (PDF), Federal Aviation Administration, 2 June 2004, diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2017-05-14, diakses tanggal 2017-01-07 
  2. ^ "Windsocks facts". Piggotts Flags And Branding. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-01. Diakses tanggal 2017-02-28.