G1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Terobosan Ponsel G1 dari Google yang Berbasis Android[sunting | sunting sumber]

Definisi[sunting | sunting sumber]

G1 merupakan terobosan yang luar biasa perusahaan telekomunikasi ‘’T-Mobile’’ bersama dengan ‘’Google’’ yang merupakan mesin pencari terbesar didunia, dan terus bersaing dengan ‘’Yahoo Inc’’ dengan ‘’Microsoft Corp.’’ . Ponsel yang dinamakan G1 ini diproduksi oleh ‘’HTC Corp’’. Ponsel ini diluncurkan di ‘’Amerika’’. Dan sejauh ini belum masuk ke ‘’Indonesia’’. Hal ini dikarenakan di Indonesia masih belum bisa menggunakan akses ‘’GPS’’ (StreetView). Terobosan baru yang dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi terbesar asal Jerman bekerja sama dengan ‘’Google’’ untuk membuat ponsel cerdas yang bisa menandingingi keperkasaan ‘’iPhone’’, dari ‘’Apple’’. Pesat nya teknologi saat ini sangat dibutuhkan mengakses internet secara ‘’mobile’’. Seperti yang kita ketahui sudah mulai banyak muncul ponsel yang dapat mempermudahkan kita dalam mengakses internet, ‘’email’’, informasi apa pun secara ‘’mobile’’. Tampilan

Dari segi bentuk sedikit menyerupai iPhone, dengan layar sentuh, ‘’keyboard qwerty’’, ‘’Wi-Fi’’ dan ‘’system operasi’’ dari Google yang disebut ‘’Android’’. Karena ponsel ini bekerja sama dengan Google keunggulan fitur lainnya didukung ole Google diantaranya ‘’Google Maps’’, ‘’Gmail’’,’’You Tube’’,’’Calendar’’ dan ‘’Gtalk’’. Seperti iPhone ponsel ini dibuat untuk mempermudahkan kita dalam mengakses internet secara ‘’mobile’’, sehingga kita bisa mengakses ‘’Web’’ dengan mudah. Dengan adanya Android akan menguntungkan perusahaan, jika semua para pengguna ponsel menggunakan sistem operasi ini. G1 merupakan ponsel Google pertama yang diperkenalkan oleh ‘’T-Mobile Amerika’’. Keunggulan lain yang ditawarkan dari ponsel ini adalah kemampuannya dalam mengakses langsung email dan pemetaan atau ‘’GPS’’ milik Google. Walaupun G1 memiliki tampilan menyerupai iPhone namun dari segi fungsi G1 tidak perlu diragukan lagi, karena ada berbagai fitur lain yang ditawarkan seperti ‘’browser’’ berbasis ‘’Webkit’’, ‘’grafik 3D’’,’’3G’’,’’accelerometer’’ dan ‘’kompas digital’’.

Android[sunting | sunting sumber]

Android merupakan suatu system keluaran Google diharapkan menjadi system operasi yang dapat diaplikasikan dalam ponsel masa depan. Ponsel pintar yang berbasis Android pertama G1 yang diluncurkan Google. Awal mulanya Android adalah perusahaan milik Rubin dan kemudian pihak Google membelinya. Software Android akhirnya dikembangkan menjadi berbasis Google. Untuk mengembangkan software ini di dalamponsel, Google bekerjasama dengan produsen dari ‘’Samsung’’, ‘’HTC’’,’’Motorola’’ dan ‘’LG’’. Keberadaan Android juga menghadirkan Android Market yang menjadi pusat distribusi aplikasi seperti yang dimunculkan Apple yaitu Apple Store untuk iPhone. Namun Android market menerima aplikasi apapun tanpa terkecuali, berbeda dengan iPhone yang tidak menerima berbagai program karena bersaing dengan aplikasi buatanya sendiri.

Spesifikasi G1[sunting | sunting sumber]

  1. Processor: Qualcom MSM7201A, 52B MH z, Size 117.7 mm x 55.7mm x 17.1mm (4.60 in x 2.16 in x 0.62 in)
  2. Camera 3.2 megapixel color camera dengan fixed focus
  3. Berat: 158 grams (5.57 ons), Display: 3,2-inch TFT-LCD flat Touch-sensitive screen with 320 x 4900 (HVGA) resolution
  4. Battery: Rechargeable Lithium-ion Battery, 1150 mAhYT
  5. Talk Time : 460 menit, Standby Time: 319 jam
  6. Memory: microSD memory card, 1GB included, Special features: Digital Compass, Motion Sensor

G1 akan dijual di Amerika pada tanggal 22 Oktober seharga US$ 179 atau Rp. 2 juta. Untuk Inggris dan Negara Eropa lainnya diperkirakan November akan diluncurkan oleh T-Mobile Inggris, seperti di Jerman, Belanda, dan Republik Ceko kuartal pertama 2009. Google android memudahkan para developer untuk membuat aplikasinya dan bisa mengakses langsung core dari system operasi itu dikarenakan teknologi baru dari google ini merupakan open source yang beroperasi dengan linux kernel.

Fitur[sunting | sunting sumber]

  1. Application framework memungkinkan untuk digunakan kembali
  2. Dalvik virtual machine dioptimalkan untuk telepon genggam
  3. Integrated browser berdasarkan open source WebKit engine
  4. Optimized graphics 2D grafis dan 3D grafis dengan OpenGL ES 1.0
  5. SQLite untuk database yang teratur
  6. Media support untuk jenis-jenis file video dan musik yang umum(MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
  7. GSM’’
  8. Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi
  9. Kamera, GPS, Kompas dan accelerometer

Pranalar Luar[sunting | sunting sumber]