Günther Beckstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Günther Beckstein

Günther Beckstein (lahir di Hersbruck, Franken, Jerman, 23 November 1943; umur 76 tahun) adalah politisi Jerman dari partai CSU dan sejak 9 Oktober 2007 menjabat sebagai Ministerpräsident negara bagian Bayern.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Setelah mendapatkan Abitur dari Gymnasium di Nürnberg pada tahun 1962, ia melanjutkan kuliah hukum di Erlangen dan Munich, dan memperoleh Ph.D. pada Universitas Erlangen-Nürnberg tahun 1975. Antara 1971 hingga 1978 ia berprofesi sebagai pengacara.

Beckstein menikah dengan Margaretha dan dikaruniai tiga anak. Dia menganut Kristen Protestan, denominasi minoritas, dan menjadi orang Protestan pertama yang memimpin Bayern.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1974 ia menjadi anggota Landtag (Parlemen negara bagian) Bayern, lalu menjabat sebagai Sekretaris negara bagian Kementerian Urusan Dalam di Bayern sejak 1988. Kemudian pada tahun 1993 dia menjadi Menteri Urusan Dalam. Mulai 2001 menjabat sebagai wakil Ministerpräsident Bayern. Pada bulan Juni 2007 ia terpilih dalam kongres partai CSU sebagai kandidat pengganti Edmund Stoiber, dan terpilih pada bulan Oktober tahun yang sama sebagai Ministerpräsident. Ia merupakan salah satu pemimpin Bayern yang terpilih "agak terlambat", mengingat usianya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]