Gérard Leman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gerard Mathieu Joseph Georges Leman
Lahir(1851-01-08)8 Januari 1851
Liège, Belgia
Meninggal17 Oktober 1920(1920-10-17) (umur 69)
Liège, Belgia
KebangsaanBelgia
Dikenal atasMengatur pertahanan Liège selama Perang Dunia I

Gerard Mathieu Joseph Georges, count Leman (8 Januari 1851 – 17 Oktober 1920) adalah seorang jenderal berkebangsaan Belgia. Dia bertanggung jawab atas pendidikan militer Raja Albert I dari Belgia. Selama Perang Dunia I dia adalah komandan benteng yang mengelilingi kota Liège, Belgia. Pasukan Jerman harus menggunakan artileri berat untuk menerobos pertahanan dan menangkap Leman sebagai tahanan Perang. Dia dibebaskan pada akhir perang dan meninggal sebagai pahlawan, pada tahun 1920.

Pra-Perang Dunia I[sunting | sunting sumber]

Leman adalah putra seorang kapten artileri yang merupakan profesor di Sekolah Militer. Dia memasuki Sekolah Militer di Brussel, dan ketika dia meninggalkannya pada tahun 1869, dia mendapatkan reputasi yang cemerlang. Selama Perang Prancis-Jerman, ia bertugas di korps observasi Belgia. Pada tahun 1882, ia menjadi anggota staf pengajar Sekolah Militer, dan kemudian dan kemudian, sebagai kepala sekolah, ia memberikan pengaruh yang cukup besar pada masalah militer, menjadi terkenal sebagai ahli matematika.[1] Selama periode ini ia bertanggung jawab atas pendidikan militer Raja Albert I dari Belgia dan jenderal Filipina Antonio Luna.

Mempersiapkan Gabus[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 1914, ia diangkat menjadi komandan benteng di sekitar kota Belgia Liège serta divisi ke-3 tentara Belgia.[1] Leman bertekad untuk menghalangi kemajuan Jerman sebanyak mungkin. Lebih dari 18.000 pekerja ditugaskan untuk membangun benteng di sekitar Liège. Selama kunjungan seorang menteri Belgia, Leman diberitahu bahwa proyek-proyek ini akan membahayakan netralitas Belgia. Leman tidak terkesan dan menjawab bahwa Belgia akan datang untuk berterima kasih padanya jika perang akan pecah; jika tidak ada perang yang datang "mereka bisa mengambil bintang jenderalnya".[butuh rujukan]

Pertempuran Liège[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus 1914, Pasukan Jerman di bawah komando Jenderal Otto von Emmich muncul di hadapan Liège dan memanggilnya untuk menyerah. Pada Gen. Penolakan Leman, benteng diserang, dan Pertempuran Liège dimulai.[1] Jenderal Pasukan von Emmich awalnya tidak dapat menembus bentengnya: hanya setelah mereka menggunakan artileri yang sangat berat (Big Bertha dan senjata berat lainnya, yang dibawa dari Jerman), melawan benteng tersebut mereka berhasil menjatuhkan mereka. Leman pingsan oleh pemboman, dan diselamatkan oleh Jerman dari bawah puing-puing Benteng Loncin. Dia ditahan sebagai tahanan perang di Jerman sampai tahun 1917, ketika dia dipulangkan ke Swiss karena sakit.[2] Sebagai tanda hormat, dia diizinkan untuk mempertahankan pedangnya.[1] Leman bersikeras bahwa laporan penangkapannya menyebutkan bahwa dia tidak menyerah, tetapi ditangkap dalam keadaan tidak sadarkan diri.[3]

Setelah perang[sunting | sunting sumber]

Setelah perang, ia kembali disambut sebagai pahlawan di Belgia. Dia meninggal pada tahun 1920, dalam usia 69 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Wikisource Chisholm, Hugh, ed. (1922). "Leman, Gérard Joseph Mathieu Georges". Encyclopædia Britannica (edisi ke-12). London & New York. 
  2. ^ Baker, Chris: Brave Little Belgium, http://www.firstworldwar.com/features/liege.htm Diarsipkan 2023-05-12 di Wayback Machine.
  3. ^ Meyer, G.J.: A World Undone: The Story of the Great War 1914 to 1918, p. 135. Delacorte Press, 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]