Furlong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Furlong
Sistem Unitsatuan imperial/AS
Satuan daripanjang
Konversi satuan
1 unit dalam ...... sama dengan ...
   satuan imperial/AS   220 yd
   satuan metrik (SI)   201,1680 m
Satuan ukuran yang diturunkan dari pertanian:
  1. Rod adalah suatu satuan panjang bersejarah yang setara dengan ​5 12 yards. Mungkin berasal dari panjang umum gancu lembu pada abad pertengahan. Terdapat 4 rods dalam satu chain (rantai).
  2. Furlong (artinya furrow length; "panjang alur") adalah jarak yang dapat dibajak oleh suatu tim lembu tanpa istirahat. Ini dibakukan tepat 40 rods atau 10 chains.
  3. Acre adalah luas tanah yang dapat dibajak oleh seorang laki-laki dengan seekor lembu dalam satu hari. Acre tradisional panjang dan sempit karena kesulitan dalam memutar bajak dan value of river front access.
  4. Oxgang adalah luas tanah yang dapat dibajak oleh seekor lembu dalam satu musim tanam. Ini mungkin berbeda dari desa ke desa, biasanya sekitar 15 acres.
  5. Virgate adalah luas tanah yang dapat dibajak oleh dua ekor lembu dalam satu musim tanam.
  6. Carucate adalah luas tanah yang dapat dibajak oleh suatu tim delapan lembu dalam satu musim tanam. Ini setara dengan 8 oxgangs atau 4 virgates.

Furlong adalah satuan ukuran jarak dalam satuan imperial dan unit adat AS sama dengan seperdelapan mil, setara dengan 660 kaki, 220 meter, 40 rod (batang), atau 10 chain (rantai).

Menggunakan definisi internasional inci yang tepat 25.4 milimeter, satu furlong adalah 201.168 meter. Namun, Amerika Serikat tidak menggunakan rasio konversi ini secara seragam. Rasio lebih tua yang digunakan untuk tujuan survei di beberapa negara menunjukkan variasi dalam panjang furlong sebanyak dua bagian per juta, atau sekitar 0,4 milimeter (​164 inci). Variasi ini terlalu kecil untuk memiliki konsekuensi praktis dalam sebagian besar aplikasi. Lima furlong jauhnya sekitar 1,0 kilometer (1,00584 km adalah nilai yang tepat, menurut konversi internasional).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama furlong berasal dari kata bahasa Inggris kuno furh (alur; furrow) dan lang (jarak; length). Bertarikh setidaknya pada awal zaman Anglo-Saxon, itu awalnya merujuk panjang alur dalam satu acre yang dibajak pada lapangan terbuka (ladang abad pertengahan yang dibagi menjadi strip-strip). Furlong (yang dipendekkan dari "furrow-length"; "panjang alur") adalah jarak yang dapat dibajak oleh satu tim lembu tanpa istirahat. Ini dibakukan menjadi persis 40 rod ("batang") atau 10 chain ("rantai"). Sistem panjang alur muncul karena memutar bajak berat yang ditarik oleh satu tim lembu itu sulit. Ini dilakukan untuk mengimbangi keunggulan drainase dibandingkan alur-alur pendek sehingga alur-alur itu dibuat sepanjang mungkin. Satu acre adalah luas bidang dengan panjang satu furlong dan lebar satu chain (66 kaki atau 22 meter). Karenanya, furlong dulunya juga disebut panjang acre (acre's length),[1] meskipun dalam penggunaan modern area seluas satu acre dapat berbentuk beragam. Istilah furlong, atau shot, juga digunakan untuk menggambarkan pengelompokan strip yang berdekatan dalam sebuah lapangan terbuka.[2]

Di antara orang Anglo-Saxon awal, rod ("batang") adalah satuan dasar pengukuran tanah. Sebuah furlong adalah empat puluh rod, satu acre adalah 4 x 40 rod, atau 4 rod kali 1 furlong, dan dengan demikian seluas 160 rod persegi. Pada saat itu, orang Saxon menggunakan ukuran foot ("kaki") Jerman Utara yang 10% lebih panjang dari ukuran foot sekarang. Ketika Inggris berubah menggunakan ukuran foot yang lebih pendek pada akhir abad ke-13, ukuran rod dan furlong tetap tidak berubah, karena batas-batas tanah milik sudah didefinisikan dengan rod dan furlong. Satu-satunya hal yang berubah adalah jumlah foot dan yard dalam rod atau furlong, dan jumlah foot persegi dan yard persegi dalam acre. Definisi rod berubah dari 15 foot lama menjadi ​16 12 foot baru, atau dari 5 yard lama menjadi ​5 12 yard baru. Furlong berubah dari 600 foot lama menjadi 660 foot baru, atau dari 200 yard lama menjadi 220 yard baru. Acre berubah dari 36,000 foot persegi tua menjadi 43,560 foot persegi baru, atau dari 4.000 yard persegi tua menjadi 4,840 yard persegi baru.[3]

Furlong secara historis dipandang setara dengan stade Romawi (stadium),[4] yang pada gilirannya berasal sistem ukuran Yunani. Misalnya, Alkitab King James menggunakan istilah "furlong" untuk menerjemahkan kata Yunani stadion, meskipun lebih banyak terjemahan terakhir sering menggunakan mil atau kilometer dalam teks utama dan memberikan nomor asli di catatan kaki.

Dalam sistem ukuran Romawi, terdapat 625 foot dalam satu stadium, delapan stadia dalam satu mil, dan tiga mil dalam satu league. League dianggap jarak yang dapat ditempuh oleh seorang pria berjalan kaki dalam satu jam, dan mil (dari mille, "yang berarti seribu") terdiri dari 1.000 passus (langkah, lima foot, atau double-step).

Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, abad pertengahan Eropa pemakaian sistem Romawi dan mulai diversifikasi, yang menyebabkan komplikasi serius dalam perdagangan, perpajakan, dll. Sekitar tahun 1300, dikeluarkan dekrit kerajaan Inggris untuk membakukan daftar panjang satuan ukuran. Satuan jarak dan panjang yang penting pada saat itu antara lain adalah foot (kaki), yard, rod (atau pole), furlong, dan mil. Rod didefinisikan sebagai ​5 12 yard atau ​16 12 kaki, dan mil adalah delapan furlong jauhnya, sehingga definisi furlong menjadi 40 rod dan mil menjadi 5,280 kaki (delapan furlong/mil dikali 40 rod/furlong kali ​16 12 kaki/rod).

Deskripsi dari tahun 1675 menyatakan, "Dimensurator atau Alat Ukur yang paling umum adalah Chain, dan panjang umum untuk Inggris adalah empat Pole, dan bersesuaian tidak berbeda dengan satuan Inggris Mil dan Acre, 10 Rantai seperti itu panjangnya menjadi satu Furlong, dan 10 Rantai persegi tunggal adalah satu Acre, sehingga Mil persegi adalah 640 Acre persegi." —John Ogilby, Britannia, 1675

Penggunaan resmi furlong dihapuskan di Inggris menurut Weights and Measures Act tahun 1985, Undang-undang itu juga menghapuskan penggunaan resmi dari banyak unit pengukuran tradisional lainnya.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan sehari-hari saat ini untuk satuan furlong pada penanda jalan raya dekat Yangon
Penanda jarak pada Yangon–Mandalay Expressway menggunakan satuan mil diikuti oleh satuan furlong

Di Myanmar, satuan furlong saat ini digunakan berkaitan dengan mil untuk menyatakan jarak pada tanda-tanda jalan raya. Penanda jalan pada Yangon–Mandalay Expressway menggunakan mil dan furlong.

Tiang bertanda "lima furlong" (1000 m) di Epsom Downs

Di bagian dunia sisanya, furlong hanya digunakan secara terbatas, terutama hanya untuk pacuan kuda pada kebanyakan negara-negara berbahasa Inggris, termasuk Kanada dan Amerika Serikat. Jarak pacuan kuda di Australia sudah diubah menjadi meter pada tahun 1972;[5] tetapi di Britania Raya,[6] Irlandia, Kanada, dan Amerika Serikat, pacuan kuda masih dinyatakan dalam mil dan furlong.

Furlong juga merupakan satuan dasar untuk sistem FFF yang bersifat humor.[7]

Konversi ke satuan SI[sunting | sunting sumber]

Konversi tepat furlong untuk unit SI sedikit bervariasi di antara negara-negara berbahasa Inggris. Di Kanada[8] dan Britania Raya,[9] yang menentukan furlong dalam ketentuan internasional yard persis 0.9144 meter, satu furlong adalah 201.168 m. Australia[10] tidak secara formal mendefinisikan furlong, tapi menentukan chain dan link dalam ketentuan internasional yard.

Di Amerika Serikat, yang mendefinisikan furlong, chain, rod, dan link dalam hal survey kaki AS persis ​12003937 meter,[11] satu furlong adalah sekitar 201.1684 m panjangnya. Amerika Serikat tidak secara formal mendefinisikan "survei yard". Perbedaan dari kira-kira dua bagian per juta antara nilai AS dan nilai "internasional" nilai ini tidak signifikan untuk kebanyakan pengukuran praktis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shakespeare, William (2000). The Winter's Tale (edisi ke-unabridged). Courier Dover. hlm. 5. ISBN 9780486411187. footnote 17: heat an acre; run a heat or course of an acre's length, "acre" being used as a lineal measure, equivalent to a furlong.  Templat:Shakecite
  2. ^ Seebohm, Frederic (8 Dec 2011). The English Village Community Examined in Its Relation to the Manorial and Tribal Systems and to the Common Or Open Field System of Husbandry: An Essay in Economic History. Cambridge University Press. hlm. 4. ISBN 9781108036344. 
  3. ^ Zupko, Ronald Edward (1977). British weights & measures: a history from antiquity to the seventeenth century. University of Wisconsin Press. hlm. 10–11, 20–21. ISBN 978-0-299-07340-4. Diakses tanggal 26 November 2011. 
  4. ^ Compare Josephus, Antiquities (15.11.3), who writes of the Temple Mount in Jerusalem that it was encompassed by a wall which measured one stadion (Gr. στάδιον) to each angle, a word translated in English as "furlong."
  5. ^ "How to measure a racehorse". Museum Victoria. 2010. Diakses tanggal 21 June 2015. 
  6. ^ Example of the use of furlongs in horse racing Archived 29 June 2011 di Wayback Machine.
  7. ^ Stan Kelly-Bootle, "As Big as a Barn?", ACM Queue, March 2007, pp. 62–64.
  8. ^ Weights and Measures Act, R.S.C., 1985, as amended; Schedule II, Canadian Units of Measurement.
  9. ^ Weights and Measures Act 1985, as amended; Schedule 1, Part VI, Definitions of certain units which may not be used for trade except as supplementary indications.
  10. ^ National Measurement Regulations 1999, Statutory Rules 1999 No. 110 as amended, Schedule 11, Conversion Factors.
  11. ^ NIST Special Publication 811, Guide for the Use of the International System of Units (SI), Appendix B, B.6, U.S. survey foot and mile. National Institute for Standards and Technology, U.S. Department of Commerce, 2008.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]