Fungsi kuartik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grafik polinomial derajat empat, atau fungsi kuintik, mempunyai tiga titik kritis dan empat buah akar real

Dalam aljabar, fungsi kuartik adalah suatu fungsi yang ditulis dalam bentuk

dengan adalah bilangan taknol. Fungsi ini didefinisikan dengan polinomial kuartik, polinomial berderajat empat.

Persamaan kuartik adalah persamaan yang membuat polinomial kuartik sama dengan nol. Persamaan ini ditulis dalam bentuk

dengan . Turunan dari fungsi kuartik adalah fungsi kubik.

Istilah bikuadrat (Inggris: biquadratic) terkadang dipakai ketimbang kuartik. Akan tetapi, fungsi bikuadrat secara umum mengacu pada fungsi kuadrat yang mempunyai variabel yang dikuadratkan. Dengan kata lain, fungsi bikuadrat adalah fungsi yang didefinisikan dengan polinomial kuartik tanpa mempunyai suku dengan derajat bernilai ganjil. Fungsi ini ditulis dalam bentuk

Karena didefinisikan dengan polinomial derajat genap, fungsi kuartik mempunyai limit yang tak terhingga ketika argumen menuju ke positif atau negatif tak terhingga. Jika bernilai positif, maka fungsi akan menaik ke positif tak terhingga di kedua ujung fungsi dan mempunyai titik minimum global. Hal tersebut begitupula untuk sebaliknya: jika bernilai negatif, maka fungsi akan menurun ke negatif tak terhingga dan mempunyai titik maksimum global. Pada kedua kasus tersebut, fungsi kuartik dapat mempunyai atau tak mempunyai titik maksimum lokal dan titik minimum lokal lainnya.

Untuk kasus fungsi kuartik, polinomial ini mempunyai derajat tertinggi sehingga setiap persamaan polinomial dapat diselesaikan dengan menggunakan radikal (akar). Pernyataan ini didasari pada teorema Abel–Ruffini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]