Fujiwara no Nobuyori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Fujiwara no Nobuyori (藤原 信頼, 1133 - 6 Februari 1160) adalah salah satu sekutu utama Minamoto no Yoshitomo di Pemberontakan Heiji pada tahun 1159. Sebagai anggota klan Fujiwara, Nobuyori mungkin sejalan dengan menjadi bupati, dan ia menginginkan kekuasaan, yang ia peroleh sesaat setelah Pemberontakan.

Fujiwara no Nobuyori dikenal sebagai pelayan laki-laki untuk tujuan seksual Kaisar Go-Shirakawa, yang kemudian ditempatkannya pada jabatan tinggi di pemerintahan.[1]

Pada akhir tahun 1150-an, timbul pertikaian antara para pengikut Kaisar Nijō yang berkuasa dan mereka yang menyukai pensiunan (tertutup) Kaisar Go-Shirakawa. Meskipun Fujiwara no Michinori dan klan Taira mendukung Nijo, Nobuyori dan sekutunya Minamoto mendukung upaya Go-Shirakawa untuk mempertahankan pengaruh dan kekuasaan.

Ketika Taira no Kiyomori, kepala klannya, meninggalkan Kyoto untuk sementara waktu pada tahun 1159, sepertinya kesempatan sempurna bagi Nobuyori dan Minamoto untuk bergerak; meskipun beberapa orang mengatakan Kiyomori meninggalkan kota dengan sengaja, memikat musuh-musuhnya ke dalam perangkap. Nobuyori dan Minamoto menyerang Istana Sanjo, menculik mantan Kaisar Go-Shirakawa, membunuh banyak stafnya, dan membuat bangunan terbakar. Mereka membawanya ke Istana Besar, tempat Kaisar Nijō disandera juga. Mereka kemudian pindah ke rumah kepala dewan kota Fujiwara no Michinori, membunuh semua orang di sana; Michinori melarikan diri, hanya untuk ditangkap dan dipenggal segera setelah itu. Nobuyori kemudian menyuruh Nijo mengangkatnya kanselir, di bawah tekanan. Meskipun ia masih memiliki musuh di Pengadilan yang mendorong kaisar untuk melawan dan melarikan diri, keseluruhan rencana Nobuyori telah berhasil.[2]

Ini tidak berlangsung lama, karena Taira no Kiyomori kembali, dan Minamoto tidak cukup siap untuk mempertahankan kota terhadapnya. Baik kaisar dan mantan kaisar dibebaskan, Minamoto dikalahkan, dan Nobuyori terbunuh pada Februari 1160.

Pada akhir pemberontakan, Fujiwara no Nobuyuri dipenggal.[1][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Leupp, Gary P. (1999). Male Colors: The Construction of Homosexuality in Tokugawa Japan. University of California Press. hlm. 26. ISBN 0-520-20909-5. 
  2. ^ Sansom, George (1958). A History of Japan to 1334. Stanford University Press. hlm. 256-257. ISBN 0804705232. 
  3. ^ Turnbull, Stephen (1977). The Samurai, A Military History. MacMillan Publishing Co., Inc. hlm. 40. ISBN 0026205408.