Fu'an

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

F'uan (Cina: 福安市; pinyin: Fú'ān Shì; Foochow Romanized: Hók-ăng-chê; terkadang Fu An) adalah sebuah kota tingkat kabupaten di tingkat prefektur Ningde, di provinsi Fujian bagian timur laut, Republik Rakyat Tiongkok (RRC), sekitar 150 kilometer utara ibu kota provinsi Fuzhou.[1] Fuzhou dan Fu'an di tingkat prefektur Ningde bersama dengan kota tingkat kabupaten Cangnan di prefektur Wenzhou, provinsi Zhejiang, membentuk wilayah linguistik dan budaya Min Dong di Tiongkok. Fu'an bersama dengan Fuzhou dan wilayah Min Dong secara geografis paling dekat dengan Kepulauan Matsu yang berdekatan, yang merupakan kepulauan sebanyak 36 di dalam kabupaten Lienchiang, Taiwan.

Selama dinasti Qin pertama (221 SM–206 SM), Fu'an merupakan bagian dari tanah leluhur suku Min Yue dan dikenal sebagai Kabupaten Minzhong. Selama dinasti Han, Fu'an termasuk dalam wilayah Min Yueguo. Pada tahun 1245 pada dinasti Song, kabupaten Fu'an didirikan dan diklasifikasikan sebagai kota Yongle dan Linghuo. Selama pemerintahan sebelumnya Republik Rakyat Tiongkok, Fu'an dikelola sebagai 3 kota dan 32 distrik. Setelah berdirinya pemerintahan saat ini, Republik Rakyat Tiongkok, Fu'an dibebaskan menjadi 14 kota.

Pada Oktober 2022, administrasi saat ini Fu'an memiliki 4 kota, 13 kota, 2 kota kecamatan, 3 kota etnis, dan 2 unit tingkat kota.

Tempat-tempat budaya utama di Kota Fu'an meliputi Kuil Lionfeng, Pegunungan Baiyun Fu'an, Liancun, Pavilion Quigang, Nishita, Kuil Keturunan Huang Fu'an, dan Distrik Kecamatan Suku Etnis Muyun She.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]