Front Nasional Republik Demokratik Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Front Nasional
Nationale Front der Deutschen Demokratischen Republik
Ketua umumErich Correns (1950–1981)
Lothar Kolditz (1981–1990)
Dibentuk30 Maret 1950
Dibubarkan20 Februari 1990
Kantor pusatBerlin Timur, Republik Demokratik Jerman
IdeologiKomunisme
Marxisme-Leninisme
Posisi politikKiri jauh

Front Nasional Republik Demokratik Jerman (bahasa Jerman: Nationale Front der Deutschen Demokratischen Republik) adalah sebuah aliansi partai politik (Blockpartei) dan organisasi massa di Republik Demokratik Jerman, dikontrol oleh Partai Persatuan Sosialis Jerman (SED), yang bertahan dalam pemilihan umum untuk parlemen Jerman Timur, Volkskammer ("Majelis Rakyat").

Tujuan Front Nasional adalah untuk memberi kesan pluralisme tertentu. Faktanya, semua partai dan organisasi massa harus secara resmi menerima peran utama SED. Dalam pemilihan umum, Front Nasional menyampaikan sebuah "daftar persatuan" para kandidat yang sebenarnya merupakan satu-satunya daftar. Dua dari partai blok adalah bekas partai independen, dua lainnya didirikan atas dorongan SED. Para anggota SED dalam daftar selalu merupakan mayoritas karena banyak kandidat organisasi massa juga anggota SED.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Andreas Malchya: Der Ausba des neuen Systems 1949 bis 1961, Bundeszentrale für politische Bildung, last retrieved 2019-05-01.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]