Fritz Glarner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fritz Glarner (20 Juli 1899 – 18 September 1972) adalah pelukis Swiss-Amerika.

Karier[sunting | sunting sumber]

Glarner adalah pendukung terkemuka dari apa yang disebut Seni Beton, sebuah gerakan seniman yang akarnya mengarah kembali ke pelukis De Stijl dan prinsip-prinsip Bauhaus. Dia adalah murid Piet Mondrian, sangat dipengaruhi oleh teori Mondrian tentang "simetri dinamis." Saat ia berkembang sebagai seniman, karyanya mulai semakin dipengaruhi oleh teori Neoplastik Mondrian. Kecenderungannya pada seni nonrepresentasional telah dimulai sejak 1929 di Paris, di mana ia menjadi anggota kelompok Abstraction-Création. Glarner mengambil motif Mondrian untuk mengatur warna dan bentuk yang disederhanakan pada pola arsitektur.[1] Glarner memperkenalkan diagonal ke dalam estetika geometris horizontal dan vertikal yang ketat dari Mondrian, menciptakan prinsip komposisi baru, namun sama-sama sistematis yang ia sebut "lukisan relasional."

Seperti Mondrian, Glarner membatasi palet warnanya pada warna primer, merah, kuning dan biru. Dia memperluas "garis" hitam Mondrian menjadi berbagai abu-abu, digunakan baik sebagai garis dan, seperti warna primer, sebagai area warna geometris. Banyak karyanya adalah tondo, prinsip-prinsip relasional khasnya yang tersusun dalam lingkaran. Penambahan dan perubahan Glarner dalam struktur dan warna pada gaya Mondrian memberi karya-karyanya vitalitas dan dimensi spasial.[1] 24 karyanya dimiliki oleh Museo Cantonale d'Arte dari Lugano, Swiss.[2] Sebuah mural karya Glarner disertakan dalam The Governor Nelson A. Rockefeller Empire State Plaza Art Collection di Albany, NY.[3]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Meskipun Glarner adalah orang Swiss, lahir di Zurich, dan memiliki hubungan dekat dengan negara asalnya, ia menjalani sebagian besar hidupnya sebagai ekspatriat. Dia menghabiskan masa kecil dan remajanya di Italia dan Prancis. Ia belajar dan bekerja di Paris dari tahun 1923-1935. Glarner beremigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1936, tinggal dan bekerja pertama di Manhattan dan kemudian di sebuah studio dan tempat tinggal di Long Island. Pada tahun 1966 ia terluka parah di laut yang ganas di kapal laut yang melintasi dari Eropa ke Amerika. Ia kembali ke Swiss pada tahun 1971, bertempat tinggal di Locarno. Dia meninggal tahun berikutnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Fritz Glarner". The Metropolitan Museum of Art. Diakses tanggal 9 August 2013. 
  2. ^ Museo Cantonale d'Arte, Lugano, Switzerland: Fritz Glarner
  3. ^ "Empire State Plaza Art Collection". Diakses tanggal 14 November 2018. 
  • This article is based partially on the more extensive entry on the artist in the German Wikipedia. The artist's biography is drawn largely from Ms. Staber's monograph.

Literatur[sunting | sunting sumber]

  • Werner Haftmann. Painting in the Twentieth Century. 2 vols. Praeger, New York, 1965. Page 341 and plate 389, fig. 971.
  • Margit Staber. Fritz Glarner: Monograph on One of the Leading Exponents of Concrete Art. ABC Verlag, Zurich 1976.
  • New York, NY, The Metropolitan Museum of Art, Heilbrunn Timeline of Art History, http://www.metmuseum.org/toah/hi/hi_glarnerfritz.htm.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]