Frauke Petry

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Frauke Petry
Frauke Petry 2015 (cropped).jpg
Petry pada tahun 2015
Ketua[1] Alternative für Deutschland
Masa jabatan
4 Juli 2015[1] – 29 September 2017
PendahuluBernd Lucke
PenggantiJörg Meuthen
Informasi pribadi
LahirFrauke Marquardt
1 Juni 1975 (umur 44)
Dresden, Jerman Timur
KebangsaanJerman
Partai politikAlternative für Deutschland (AfD)
Pasangan serumahMarcus Pretzell (2015-sekarang)
Anak4
Tempat tinggalFrohburg, Jerman
PendidikanUniversitas Reading
Universitas Göttingen
PekerjaanAhli kimia, pebisnis, politikus

Frauke Petry (lahir dengan nama Frauke Marquardt pada 1 Juni 1975) adalah seorang politikus Jerman yang menjabat sebagai ketua partai Alternative für Deutschland semenjak 4 Juli 2015. Petry dideskripsikan sebagai perwakilan sayap kanan ekstrem di partainya, tetapi ia menolak label tersebut dan menyatakan dirinya sebagai seorang konservatif nasional.

Sebelumnya ia merupakan salah satu dari tiga juru bicara partai dari tahun 2013 hingga 2015.[1] Ia menjadi ketua partai pada tahun 2015 setelah terjadinya perebutan kekuasaan internal. Ketua partai sebelumnya Bernd Lucke keluar dari partai setelah Petry terpilih dan menyatakan bahwa partai ini telah "jatuh ke tangan yang salah". Petry dikenal karena memiliki pandangan anti-Islam dan mengusulkan pelarangan menara masjid[3] dan penggunaan senjata api untuk mencegah masuknya imigran ilegal.[4] Sebelum memulai karier politik, ia mengenyam pendidikan di bidang kimia dan memiliki latar belakang profesional sebagai seorang pebisnis.

Pada April 2017, Petry mundur dari pencalonan sebagai kanselir karena ingin mengganti kebijakan partai untuk pemilih yang lebih moderat.[5]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "AfD: Lucke-Anhänger wollen neue Partei gründen". Der Spiegel (dalam bahasa German). 13 July 2015. Diakses tanggal 16 June 2016. 
  2. ^ http://evangelisch-in-hennef.de/wie-christlich-ist-die-afd/
  3. ^ "Far right AfD party says Muslims not welcome in Germany". 
  4. ^ "Refugees should be shot 'if necessary', says party leader in Germany". 31 January 2016. 
  5. ^ Huggler, Justin. "German far-right leader stuns party by quitting chancellor race". The Telegraph. Diakses tanggal 27 April 2017.