Francis Collins

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Francis Collins
Direktur National Institutes of Health
Masa jabatan
17 Agustus 2009 – 19 Desember 2021
PresidenBarack Obama
Donald Trump
Joe Biden
Sebelum
Pendahulu
Raynard Kington (acting)
Pengganti
Lawrence A. Tabak (acting)
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir
Francis Sellers Collins

14 April 1950 (umur 74)
Staunton, Virginia, Amerika Serikat
Suami/istriDiane Baker
Alma materUniversitas Virginia
Universitas Yale
University of North Carolina,
Chapel Hill
Karier ilmiah
DisertasiSemiclassical theory of vibrationally inelastic scattering, with application to H+ and H2 (1974)
Pembimbing doktoralJim Cross[1][2]
Situs webwww.nih.gov/about-nih/who-we-are/nih-director
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Francis Sellers Collins (lahir 14 April 1950) adalah seorang dokter-ahli genetika asal Amerika Serikat. Ia terkenal berkat penemuan-penemuannya mengenai gen-gen penyakit dan kepemimpinannya pada Human Genome Project. Ia menjabat sebagai direktur National Institutes of Health (NIH) di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat.

Sebelum diangkat menjadi direktur NIH, Collins memimpin Human Genome Project dan berbagai inisiatif penelitian genomika lain sebagai direktur National Human Genome Research Institute (NHGRI), salah satu dari 27 institut dan center pada NIH. Sebelum bergabung dengan NHGRI, ia memperoleh reputasi sebagai seorang "gene hunter" ("pemburu gen") pada Universitas Michigan. Ia telah dipilih masuk ke dalam Institute of Medicine dan National Academy of Sciences, serta menerima Presidential Medal of Freedom dan National Medal of Science.

Collins juga menulis sejumlah buku dalam bidang sains, kedokteran, dan agama, termasuk buku terlaris menurut New York Times, The Language of God: A Scientist Presents Evidence for Belief.

Setelah meninggalkan kepemimpinan NHGRI dan sebelum menjadi direktur NIH, ia mendirikan dan sekaligus menjadi presiden The BioLogos Foundation, yang mempromosikan discourse mengenai hubungan antara sains dan agama serta mengadvokasi perspektif bahwa kepercayaan Kristen dapat diselaraskan dengan penerimaan evolusi dan sains, terutama melalui pengembangan kreasi evolusioner.[3] Pada tahun 2009 Paus Benediktus XVI mengangkat Collins ke dalam Pontifical Academy of Sciences.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Collins dilahirkan di Staunton, Virginia, sebagai yang termuda dari empat putra Fletcher Collins dan Margaret James Collins. Ia dibesarkan di sebuah pertanian kecil di Shenandoah Valley, Virginia, dengan pendidikan di rumah sampai kelas enam.[4] Kemudian ia bersekolah di Robert E. Lee High School di Staunton, Virginia. Selama masa sekolah menengah atas dan perguruan tinggi ia bercita-cita menjadi kimiawan, dan ia kurang berminat pada bidang biologi yang dianggapnya "messy". Apa yang disebutnya "pendidikan formatif" diperolehnya di Universitas Virginia, di mana ia meraih gelar Bachelor of Science dalam bidang Kimia pada tahun 1970. Ia melanjutkan sampai memperoleh gelar Doctor of Philosophy dalam bidang Kimia Fisik di Universitas Yale pada tahun 1974. Ketika di Yale, suatu mata kuliah biokimia membangkitkan minatnya. Setelah berkonsultasi dengan mentornya dari Universitas Virginia, Carl Trindle, ia berganti bidang studi dan kuliah di sekolah kedokteran pada University of North Carolina at Chapel Hill, meraih gelar Doctor of Medicine di sana pada tahun 1977.

Dari tahun 1978 sampai 1981, Collins bekerja dalam program residensi dan chief residency pada bagian internal medicine pada North Carolina Memorial Hospital di Chapel Hill. Kemudian ia kembali ke Yale, di mana ia menjadi Fellow pada bagian Human Genetics di sekolah kedokteran dari tahun 1981 sampai 1984.

Penelitian genetika[sunting | sunting sumber]

Di Yale, Collins bekerja di bawah direksi Sherman Weissman, dan pada tahun 1984 kedua sarjana tersebut menerbitkan sebuah makalah, "Directional Cloning of DNA Fragments at a Large distance From an Initial Probe: a Circularization Method".[5] Metode yang dijabarkan dinamai chromosome jumping ("melompatkan kromosom"), untuk menekankan perbedaan dengan metode lama yang memakan lebih banyak waktu untuk menyalin fragmen DNA yang dinamai chromosome walking ("menjalankan kromosom").[6]

Collins bergabung menjadi pengajar pada Universitas Michigan pada tahun 1984, naik kedudukannya menjadi profesor dalam bidang kedokteran penyakit dalam dan genetika manusia. Pendekatan perburuan gen yang dinamainya "positional cloning" ("kloning positinal"),[7][8] berkembang menjadi suatu komponen yang sangat berguna bagi genetika molekuler modern.[9]

Genomika[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1993 National Institutes of Health Director Bernadine Healy mengangkat Collins untuk menggantikan James D. Watson sebagai direktur National Center for Human Genome Research, yang kemudian menjadi National Human Genome Research Institute (NHGRI) pada tahun 1997. Sebagai direktur, ia membawahi International Human Genome Sequencing Consortium,[10] yaitu grup yang berhasil melaksanakan Human Genome Project. Pada bulan Juni 2000 Collins bersama-sama Presiden Bill Clinton dan biologis Craig Venter membuat pengumuman suatu draft kerja dari genome manusia.[11]

Direktur NIH[sunting | sunting sumber]

Nominasi dan konfirmasi[sunting | sunting sumber]

Collins berjabat tangan dengan Health and Human Services Secretary Kathleen Sebelius setelah upacara pelantikan.

Pada tanggal 8 Juli 2009, Presiden Barack Obama menominasikan Collins sebagai Direktur National Institutes of Health,[12] dan Senate dengan suara bulat memberi konfirmasi baginya untuk jabatan itu. Ia disumpah oleh Health and Human Services Secretary Kathleen Sebelius pada tanggal 7 Agustus 2009.[13]

Musik[sunting | sunting sumber]

Tercatat bahwa Collins suka bermain gitar dan naik sepeda motor di berbagai artikel mengenainya.[14] Ketika menjadi direktur NHGRI, ia membentuk sebuah band rock dengan para ilmuwan NIH lain. Kadang-kadang band yang dinamai "The Directors" itu bermain bersama band rock dari Johns Hopkins University, yang dipimpin oleh peneliti kanker Bert Vogelstein. Lirik dari lagu-lagu The Directors meliputi spoofs lagu-lagu klasik rock dan gospel yang kata-katanya diubah untuk menjawab tantangan riset biomedis kontemporer.[15] Collins pernah tampil pada TEDMED 2012, StandUpToCancer,[16] and Rock Stars of Science.[17]

Penghargaan dan kehormatan[sunting | sunting sumber]

Sewaktu memimpin National Human Genome Research Institute, Collins diangkat masuk ke dalam Institute of Medicine dan National Academy of Sciences. Ia menerima penghargaan Kilby International Awards pada tahun 1993, dan Biotechnology Heritage Award bersama J. Craig Venter pada tahun 2001.[18][19] Ia menerima penghargaan William Allan Award dari American Society of Human Genetics pada tahun 2005. Pada tahun 2007 ia dianugerahi Presidential Medal of Freedom.[20] Pada tahun 2008 ia diberi penghargaan "Inamori Ethics Prize"[21] dan National Medal of Science.[22] Pada tahun yang sama, Collins memenangkan Trotter Prize di mana ia memberikan kuliah berjudul "The Language of God" ("Bahasa Allah").

Collins dan Venter berbagi gelar "Biography of the Year" dari A&E Network pada tahun 2000.[23] Pada tahun 2005, Collins dan Venter diberi kehormatan sebagai dua dari "America's Best Leaders" oleh U.S. News & World Report dan Harvard University Center for Public Leadership.[24]

Collins menerima hadiah Albany Medical Center Prize pada tahun 2010 dan "Pro Bono Humanum Award" dari Galien Foundation pada tahun 2012.[25]

Collins merupakan pembicara kunci pada Congress of Future Medical Leaders tahun 2014.

Pandangan[sunting | sunting sumber]

Kekristenan[sunting | sunting sumber]

Sampai masa kuliah pasca-sarjana Collins mengaku sebagai seorang ateis. Namun, setelah menangani pasien yang hampir mati ia mempertanyakan pandangan agamawinya sendiri, dan menyelidiki berbagai kepercayaan. Ia mempelajari bukti yang mendukung atau menyangkal adanya Allah dalam kosmologi, dan menggunakan buku Mere Christianity tulisan C. S. Lewis sebagai landasan untuk memeriksa pandangan agamawinya.[26] Akhirnya ia mencapai suatu kesimpulan dan menjadi orang Kristen pada waktu berjalan-jalan di suatu siang pada musim gugur. Ia menyatakan diri sebagai seorang "Kristen yang serius".[27]

Buku[sunting | sunting sumber]

  • Principles of Medical Genetics, 2nd Edition, with T.D. Gelehrter and D. Ginsburg (Williams & Wilkins, 1998)
  • The Language of God: A Scientist Presents Evidence for Belief (Free Press, 2006)
  • The Language of Life: DNA and the Revolution in Personalized Medicine (HarperCollins, published in early 2010)
  • Belief: Readings on the Reason for Faith (HarperOne, March 2, 2010)
  • The Language of Science and Faith: Straight Answers to Genuine Questions with Karl Giberson IVP Books (February 15, 2011)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Back to the thesis: Francis Collins di YouTube
  2. ^ Smith, Kerri; Baker, Noah (2016). "Back to the thesis: Late nights, typos, self-doubt and despair. Francis Collins, Sara Seager and Uta Frith dust off their theses, and reflect on what the PhD was like for them". Nature. 535 (7610): 22–25. doi:10.1038/535022a. 
  3. ^ "About The BioLogos Foundation". The Biologos Foundation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-29. Diakses tanggal May 3, 2014. We embrace the historical Christian faith, upholding the authority and inspiration of the Bible. We affirm evolutionary creation, recognizing God as Creator of all life over billions of years. We seek truth, ever learning as we study the natural world and the Bible. 
  4. ^ Google Book Search The Language of God: A Scientist Presents Evidence for Belief, Chapter 1 Diarsipkan 2023-07-25 di Wayback Machine.
  5. ^ Francis S. Collins; Sherman M. Weissman (Nov 1984). "Directional cloning of DNA fragments at a large distance from an initial probe: a circularization method". Proc. Natl. Acad. Sci. USA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal September 29, 2011. 
  6. ^ Leon. E. Rosenberg (2006). "Introductory Speech for Francis S. Collins". Am J Hum Genet. 79: 419–20. doi:10.1086/500276. PMC 1559551alt=Dapat diakses gratis. PMID 16909377. 
  7. ^ "Positional cloning of human disease genes: a reversal of scientific priorities" (PDF). University of Alberta, Department of Biological Science. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-04-25. Diakses tanggal October 16, 2011. 
  8. ^ Collins F (1992). "Positional Cloning: Let's not call it reverse anymore". Nature Genetics. 1 (1): 3–6. doi:10.1038/ng0492-3. PMID 1301996. 
  9. ^ Nelson, David L. (Jun 1995). "Positional cloning reaches maturity". Curr Opin Genet Dev. 5 (3): 298–303. doi:10.1016/0959-437X(95)80042-5. PMID 7549422. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal August 25, 2014. 
  10. ^ ""International Human Genome Sequencing Consortium," National Human Genome Research Institute". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-21. Diakses tanggal 2017-04-30. 
  11. ^ Jamie Shreeve, "The Blueprint of Life Diarsipkan November 30, 2007, di Wayback Machine.," U.S. News and World Report, 10/31/05, URL accessed January 30, 2007.
  12. ^ ""President Obama Announces Intent to Nominate Francis Collins as NIH Director," Press Office, the White House, July 8, 2009". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-21. Diakses tanggal 2017-04-30. 
  13. ^ Secretary Sebelius Announces Senate Confirmation of Dr. Francis Collins as Director of the National Institutes of Health Diarsipkan 2009-08-10 di Wayback Machine. 7-Aug-09
  14. ^ *"Jesus Goes to Bethesda: Just how religious is Obama's nominee for director of the NIH?" Diarsipkan 2011-08-20 di Wayback Machine.. Chris Wilson. Slate. July 9, 2009
  15. ^ *"Science Writers Entertained By High-Powered Battle Of The Bands" Diarsipkan 2009-07-03 di Wayback Machine.. The NIH Catalyst. Celia Hooper. Jan/Feb 1998.
  16. ^ Kaplan, Karen (September 18, 2010). "To scientists, he's the real rock star". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-20. 
  17. ^ [1] Diarsipkan 2014-05-21 di Wayback Machine. Rock S.O.S. program, 2009
  18. ^ "Biotechnology Heritage Award". Chemical Heritage Foundation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-13. Diakses tanggal February 5, 2014. 
  19. ^ Strickland, Debbie (June 13, 2001). "Genomic Leaders Receive 2001 Biotechnology Heritage Award". BIO. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-09. Diakses tanggal February 5, 2014. 
  20. ^ "NIH Record – Collins Wins Presidential Medal of Freedom". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-28. Diakses tanggal 2017-04-30. 
  21. ^ ""Inamori Ethics Prize, Past Recipients," Case Western Reserve University". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-10. Diakses tanggal 2017-04-30. 
  22. ^ "National Science Foundation – The President's National Medal of Science". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-15. Diakses tanggal 2017-04-30. 
  23. ^ "Montgomery County, Maryland, Press Releases Diarsipkan October 13, 2006, di Wayback Machine.," December 19, 2000, URL accessed January 30, 2007.
  24. ^ "U.S. News & World Report Diarsipkan 2008-01-23 di Wayback Machine.," 2005, URL accessed February 4, 2008.
  25. ^ ""Dr. Collins' Acceptance Remarks on the Pro Bono Humanum Award of the Galien Foundation," National Institutes of Health, October 16, 2012". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-27. Diakses tanggal 2017-04-30. 
  26. ^ "Steve Paulson, "The Believer," Salon.com, Aug. 7, 2006". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-29. Diakses tanggal 2017-04-30. 
  27. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama interview

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Raynard Kington
Acting
Director of the National Institutes of Health
2009–present
Petahana

Templat:National Institutes of Health Templat:Winners of the National Medal of Science