Françoise-Louise de Warens

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Françoise-Louise de Warens
Rumah dimana Jean-Jacques Rousseau tinggal dengan Mme de Warens pada tahun 1735-6. Sekarang Musium Rousseau.

Françoise-Louise de Warens, lahir Louise Éléonore de la Tour du Pil, alias Madame de Warens (lahir 31 Maret 1699 – meninggal 29 Juli 1762 pada umur 63 tahun), ialah seorang dermawan dan kekasih Jean-Jacques Rousseau.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Vevey, Swiss dan berasal dari keluarga Protestan di Swiss yang telah berimigrasi ke Annecy, pindah agama Katolik Roma pada tahun 1726 untuk menerima pensiun gereja yang sudah diterapkan untuk meningkatkan penyebaran agama Katolik Roma dekat Jenewa.

Tak diragukan lagi, ia adalah seorang wanita kontroversial, mempunyai pandangan hidup yang bebas pada zaman tersebut. Ia membatalkan pernikahannya dengan M. de Waren pada tahun 1726 setelah gagal dalam bisnis garmennya. Rousseau bertemu dengannya Minggu Palem pada tahun 1728, yang mengubah hidup keduanya selamanya. Dikabarkan pula bahwa ia adalah seorang wanita mata-mata dan seorang konvertor untuk Savoy, kemudian bagian dari Kerajaan Sardinia. Ia berikan Rousseau edukasi yang tidak didapatkannya dan memenuhi jiwanya yang kosong, rasa haus akan kasih sayang. Rousseau tidak pernah melupakannya. Ketika ia kembali dari Inggris pada tahun 1767 dan berkelana di Prancis dan Swiss, pada Agustus 1768 ia baru mengetahui bahwa "ibu" nya, begitu panggilan sayangnya untuk wanita tersebut, telah meninggal dalam kemiskinan enam tahun sebelumnya di Chambéry.