Foundry pengecoran logam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Foundry adalah pabrik yang memproduksi logam coran. Logam dicetak ke dalam bentuk dengan melelehkannya menjadi cairan, menuangkan logam ke dalam cetakan, dan mengeluarkan bahan cetakan setelah logam memadat saat mendingin. Logam yang paling umum diproses adalah aluminium dan besi cor. Namun, logam lain, seperti perunggu, kuningan, baja, magnesium, dan seng, juga digunakan untuk memproduksi coran di pengecoran. Dalam proses ini, bagian-bagian dari bentuk dan ukuran yang diinginkan dapat dibentuk.[1][2]

Foundry adalah salah satu kontributor terbesar untuk gerakan manufaktur daur ulang, melelehkan dan membentuk kembali jutaan ton besi tua setiap tahun untuk menciptakan barang-barang tahan lama baru. Selain itu, banyak pengecoran menggunakan pasir dalam proses pencetakannya. Pengecoran ini sering menggunakan, merekondisi, dan menggunakan kembali pasir, yang merupakan bentuk lain dari daur ulang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About Metalcasting | American Foundry Society". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-07. Diakses tanggal 2021-10-26. 
  2. ^ Degarmo, E. Paul; Black, J. T.; Kohser, Ronald A. (2003), Materials and Processes in Manufacturing (edisi ke-9th), Wiley, ISBN 0-471-65653-4 , p. 277.