Fontana di Piazza Colonna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lukisan Abad ke-19 tentang air mancur di Piazza Colonna
Air mancur di Piazza Colonna adalah sebuah air mancur di Roma, Italia, dirancang oleh arsitek Giacomo Della Porta dan dibangun oleh Fiesole pematung Rocco Rossi antara tahun 1575-1577.[1]

Air mancur ini adalah salah satu dari sekelompok enam belas air mancur yang dibangun oleh Della Porta sebagai rekonstruksi saluran air Acqua Vergine, sebuah proyek yang dimulai oleh Paus Pius IV pada tahun 1561 dan selesai oleh Paus Pius V pada tahun 1570. Air mancur itu sendiri dibangun di bawah Paus Gregory XIII, Paus yang paling dikenal karena menciptakan kalender Gregorian. Seperti air mancur Romawi dari waktu tersebut, air mancur itu dibangun untuk menyediakan air minum bersih untuk warga Romawi, yang sebelumnya harus minum air yang tercemar dari Sungai Tiber. Juga seperti air mancur dari waktu itu, air mancur ini dioperasikan murni oleh gravitasi; sumber air itu setinggi air mancur itu sendiri, menyebabkan air muncrat ke udara.

Sumber air untuk air mancur ini pertama kali tiba di Fountain Trevi tua, kemudian dua waduk di kaki butte San Sebastiancello, kemudian melalui serangkaian saluran ke pojok via Condotti dan via del Corso, Piazza Venezia, kaki kolom dari Marcus Aurelius. Sumber air untuk air mancur dari Piazza Colonna hanya 67 meter di atas permukaan laut; seperti air Mancur Trevi, Fontana della Barcaccia, dan air mancur dari Piazza Navona, semua terhubung ke Acqua Vergine, air mancur dari Piazza Colonna tidak mampu untuk mendorong air tinggi ke udara.[2]

Proyek asli dari Della Porta adalah untuk tempat patung antik dewa laut Romawi, yang disebut Marforio, di air mancur, dengan latar belakang sebuah gua berbatu, di belakang kolom Marcus Aurelius yang terlihat.[3] air mancur terakhir begitu sederhana: segi delapan baskom air mancur terbuat dari marmer merah muda dari pulau Chios di Yunani, marmer yang sama digunakan Della Porta untuk bingkai pintu dari St. peter's Basilica. Della Porta juga dirancang enam belas ukiran kepala singa di sekitar cekungan. Batu vasque melingkar ditempatkan di atas alas di tengah, dan air dituangkan dari vasque ini ke dalam baskom.[4]

Air mancur itu sedikit diperbaiki oleh Bernini selama masa kepausan Paus Alexander VII. Pada tahun 1702, Paus Clement XI menempatkan sendiri lambang, bintang dengan delapan poin, di atas vasque asli di pusat, tetapi ini telah dihapus setelah kematiannya.

Pada tahun 1830, arsitek Alessandro Stocchi menghapus vasquw sentral asli dan diganti dengan vasque saat ini, yang terbuat dari marmer putih. Ia juga menambahkan dua kelompok patung lumba-lumba, ekor mereka melilit kerang, semburan air dari mulut mereka, di kedua ujung cekungan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tazartes, Fontaines de Rome, pg. 17 and 58.
  2. ^ See Katherine Wentworth Rinne, The Fall and Rise of the Waters of Rome, in Marilyn Symmes, Fountains - Splash and Spectacle.
  3. ^ See Tazartes, pg. 58. The original design by Della Porta, dated 1574, was found in the papers of Pole Alexander VII. See D'Onofrio, pg. 114, figure 84-85.
  4. ^ Tazartes, pg. 58

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Maurizia Tazartes, Fontaines de Roma, diterjemahkan dari italia ke Prancis oleh Christine PIot. Citadelles dan Mazenot, Paris, 2004.
  • Marilyn Symmes, air Mancur - Splash dan Tontonan. Air dan Desain dari Renaissance hingga Saat ini. Thames and Hudson dan Cooper-Hewitt National Design Museum, Smithsonian Institution. 1998.
  • D'onofrio, Cesare, Le Fontane di Roma, con documenti e disegni inediti, 2nd edition, Roma, tahun 1962