Floris Arntzenius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Potret diri.

Pieter Florentius Nicolaas Jacobus Arntzenius (9 Juni 1864 - 16 Februari 1925) adalah seorang pelukis Belanda, colourist cat air, ilustrator dan pembuat percetakan. Dia dianggap sebagai wakil dari generasi muda dari Sekolah Den Haag.

Arntzenius lahir di Surabaya di pulau Jawa di mana ayahnya bertugas di Royal Dutch East Indies Army. Pada tahun 1875, pada usia 11, ia dikirim ke Amsterdam, Belanda untuk untuk tinggal bersama bibi dan pamannya untuk menyelesaikan pendidikannya.

Meskipun Arntzenius tidak dianggap sebagai artis yang relevan saat ini, ia dihargai pada zamannya sendiri. Ia memenangkan hadiah di pameran Munich, Venice, Pittsburgh dan Brussels dan karya-karyanya dijual baik selama hidupnya. Teman-temannya di The Hague termasuk Willem Maris, Willem Bastiaan Tholen, Bernard Blommers dan Herman Johannes van der Weele. Pada tahun 1910 ia membuka studio dan mulai menerima siswa. Selama waktu ini ia banyak melukis potret di komisi pelanggan kaya. Hal ini ia terus lakukan sampai ia meninggal karena tuberkulosis pada tahun 1925, pada usia 60.

Referensi[sunting | sunting sumber]