Flavr Savr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Flavr Savr (juga dikenal dengan kode CGN-89564-2; diucapkan seperti membaca "flavor saver"), adalah tomat transgenik, yang pertama kali ditanam dengan cara rekayasa genetika komersial dan berlisensi untuk dikonsumsi manusia. Tomat ini diproduksi oleh perusahaan Calgene di California, dan diserahkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) tahun 1992.[1]

Pada 18 Mei 1994,[2] FDA selesai mengevaluasi tomat Flavr Savr serta penggunaan APH(3')II (aminoglikosida 3'-fosfotransferase II), dan menyimpulkan bahwa "tomat tersebut aman seperti tomat lainnya yang dibiakkan dengan cara konvensional dan penggunaan APH(3')II aman untuk digunakan sebagai bantuan pemrosesan dalam mengembangkan tomat varietas baru, minyak kubis, dan kapas yang ditujukan untuk penggunaan makanan". Flavr Savr dijual untuk pertama kalinya pada tahun 1994, akan tetapi hanya tersedia selama beberapa tahun sebelum produksinya berhenti pada tahun 1997.[3] Calgene berhasil membuat sejarah, tetapi biaya yang dikeluarkan terlalu besar, sehingga tidak mendapat keuntungan, dan akhirnya diakuisisi oleh Perusahaan Monsanto.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Redenbaugh, Keith, Bill Hiatt, Belinda Martineau, Matthew Kramer, Ray Sheehy, Rick Sanders, Cathy Houck and Don Emlay (1992). Safety Assessment of Genetically Engineered Fruits and Vegetables: A Case Study of the Flavr Savr Tomato. CRC Press. hlm. 288. 
  2. ^ Stone, Brad. "The Flavr Savr Arrives". Diakses tanggal December 29, 2012. 
  3. ^ Weasel, Lisa H. 2009. Food Fray. Amacom Publishing