Flakpanzer I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Flakpanzer I
300px
Flakpanzer I di Front Timur
Tipe Meriam anti pesawat swagerak
Negara asal Nazi Germany
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1941–1943
Digunakan oleh Wehrmacht
Pada perang Perang Dunia II
Sejarah produksi
Perancang Krupp
Diproduksi 1941
Jumlah produksi sekitar 24
Spesifikasi
Berat 5,5 ton
Awak 4

Senjata
utama
1 × 2 cm Flak 38
Jenis Mesin Krupp M 305 four-cylinder air-cooled gasoline engine
60 PS (59 hp, 44 kW)
Daya jelajah 145 km (jalan raya) atau 100 km (lintas medan)
Kecepatan 37 km/h

2 cm Flak 38 auf Panzer I Ausführung A, umumnya dikenal sebagai Flakpanzer I,[1] adalah konversi senjata anti-pesawat swagerak langka dari Panzer I yang digunakan oleh militer Jerman Nazi selama Perang Dunia II.

Rancangan[sunting | sunting sumber]

Flakpanzer I dikembangkan selama Pertempuran Prancis ketika diakui bahwa Flak bermotor tidak memiliki perisai yang cukup. Heereswaffenamt Jerman memutuskan untuk menggabungkan senjata anti-pesawat ringan dengan sasis tank. Sasis dari Panzer I digunakan untuk konversi ini, hanya karena tersedia. Konversi dilakukan oleh Stoewer.

Secara total, 24 kendaraan ini dibuat. Selama konversi, bagian superstruktur frontal dan keseluruhan penutup kompartemen mesin dilepas untuk mendapatkan ruang yang lebih rata untuk berdiri. Untuk mencapai pusat gravitasi yang lebih baik, pelindung frontal dari superstruktur dipindahkan sekitar 18mm ke depan. Pelindung di samping terbuat dari lembaran logam sederhana dan tidak menawarkan perlindungan nyata. Ketika beraksi pelindung dilipat dan digunakan untuk berdiri. Untuk mendapatkan lebih banyak ruang (Panzer I adalah kendaraan lapis baja yang sangat kecil) radio dicopot, komunikasi dilakukan dengan sinyal tangan. Kendaraan-kendaraan itu dipersenjatai dengan Flak 38. Selain itu, para kru dipersenjatai dengan senjata kecil, seperti Karabiner 98k . Untuk membuatnya lebih mudah bagi pengemudi untuk memasuki kendaraan, meriam utama dipasang tidak secara terpusat, tetapi sedikit ke kanan. Amunisi disimpan di bawah kursi pengemudi dan di belakang loader. Karena ruang yang tidak cukup di dalam kendaraan, kopling untuk trailer Sonderanhänger 51 ditambahkan, dengan tambahan amunisi dan pengganti laras untuk meriam yang diangkut dalam trailer.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Hanya satu unit, Fla-Btl. (Mot) 614 (Batalyon Flak Bermotor 614) dilengkapi dengan Flakpanzer I. Unit ini dibuat pada tahun 1941 dan pada tahun yang sama ditempatkan di Rumania. Dari sana mereka dipindahkan ke bagian selatan front timur. Dalam dinasnya, kendaraan ini digunakan terbatas terhadap pesawat, tetapi sebagian besar penggunaan dilakukan terhadap target darat karena meriamnya hanya bisa menembak lurus ke depan karena berada pada dudukan yang relatif tetap. Untuk tembakan anti-pesawat yang baik, dudukan meriam yang dapat diputar lebih disukai, tetapi ruang pada sasis Panzer I terlalu terbatas untuk duang seperti itu. Karena perlindungan awak yang tidak memadai dalam pengerahan semacam ini, mereka menderita kerugian besar. Kompi-kompi batalion ditugaskan ke unit lain untuk ini. Seluruh batalion dihancurkan pada tahun 1943 selama Pertempuran Stalingrad, meskipun sebagian besar kendaraan mungkin sudah ditinggalkan atau dihancurkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ http://www.panther-panzer.de/PanzerI/FlakpanzerI.htm