Fitnah Aminah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fitnah Aminah (Novel)
PengarangYongki Kastanya
IlustratorMuhammad Nurman Hakim
Perancang sampulLouisa Anggraini
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
GenreRomansa, Satire, Religi, Tragedi
PenerbitMahakarya Nyata
Tanggal terbit
2013
Halaman480
ISBNISBN 979-4664-32-2 Invalid ISBN

Fitnah Aminah merupakan novel berbahasa Indonesia karangan Yongki Kastanya yang diterbitkan melalui penerbit Mahakarya Nyata. Seperti judulnya, novel ini bercerita tentang dahsyatnya bahaya fitnah.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cinta terkadang bisa mengalahkan iman dan logika. Begitulah yang dialami Jasmin Aminah Umar, seorang gadis soleha, putri tunggal Yusuf Ali Umar, pemilik pondok pesantren Al-Azmi Mahaka. Aminah mendengar gosip yang beredar di desanya, bahwa tunangannya yang baru saja pulang dari Kairo, Azzam Syan Uzman, terlibat hubungan terlarang dengan seorang waria muda beragama Nasrani yang bernama Rea Marlina. Sampai suatu hari, secara tak sengaja Aminah melihat Aditya Uzman, adik kandung Azzam, terbunuh di sebuah gang. Ia lalu memberitahu semua orang di Mahaka bahwa pembunuh calon adik iparnya itu adalah Rea. Karena selama ini Aminah terkenal soleh dan dia putri ulama besar, banyak orang yang mempercayai perkataannya, termasuk orang tua Azzam, dan juga Azzam sendiri. Meski dirundung dilema hebat, Azzam bersumpah akan membalas kematian adiknya walaupun pelakunya itu Rea, seseorang yang diam-diam mengisi hatinya.

Berulang kali Rea bersumpah bahwa dirinya bukanlah pembunuh Aditya, tapi ia tak berdaya pada tuduhan yang menyudutkannya. Selama ini dunia sudah mendiskriminasinya, lalu ketika ia dituduh sebagai pembunuh, tak ada yang mau mempercayainya. Hanya Ilyas Salim, sahabatnya yang berprofesi sebagai pengacara terus berjuang membelanya. Namun semua warga lebih percaya pada kesolehan Aminah. Hingga akhirnya Rea tewas karena mengalami gegar otak setelah dilempari warga dengan batu. Anehnya setelah kematian Rea, banyak hal mengejutkan yang terjadi. Temukan cerita lebih lengkapnya di dalam novel Fitnah Aminah.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Nama Tokoh Penokohan Karakter
Azzam Syan Uzman Protagonis Seorang pria keturunan Imam Besar di Mahaka, lulusan doktor dari Kairo, yang hatinya tak setegas penampilannya. Dilanda dilema antara dua pilihan hati.
Rea Marlina Protagonis Seorang waria (transgender) yang tegas pada pilihan hidupnya, dan selalu optimis menghadapi segala diskriminasi sosial di sekitarnya.
Jasmin Aminah Umar Antagonis Gadis mulism yang soleha, cerdas, dan berasal dari keluarga terpandang, namun memiliki sisi gelap dalam hatinya karena cemburu buta pada tunangannya.
Joseph Ignatius Protagonis Seorang pengacara muda yang berusaha mencarikan keadilan untuk Rea .
Aditya Uzman Antagonis Adik kandung Azzam, yang terbunuh di tengah cerita, dan menjadi mesin penggerak emosi para tokoh lainnya.