Fishtronaut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fishtronaut
PembuatCélia Catunda dan Kiko Mistrorigo
Negara asalBrasil
Bahasa asliPortugis
Jmlh. musim2
Jmlh. episode104
Produksi
Durasi11 menit
Rilis asli
JaringanDiscovery Kids
Rilis20 April 2009

Fishtronaut (Portugis: Peixonauta) adalah serial televisi animasi anak-anak Brasil yang dibuat oleh Célia Catunda dan Kiko Mistrorigo, dan diproduksi oleh TV PinGuim, bekerja sama dengan Discovery Kids. Serial ini bercerita tentang Fishtronaut, seekor ikan dengan pakaian luar angkasa, mirip dengan peralatan scuba terbalik, yang memungkinkannya terbang dan bernapas keluar air. Dia adalah agen rahasia yang, bersama teman-temannya Marina dan Zeek, mengungkap misteri yang terjadi di Smiling Trees Park. Mereka memecahkan misteri dengan bantuan P.O.P. (Pod Tujuan Utama), bola ajaib warna-warni yang berisi petunjuk penting untuk misi. Pemirsa diundang untuk menari bersama dengan para pahlawan, sehingga P.O.P. akan membuka dan melepaskan petunjuk di dalamnya. Serial ini ditujukan untuk anak-anak usia 3–7 tahun dan berhasil memulai debutnya di Discovery Kids di Amerika Latin pada tanggal 20 April 2009.

Di pasaran internasional, seri tersebut dipasarkan dengan nama Peztronauta (Spanyol) atau Fishtronaut (Inggris). Setelah sukses di TV, Peixonauta diproduksi sebagai drama berjudul Peixonauta to TV Theater, yang ditayangkan perdana pada tanggal 9 Januari 2011 di Rio de Janeiro.

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan ini berlatar di Smiling Trees Park, tempat gajah, monyet, dan hewan lain dari seluruh dunia berkeliaran dengan bebas. Anak-anak dipersilakan untuk menjelajahi hutan dan memanjat pohon, atau menaiki kapal selam ke dasar teluk dan terumbu karangnya yang berwarna-warni. Di taman adalah Danau Tenang, yang dialiri oleh sungai yang panjang. Sungai ini juga melampaui danau menjadi teluk berpasir di sepanjang lautan.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Fishtronaut (Peixonauta) – Ikan mas besar antropomorfik. Dia memakai setelan Bubblex yang memungkinkannya terbang keluar dari air. Ini juga memiliki banyak alat yang berguna selama misi. Dia selalu mengawasi teman-temannya Marina dan Zeek, dan menyelidiki masalah Taman Pohon Tersenyum untuk menyelesaikannya. Dia tinggal di dasar Danau Tenang, meskipun dia menghabiskan lebih banyak waktu di luar bersama teman-temannya. Dia juga seorang penemu yang bercita-cita tinggi, menciptakan mesin yang umumnya berguna untuk taman. Dia biasanya berkomunikasi melalui layar video yang dipasang di bajunya.
  • Marina – Seorang gadis manusia 10 tahun berambut coklat cerah dan penasaran yang juga sahabat Fishtronaut. Setiap hari, dia terbukti menjadi anggota tim mata-mata taman yang berharga. Setiap kali dia dan Fishtronaut berpisah, dia selalu dapat menggunakan Aquawatchnya yang tepercaya untuk tetap berhubungan.
  • Zeek (Zico) – Monyet usia dua belas tahun yang mungkin suka bermain monyet, tetapi kemampuannya memanjat pohon yang luar biasa dan sniffer yang pandai membuatnya tak ternilai harganya bagi tim. Meskipun dia mengemukakan teori yang paling tidak masuk akal dan bahkan menyebabkan campur aduk sesekali, niatnya tidak lain adalah yang terbaik.
  • Billy (Pedro) dan Mac (Juca) – Sepupu kembar Marina. Kejahatan mereka cenderung membuat mereka (dan taman nasional) berada dalam tumpukan masalah, tetapi mereka tidak berbahaya dan hanya memiliki niat terbaik.
  • Dr. Green (Dr. Jardim) – Marina dan kakek si kembar yang juga merupakan dokter hewan / pengasuh yang bijaksana di Smiling Trees Park. Dia menjalankan Rumah Sakit Hewan di taman itu, yang dibangun di dalam batang pohon kacang raksasa. Setiap kali Marina terjebak, dia tahu Kakek dapat membantunya menemukan jawabannya.
  • Rosy Barb (Rosa) – Agent S.E.A. yang menyukai warna dan suka mendekorasi dasar laut hingga pas. Dia tahu teluk itu luar dalam dan setiap kali Fishtronaut berada di tanah kering, dia selalu bisa check-in dengan Rosy melalui Web Clam.
  • Happy Plumb (Chumbo Feliz) – Seekor ikan tua bijak yang suka hidup dengan tenang di dasar teluk dan tahu hampir semua yang ada. Tidak ada yang tahu sudah berapa lama dia ada, tapi ini waktu yang sangat lama. Dia ingat awal mula Smiling Trees Park. Kapanpun Fishtronaut bingung, dia tahu Happy Plumb bisa mengarahkannya ke arah yang benar, yaitu, jika dia bisa memecahkan teka-teki jawaban Plumb.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]