First Love (lagu After School)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"First Love"
Singel oleh After School
Dirilis13 Juni 2013 (2013-06-13)
FormatMaxi single, digital download
Direkam2013
GenrePop, dance
Panjang20:01
LabelPledis Entertainment, LOEN Entertainment
PenciptaBrave Brothers
ProduserBrave Brothers
Singel Korea oleh After School
Flashback
(2012)
First Love
(2013)
Week
(2015)


"First Love" (Hangul첫사랑RRCheotsarang) adalah singel keenam yang dirilis oleh girlband Korea Selatan, After School. Maxi-singel ini menandakan singel utama pertama mereka tanpa perubahan anggota.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Beberapa saat setelah comeback After School dengan "Flashback", Direktur Pelaksana Pledis mengungkapkan bahwa After School akan merilis maxi single keenam mereka pada musim gugur tahun 2012. Untuk alasan yang tidak diketahui, perilisan tersebut dibatalkan. Sepanjang sisa tahun 2012, beberapa anggota mengisyaratkan comeback mereka, mengonfirmasi rekaman dan latihan yang telah dimulai pada akhir tahun 2012.

Setelah diisyaratkan oleh para anggota sepanjang tahun 2013, Pledis akhirnya mengonfirmasi bahwa After School akan kembali dengan maxi single keenam mereka, yang akan dirilis pada 13 Juni 2013.[1] Singel ini merupaka kolaborasi pertama antara After School dan produser Brave Brothers sejak tahun 2009 dengan singel kedua mereka, "Because of You. Menyusul sejumlah gambar konsep,[2][3] judul dari singel ini dikonfirmasi sebagai "First Love",[4] dengan hari berikutnya mengonfirmasi bahwa mereka akan menampilkan "tari tiang" spesial dan penampilan comeback gaya "Las Vegas", yang mereka latih selama sekitar 6 bulan sampai sempurna.[5]

Promosi[sunting | sunting sumber]

Promosi untuk "First Love" dimulai pada 13 Juni 2013, setelah perilisan singel, After School melangsungkan konferensi pers, showcase dan penampilan comeback di Mnet M! Countdown. Mereka juga tampil di MBC Music Core, MBC Music Show Champion dan SBS Inkigayo setiap minggu. Terungkap bahwa mereka tidak akan berpromosi di KBS Music Bank karena konflik antara perusahaan penyiaran dan label rekaman After School, Pledis Entertainment.

Pada 7 Juni 2013, terungkap bahwa Lizzy mengalami kerusakan ligamen di pergelangan kakinya, dan tidak dapat bergabung untuk aktivitas promosi grup sampai pergelangan kakinya sembuh.[6] Mengikuti sebuah penampilan di Show Champion, Nana jatuh dari panggung dan menderita syok parah dan kontusi pada daerah pelvisnya, yang berarti ia akan absen dari promosi sampai ia sepenuhnya pulih dan mereka menyelesaikan promosi "First Love" dengan enam anggota untuk saat ini.[7] After School tidak tampil di Show Champion sejak saat itu, namun tidak pasti apakah itu terkait dengan kecelakaan Nana atau tidak.

Video musik[sunting | sunting sumber]

Sebuah teaser video musik dengan durasi 30 detik terungkap melalui saluran YouTube resmi Pledis Entertainment pada 10 Juni 2013 dan video tersebut ditonton lebih dari 200,000 kali dalam waktu 24 jam.[8] Melalui teaser tersebut, "penampilan spesial", sebuah konsep yang terkenal oleh After School, terungkap saat After School memamerkan tarian tiang mereka, yang mendapat sambutan kritis. Teaser kedua dirilis pada 11 Juni 2013 menampilkan E-Young, yang memainkan versi instrumental dari lagu menggunakan gitar, bass, drum dan piano. Teaser ini cepat menarik perhatian, menjadikannya yang paling banyak dicari di Daum.[9][10] Video musik terungkap pada 13 Juni 2013 bersamaan dengan perilisan dari maxi single.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No. JudulPenulis lirikPenyusun musik Durasi
1. "8 Hot Girl"  MABOOSBrave Brothers 1:06
2. "First Love" (첫사랑; Cheotsarang)Brave BrothersBrave Brothers 3:38
3. "Dressing Room"  Nam MinseolNiclas Lundin, Anton Malmberg,Linda Sundblad, Hard Af Segerstad 3:36
4. "Time's Up"  Iggy, Seo YoungBae, DJ R2Blacc Hole 3:57
5. "Love Beat"  Nam Minseoleast4a 3:41
6. "Makeup & Tears" (화장을 하다 울었어; Hwajangeun Hada Ureosseo) (Performed by Jungah & Raina)Nam MinseolJi Yong Park 4:03
Durasi total:
20:01

Kinerja tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Setelah rilis, lagu ini memuncaki beberapa tangga lagu musik online di Korea Selatan dana bertahan di top 10 dari tangga lagu tersebut selama lebih dari 2 minggu. Lagu ini debut pada peringkat ke-12 di Gaon Singles Chart sebelum memuncak pada peringkat ke-7 pada minggu berikutnya. Lagu ini debut pada peringkat ke-8 di Billboard K-Pop Hot 100, sebelum memuncak pada peringkat ke-7 pada minggu berikutnya. Album ini debut dan memuncak pada peringkat ke-11 di Gaon Albums Chart. "First Love" debut pada peringkat ke-10 di Gaon Monthly Download Chart untuk bulan Juni dan menjual 624,880 kopi. Lagu ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Korea Selatan.

Riwayat perilisan[sunting | sunting sumber]

Negara Tanggal Format Label
Korea Selatan 13 Juni 2013 Unduh digital Pledis Entertainment
14 Juni 2013 Singel CD

Referesi[sunting | sunting sumber]