Firenze (Harry Potter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Firenze
Firenze
Pengisi suara Ray Fearon
Informasi
Spesies Centaurus
Jenis kelamin Laki-laki

Firenze adalah tokoh fiksi dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling. Firenze adalah seorang centaurus, dan dimunculkan dalam buku pertama, kelima, dan keenam.

Firenze memiliki kemiripan dengan Chiron dalam kisah Yunani kuno yang merupakan centaurus yang mengajarkan para pahlawan mengenai astronomi dan obat-obatan. Firenze adalah nama dari sebuah kota di Toscana, Italia. Nama Firenze dipilih tampaknya karena kota ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Galileo Galilei, astronomer modern pertama.


Firenze muncul pertama kali pada Harry Potter dan Batu Bertuah, di mana ia menyelamatkan Harry dari Voldemort di Hutan Terlarang. Firenze membawa Harry di atas punggung kudanya, dan menghadapi penentangan oleh centaurus lainnya di hutan tersebut. Mereka menganggap tindakan Firenze membiarkan Harry menungganginya adalah tanda bahwa ia merendahkan diri di hadapan kaum manusia, seakan-akan ia adalah bagal biasa. Mereka saling berargumen mengenai tanggung jawab centaurus akan pengetahuan mengenai masa depan dalam pergerakan benda-benda langit dan adalah tidak tepat untuk ikut campur tangan mengenai masa depan. Firenze kemudian kembali ke kawanannya tetapi jelas memiliki perbedaan pandang dengan para centaurus lainnya.

Firenze kemudian baru muncul kembali dalam Harry Potter dan Orde Phoenix di mana ia diangkat oleh Kepala Sekolah Albus Dumbledore sebagai Guru Ramalan di Hogwarts untuk menggantikan Sybill Trelawney. Sebelumnya, Trelawney telah dipecat oleh Inkuisitor Agung Dolores Umbridge. Ketika Harry bertemu Firenze di kelas, Firenze tampaknya telah diserang dan diketahui bahwa Firenze telah diusir dari kawanan centaurus akibat menyetujui permintaan tolong Dumbledore untuk mengajar. Firenze mengabaikan pantangan centaurus untuk membantu manusia karena ia merasa berkewajiban untuk turut berjuang melawan Lord Voldemort. Pada akhir buku kelima, Firenze tetap menjadi staf pengajar Hogwarts, dan dalam Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran, ia berbagi tugas dengan Profesor Trelawney yang kembali diminta mengajar. Trelawney memandang situasi ini dengan penuh ketidaksukaan. Alasan sesungguhnya Dumbledore untuk tetap mempertahankan mereka, dijelaskan kepada Harry, adalah karena ia tidak dapat membiarkan mereka berdua untuk pergi: Trelawney (tanpa disadarinya sendiri) diincar oleh Pelahap Maut karena ramalannya, sementara Firenze tidak memiliki tempat tinggal lagi setelah diusir dari antara para centaurus.

Di film, penampilan Firenze tampaknya lebih mirip binatang ketimbang di buku. Di buku ia digambarkan memiliki rambut putih-pirang dengan mata biru yang menatap dalam. Anak-anak perempuan di sekolah tampaknya memandang bahwa rupa Firenze sangat menarik. Bagian bawah Firenze merupakan kuda palomino.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]