Final Fantasy XV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Final Fantasy Versus XIII)
Final Fantasy XV
Logo permainan
Publikasi29 November 2016
GenreRole-playing game
Latar tempatFinal Fantasy universe (en)
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformPlayStation 4, Xbox One dan Windows
MesinLuminous Engine, Crystal Tools
ModePermainan video pemain tunggal, permainan video multipemain dan co-op mode (en)
Formatdistribusi digital dan Cakram Blu-ray
Metode inputgamepad, papan tombol komputer dan tetikus
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangSquare Enix, HexaDrive, XPEC Entertainment, Streamline Studios, Umbra
PenyuntingSquare Enix
PengarahHajime Tabata (en)
ProdusenShinji Hashimoto (en)
DesainerShinji Hashimoto (producer)
Tetsuya Nomura (pimpinan)
Yoko Shimomura (komposer)
Tetsuya Nomura (desain artistik)
KomponisYoko Shimomura (en)
PenerbitSquare Enix
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
PEGI
enllaç=d:Q14915516
USK
enllaç=d:Q14920392
CERO
enllaç=d:Q14870289
Informasi tambahan
Situs webfinalfantasyxv.square-enix-games.com (banyak bahasa)
MobyGamesfinal-fantasy-xv, final-fantasy-xv-digital-premium-edition dan final-fantasy-xv-deluxe-edition
Steam637650
Id. SubredditFFXV
IMDB: tt0960140 Facebook: finalfantasy15jp Twitter: ffxvjp Instagram: ffxv Youtube: UCQSuIHSbDFH6Enz3AXeUHaA
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Final Fantasy XV (ファイナルファンタジーXV, Fainaru Fantajī FifutĪn) adalah sebuah permainan video untuk PlayStation 4 dan Xbox One yang tergabung dalam kumpulan Fabula Nova Crystallis: Final Fantasy.[1] Diarsipkan 2010-04-18 di Wayback Machine. Terungkap pertama kali dalam E3 2006 dengan nama Final Fantasy Versus XIII (ファイナルファンタジーヴェルサスXIII, Fainaru Fantajī Verusasu Sātīn) bersama-sama Final Fantasy XIII dan Final Fantasy Type-0, permainan ini akan memadu genre action RPG dengan third-person shooter[1] dan mempunyai alur cerita yang dideskripsikan sebagai yang paling "tergelap" dalam sejarah Seri Final Fantasy.[2] Dengan alur cerita, karakter, dan desain berbeda, permainan ini hanya dihubungkan bersama permainan lain dalam seri Fabula Nova Crystallis: Final Fantasy dengan mitos dan temanya, yaitu kristal.[3] Permainan ini akan dikembangkan oleh tim yang juga melahirkan seri permainan Kingdom Hearts yang terkenal. Proyek ini akan dipimpin oleh Tetsuya Nomura.[2] Diarsipkan 2009-03-02 di Wayback Machine.

Semenjak terungkap pada E3 2006, informasi untuk permainan ini sangat jarang dan bentuk permainanpun baru diperlihatkan pada awal 2010. Setelah beberapa kali diisukan batal, permainan ini diungkap kembali dengan nama Final Fantasy XV dan konsolnya dialokasikan menjadi PlayStation 4 dan Xbox One pada E3 2013 .[4]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Final Fantasy XV mempunyai empat karakter utama yang dapat dimainkan, semuanya diungkap semenjak permainan masih bernama Final Fantasy Versus XIII. Terdapat pula satu karakter yang berperan sebagai karakter tamu; ia bergabung dan meninggalkan kelompok pada waktu-waktu tertentu.

  • Noctis Lucis Caelum (ノクティス・ルシス・チェラム, Nokutisu Rushisu Cheramu), bernama panggilan "Noct", merupakan protagonis permainan ini. Ia adalah pewaris tahta kerajaan Lucis yang diperintah oleh ayah Noctis, Regis Lucis Caelum CXIII. Negara tersebut merupakan negara terakhir yang melindungi kristal di dunia. Setelah kristal tersebut dicuri oleh negara Niflheim, Noctis, teman-temannya: Ignis, Gladiolus, dan Prompto berpetualang untuk mengambilnya kembali. Ia mempunyai kemampuan melihat "cahaya misterius" yang dimitoskan terjadi saat dewi Etro membuka gerbang ke dunia kematian, sebuah kemampuan yang menyusahkan dia. Noctis memiliki watak pendiam dan sedikit antisosial, namun ini hanya dilakukan untuk menyembunyikan sifat pemalunya.
  • Gladiolus Amicitia (グラディオラス・アミシティア, Guradiorasu Amishitia), bernama panggilan "Gladio", adalah teman sepermainan dan pengawal Noctis. Dia merupakan pewaris keluarga bangsawan, Amicitia yang sudah berperan sebagai pengawal pemerintah negara Lucis selama bergenerasi-generasi. Karena itu, dia mempunyai hubungan sangat baik dengan Noctis, dan lebih terlihat sebagai saudara daripada bawahan Noctis.
  • Ignis Stupeo Scientia (イグニス・ストゥペオ・スキエンティア, Igunisu Sutupeo Sukientia) merupakan teman sepermainan lain Noctis dan ahli siasat militer negara Lucis. Ia turut serta dalam petualangan Noctis untuk mengambil kristal negara Lucis setelah dicuri negara Niflheim. Dalam perannya, ia berperan sebagai penasehat Noctis, membantunya untuk lebih terbuka dengan orang lain.
  • Prompto Argentum (プロンプト・アージェンタム, Puronputo Ājentamu) merupakan sahabat Noctis yang paling baru; mereka baru berteman sejak masa sekolah. Tidak seperti teman Noctis lainnya, ia tidak berasal dari keluarga bangsawan sehingga merasa rendah dihadapan yang lain. Prompto sangat supel, merupakan seorang casanova, dan sering memberi pengaruh tidak baik untuk Noctis sejak mereka baru berteman.
  • Lunafreya Nox Fleuret (ルナフレーナ・ノックス・フルーレ, Runafurēna Nokkusu Furūre), bernama panggilan "Luna" adalah putri Kerajaan Tenebrae. Luna adalah seorang "Oracle", seorang pendeta yang memiliki kekuatan sihir alami. Luna sendiri adalah figur politik penting dalam dunia internasional Eos dan pengaruhnya mengizinkan Tenebrae mendapatkan status otonomi dalam Kekaisaran Niflheim. Sebagai perjanjian damai antara Niflheim dan Lucis, Luna dijodohkan dengan Noctis, salah seorang teman masa kecilnya.
  • error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan) merupakan pemimpin negara Lucis dan ayah Noctis. Dia adalah raja ke 113 dalam keluarga pelindung kristal Lucis. Regis terlihat lebih tua dari usia yang seharusnya karena daya hidupnya digunakan oleh kristal Lucis untuk membangun dinding yang melindungi Lucis dari serangan Niflheim dari luar. Regis menandai perjanjian perdamaian dengan negara tetangga, Niflheim, namun dia dikhianati dan kristal negara Lucis pun dicuri.
  • Iedolas Aldercapt (イドラ・エルダーキャプト, Idora Erudākyaputo) adalah kaisar Niflheim dan antagonis utama Final Fantasy XV. Dia memilih untuk menjalankan perannya dibalik layar dan menugaskan kanselir Niflheim dalam menjalankan urusan sehari-hari.
  • Ardyn Izunia (アーデン・イズニア, Ādin Izunia) adalah kanselir dan kepala pemerintahan utama Niflheim di bawah kaisar Iedolas.
  • Cor Leonis (コル・リオニス, Koru Rionisu) adalah pempimpin dari organisasi pengawal keluarga pemimpin negara Lucis. Ia sangat loyal pada rajanya dan dikenal besar karena telah mendampingi Raja Regis berperang sejak dahulu kala. Demi menjalankan perannya, dia akan bergabung dengan kelompok Noctis dari waktu ke waktu sebagai karakter tamu.
  • Cid Sophiar (シド・ソフィア, Shido Sofia) dan cucunya, Cindy Aurum (シドニー・オールム, Shidonī Ōrumu) adalah montir-montir mobil Noctis. Dalam masa mudanya, Cid pernah menjadi salah satu prajurit yang berperang bersama Raja Regis.
  • Gentiana (ゲンティアナ) berperan sebagai dayang Putri Lunafreya.
  • Aranea Highwind (アラネア・ハイウィンド, Aranea Haiwindo) adalah kapten Third Army Z-Corps 87th Airborne Units dalam pasukan militer Kekaisaran Niflheim.

Staf[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gantayat, Anoop (2010-10-18). "Square Enix Seeking Final Fantasy Versus XIII Staff". IGN.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-04-13. Diakses tanggal 2013-07-11. 
  2. ^ "Level May 2007 Interview Transcript". Final Fantasy-XIII.net. May 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-03-28. Diakses tanggal 2013-07-11. 
  3. ^ Brudvig, Erik (2006-05-08). "E3 2006: Eyes-on Final Fantasy XIII Trailer". IGN.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-24. Diakses tanggal 2013-07-11. 
  4. ^ McWhertor, Michael (2008-07-14). "No Changes On Final Fantasy Versus XIII Being PS3 "Exclusive"". Kotaku. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-07. Diakses tanggal 2009-04-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]