Academy Award untuk Film Internasional Terbaik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Academy Award for Best International Feature Film (Film Internasional Terbaik), sebelumnya dikenal sebagai Academy Award for Best Foreign Language Film (Film Berbahasa Asing Terbaik), adalah penghargaan Oscar untuk film yang bahasa utamanya bukan dalam bahasa Inggris, yang dianggap terbaik dalam suatu tahun perfilman. Penghargaan ini diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) yang berbasis di Amerika Serikat. Penghargaan ini diberikan kepada film berdurasi penuh yang diproduksi di negara selain Amerika Serikat dan memiliki dialog utama dalam bahasa selain bahasa Inggris.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Saat penghargaan Academy Awards pertama diadakan pada tanggal 16 Mei 1929 untuk menghormati film-film yang dirilis pada 1927/28, tidak ada kategori khusus untuk film berbahasa asing karena mayoritas film yang dirilis pada tahun tersebut masih film bisu. Antara tahun 1947 dan 1955, akademi memberikan Penghargaan Khusus/Kehormatan untuk film berbahasa asing terbaik yang dirilis di Amerika Serikat. Penghargaan-penghargaan ini tidak diberikan secara rutin (bahkan tidak ada yang diberikan pada tahun 1953) dan tidak bersifat kompetitif karena tidak ada nominasi, melainkan hanya satu film pemenang setiap tahunnya. Pada Academy Awards ke-29 tahun 1956, diciptakan Penghargaan Academy yang bersifat kompetitif, dikenal sebagai Penghargaan Film Bahasa Asing Terbaik, untuk film-film yang tidak berbahasa Inggris, dan penghargaan ini telah diberikan setiap tahun sejak saat itu.

Berbeda dengan penghargaan Academy Awards lainnya, penghargaan Film Internasional Terbaik tidak diberikan kepada satu individu tertentu, meskipun sutradara film tersebut yang menerima penghargaan di atas panggung. Penghargaan ini dianggap sebagai penghargaan untuk negara yang mengajukan film tersebut. Seiring berjalannya waktu, penghargaan Film Internasional Terbaik dan penghargaan-penghargaan pendahulunya sebagian besar diberikan kepada film-film Eropa. Dari total tujuh puluh dua penghargaan yang diberikan oleh akademi sejak tahun 1947 untuk film berbahasa asing, lima puluh tujuh diberikan kepada film-film Eropa, tujuh kepada film-film Asia, lima kepada film-film Amerika, dan tiga kepada film-film Afrika. Seorang sutradara Italia, Federico Fellini, berhasil menyutradarai empat film yang memenangkan Academy Award untuk Film Bahasa Asing Terbaik selama hidupnya, prestasi ini belum terkalahkan hingga tahun 2015. (Jika kita memasukkan Penghargaan Khusus dalam perhitungan, maka rekor Fellini sejajar dengan rekan negaranya, Vittorio De Sica). Italia adalah negara yang paling sering meraih penghargaan, dengan 14 penghargaan yang telah mereka menangkan, termasuk tiga Penghargaan Khusus, dan mereka telah dinominasikan sebanyak 29 kali. Di sisi lain, Prancis memiliki jumlah nominasi terbanyak (37 nominasi) dengan 12 kemenangan, termasuk tiga Penghargaan Khusus. Israel memiliki rekor jumlah nominasi terbanyak (10 nominasi) tanpa memenangkan penghargaan, sementara Portugal telah mengirimkan film terbanyak (34 film) tanpa mendapatkan nominasi. Pada tahun 2020, film Parasite dari Korea Selatan membuat sejarah sebagai pemenang pertama dalam kategori Film Internasional Terbaik yang juga memenangkan penghargaan Best Picture (Film Terbaik).

Kelayakan[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti dalam kategori Academy Awards lainnya, Penghargaan Film Internasional Terbaik tidak mensyaratkan bahwa film-film tersebut harus telah dirilis di Amerika Serikat agar bisa bersaing dalam kategori ini. Namun, film-film yang ingin bersaing dalam kategori ini harus pertama kali dirilis di negara yang mengajukannya selama periode kelayakan yang telah ditentukan oleh aturan akademi dan film tersebut harus ditayangkan di bioskop komersial selama minimal tujuh hari berturut-turut. Periode kelayakan untuk kategori ini berbeda dengan yang diperlukan untuk sebagian besar kategori lainnya: tahun penghargaan yang digunakan dalam kategori Film Internasional Terbaik biasanya dimulai dan berakhir sebelum tahun penghargaan biasa, yang sesuai dengan tahun kalender yang tepat. Sebagai contoh, pada Academy Awards ke-80, batas waktu rilis film tersebut ditetapkan pada tanggal 30 September 2007, sedangkan periode kelayakan untuk sebagian besar kategori lainnya diperpanjang hingga 31 Desember 2007.

Istilah Penghargaan Oscar untuk Film Asing masih sering muncul dalam narasi media atau surat kabar. Namun, sebutan tersebut sebenarnya kurang tepat karena yang lebih penting dalam kategori ini adalah bahasa film daripada asal negaranya. Untuk bisa dinominasikan dalam penghargaan ini, sebuah film harus diproduksi di luar Amerika Serikat dan juga harus berbahasa selain bahasa Inggris. Film asing yang memiliki suara aktor Amerika dalam dubbingnya tetap bisa dinominasikan, seperti contohnya Battle of Neretva (1969) yang dibintangi oleh Orson Welles dan Yul Brynner. Namun, film asing di mana sebagian besar dialognya dalam bahasa Inggris tidak memenuhi syarat untuk Penghargaan Film Internasional Terbaik dan akademi biasanya sangat ketat dalam menerapkan persyaratan ini. Akademi pernah mengeluarkan diskualifikasi untuk film yang mengandung terlalu banyak dialog bahasa Inggris, seperti kasus terbaru film Nigeria Lionheart (2019). Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa resmi Nigeria, namun tidak ada pengecualian untuk persyaratan harus berbahasa asing. Hal tersebut juga berlaku pada film tari Aljazair tahun 1983 berjudul Le Bal yang didiskualifikasi karena tidak memiliki dialog sama sekali.[2]

Sebagai Penghargaan Istimewa[sunting | sunting sumber]

Sebagai Penghargaan Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Sebagai kategori tersendiri[sunting | sunting sumber]

1950-an[sunting | sunting sumber]

1960-an[sunting | sunting sumber]

1970-an[sunting | sunting sumber]

1980-an[sunting | sunting sumber]

1990-an[sunting | sunting sumber]

2000-an[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Britanica, The Editors of Encyclopaedia (2023-09-06). "Academy Award". Encyclopedia Britannica. Diakses tanggal 2023-09-11. 
  2. ^ "1984 | Oscars.org | Academy of Motion Picture Arts and Sciences". www.oscars.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-11.