Fillter polarisasi (fotografi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Circular.Polarization.Circularly.Polarized.Light Circular.Polarizer Creating.Left.Handed.Helix.View.svg

Filter polarisasi atau penyaring polarisasi sering ditempatkan di depan lensa kamera dalam fotografi untuk menggelapkan langit, mengelola refleksi, atau menekan silau dari permukaan danau atau laut. Karena refleksi cenderung setidaknya sebagian linear-terpolarisasi, sebuah polarizer linear dapat digunakan untuk mengubah keseimbangan cahaya dalam foto. Orientasi rotasi filter disesuaikan untuk efek artistik disukai. Untuk kamera modern, polarizer melingkar biasanya digunakan, ini pertama terdiri dari sebuah polarizer linear yang melakukan fungsi artistik yang baru saja dijelaskan, diikuti oleh piring seperempat-gelombang yang mengubah cahaya sekarang-terpolarisasi linier menjadi cahaya terpolarisasi sirkuler-sebelum memasuki kamera. Langkah tambahan mengkonversi cahaya untuk polarisasi melingkar menghindari masalah dengan auto-focus dan cahaya-metering sensor dalam beberapa kamera, yang dinyatakan tidak berfungsi andal dengan linear polariser sederhana.

Filter polarizer dari komponen polarisasi dengan cahaya dari langit dalam foto berwarna, meningkatkan kontras pada awan (kanan).
{{{box_caption}}}
{{{box_caption}}}
Foto cumi bening tanpa (kiri) dan dengan filter polarising (kanan)
Putaran polarizer untuk melewatkan cahaya polarize (kiri), diputar 90° untuk menghalanginya (kanan).
Putaran polarizer untuk melewatkan cahaya polarize (bawah), dan diputar 90° untuk menghalanginya, menekan refleksi dan memungkinkannya untuk melihatnya melewati jendela (atas).
Polarizer kadang digunakan memperbaiki penampilan tanaman. Pada gambar ini filter polarizing digunakan pada gambar kiri.
Efek polarizer pada cahaya dipantulkan dari permukaan. Filter polarisasi digunakan pada kiri.
Efek polarizer pada cahaya dipantulkan dari permukaan air. Filter polarisasi digunakan pada kanan.
Video efek polarizer.
Animasi polarizer didepan monitor layar datar komputer. LCD monitor memancarkan cahaya polarized, biasanya pada 45° terhadap vertikal, jadi ketika sumbu polarizer tegak lurus terhadap polarisasi cahaya dari layar, tidak ada cahaya yang melewatinya (polarizer muncul hitam). Ketika paralel pada layar polarisasi, polarizer memungkinkan cahaya untuk terus dan kita melihat warna putih dari layar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]