Filarioidea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Filarioidea
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumNematoda
KelasSecernentea
OrdoSpirurida
SuperfamiliFilarioidea
Weinland, 1858
Famili[1]

Filarioidea adalah superfamili dari cacing nematoda yang bersifat parasit sejati.[2][3] Infeksi pada cacing ini menyebabkan beberapa penyakit serius, dikenal dengan sebutan filariasis. Obat yang digunakan untuk mengatasi cacing jenis ini disebut filarisida.

Kata pengantar[sunting | sunting sumber]

Filarioidea adalah jenis cacing parasit sejati dan inang definitif nya selalu hewan vertebrata, mamalia, burung, reptil atau amfibi, tapi tidak pada ikan. Inang menengah nya selalu artropoda.[4]

Kebanyakan cacing parasit ini berada pada hewan liar, khususnya pada burung, tapi ada beberapa, khususnya pada keluarga Onchocercidae, menyerang mamalia, termasuk manusia dan beberapa hewan jinak (domestik) lainnya. Kondisi yang disebabkan oleh parasit ini seperti kebutaan sungai dan kaki gajah. Penyakit ini biasanya menyerang di negara yang relatif hangat.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Filarioidea" (HTML). NCBI taxonomy (dalam bahasa English). Bethesda, MD: National Center for Biotechnology Information. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-25. Diakses tanggal 14 January 2019. 
  2. ^ MeSH Filarioidea
  3. ^ "NCBI Taxonomy Browser". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-06. Diakses tanggal 2009-05-21. Filarioidea
    Taxonomy ID: 6295
    Inherited blast name: nematodes
    Rank: superfamily
    Genetic code: Translation table 1 (Standard)
    genetic code: Translation table 5 (Invertebrate Mitochondrial)
     
  4. ^ a b Janovy, John; Schmidt, Gerald D.; Roberts, Larry S. (1996). Gerald D. Schmidt & Larry S. Roberts' Foundations of parasitology. Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown. ISBN 978-0-697-26071-0.